Jenis Pipa Plumbing dan Fungsinya Lengkap

Maschun.com – Sekarang ini banyak sekali jenis Pipa yang telah beredar, salah satunya jenis Pipa Plumbing. Sebelum memasuki Jenis Pipa Plumbing dan Fungsinya Lengkap, ada baiknya kita mengetahui dahulu mengenai apa itu Plumbing.

Apa itu Plumbing?

Plumbing merupakan salah satu cara yang berkaitan dengan pemasangan pemipaan, baik itu untuk air hujan, air bersih, drainase, air kotor, hydrant atau bahkan sprinkler

Fungsi Plumbing

Pipa Plumbing ini juga banyak sekali jenisnya dan tiap jenis juga memiliki fungsi yang berbeda. Tipe atau jenis Plumbing cukup banyak, jadi silahkan kalian pilih jenis Plumbing yang akan digunakan yang tentunya sesuai fungsinya.

1 Pipa Plumbing PVC

Plumbing PVC atau  (Poly Vinvy Chloride) merupakan tipe pipa Plumbing yang pada dasarnya sering digunakan untuk pengaliran air bersih, air bekas, air hujan dan sistem drainase.

2 Pipa Plumbing PP-R

Plumbing PP-R yang menggunakan bahan polypropylene ini meiliki sifat yang unik karena dapat menyalurkan air dengan tekanan yang besar. Plumbing PP-R ini juga tahan akan gempa dan lentur.

Biasanya pipa jenis ini digunakan untuk sanitasi dibangunan-bangunan seperti rumah dan sebagainya.

3 Pipa Plumbing CPVC

CPVC memiliki ketahanan temperatur mulai 1 derajat sampai dengan 800 derajat celcius. Hal tersebut dikarenakan ketebalasan Plumbing CPVC yang menjadi keunggulannya. Pipa jenis ini sangat dianjurkan untuk kalian yang hendak membuat saluran air panas atau air sedingin yang dinginnya sedingin gebetan.

4 Plumbing PEX

Pipa ini merupakan pipa yang umumnya digunakan untuk saluran air panas, air dingin dan hidrolik. Harganya yang murah menjadi satu keunggulan untuk pipa satu ini.

5 Pipa D

Pipa ini merupakan pipa turunan dari Pipa PVC yang umumnya digunakan untuk saluran pembuangan kecil seperti wastefal, closet dan sebagainya. 

6 Pipa AW

Pipa ini merupakan salah satu pipa yang juga turunan dari Pipa PVC. Pipa AW ini biasanya digunakan untuk tekanan air besar yang dapat mengalirkan air bertekanan sampai dengan 10kg/cm persegi.

7 Pipa Air Tembaga

Pipa jenis ini umumnya digunakan untuk refrigeran sebab sifatnya yang tahan akan temperatur panas serta dingin.

8 Pipa HDPE

Pipa ini merupakan pipa paling ramah karena material yang digunakan ialah plastik non-toxic atau tidak beracun. Biasanya pipa ini digunakan untuk mengalirkan air konsumsi.

9 Pipa Galvanis

Pipa ini merupakan pipa air berbahan besi tipis yang dilapisi baja, karena hal ini pemasangannya agak sedikit sulit dan rumit. Pipa ini dianjurkan digunakan untuk aliran dalam tanah.

Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More