Apa Itu Garis Weber, Garis Wallace dan Garis Lydekker

Maschun.com – Flora serta fauna yang terdapat di Indonesia sangat bermacam-macam. Tumbuhan serta mamalia yang terdapat di Sumatera misalnya, berbeda dengan yang ada di Papua. Perbandingan ini dikarenakan aspek geografis. Flora serta fauna yang terdapat di Indonesia dibagi melalui garis khayal yang biasa disebut sebagai Garis Weber, Garis Wallace, serta Garis Lydekker.

1. Garis Wallace

Garis Wallace
Penjelasan Garis Wallace

Garis Wallace merupakan garis yang memisahkan daerah geografi hewan Asia dengan hewan Australasia. Nama garis ini berasal dari penemunya, Alfred Russel Wallace. Dari 1854 sampai 1862, pengamat asal Inggris itu berkelana Indonesia untuk mengumpulkan spesimen biologis. Hasilnya, spesies yang terdapat di Kalimantan, Sulawes, Bali, Lombok berbeda.

Padahal pulau-pulau tersebutbersebelahan. Perbandingan ini berasal dari nenek moyang spesies ribuan tahun lalu pada saat benua-benua serta pulau wujudnya berbeda dari saat ini. Sehingga untuk menunjukkan perbedaan ini, ditariklah garis pemisah yang melewati Selat Lombok serta lurus hingga ke Selat Makassar.

2. Garis Webber

Garis Webber
Penjelasan Garis Webber

Berbeda dengan Wallace, pengamat asal Jerman Max Carl Wilhelm Weber mendapatkan kalau batasan pemisah antara fauna Asia dengan Australasia melewati Kepulauan Tanimbar. Ekspedisi Sibolga( 1899-1900) yang dipandu Weber mendapatkan tumbuhan serta hewan bertulang belakang( vertebrata) lebih pas terbagi di Kepulauan Tanimbar. Batasan pemisah itu kemudian diberi nama Garis Weber.

Pada 1919, Weber menamai kawasan di sisi barat( kiri) Garis Weber sebagai Paparan Sunda. Sebaliknya yang di sisi timur( kanan) sebagai Paparan Sahul.

3. Garis Lydekker

Garis Lydekker
Penjelasan Garis Lydekker

Terdapat pula Garis Lydekker yang diusulkan oleh geolog asal Inggris bernama Richard Lydekker. Garis Lydekker memisahkan wilayah Wallace dengan Indonesia bagian Timur. Kawasan di antara Garis Wallace dengan Garis Lydekker disebut sebagai Wallacea. Wallacea merupakan kawasan peralihan antara fauna Asia dengan Australasia. Wallacea meliputi Maluku Utara, NTT, Sulawesi, serta NTB.

Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More