BERSAMA UNTAN MEMBANGUN NEGERI INDONESIA

BERSAMA UNTAN MEMBANGUN NEGERI INDONESIA BERSAMA UNTAN MEMBANGUN NEGERI INDONESIA - Pada ulasan kali ini, penulis ingin membahas t...

7 Hal Yang Perlu Dilakukan Orang Tua Dalam Sekolah Anak

Loading...
Peran Orang Tua Terhadap Anak - Orang tua adalah cerminan dari suksesnya anak-anak mereka, hal itu terlihat jelas ketika si anak akan masuk sekolah. Kebanyakan para orang tua tidak pernah mau peduli dengan sekolah mereka, mereka hanya ingin tau apaklah anak itu sekolah atau tidak tanpa memperhatikan hal lainnya. Hal ini tentunya sangat buruk keadaanya jika hanya melakukan seperti itu. 
7 Hal Yang Perlu Dilakukan Orang Tua Dalam Sekolah Anak
Peran Orang Tua Terhadap Anak
Alhasil, si anak akan sekedar sekolah saja tanpa mengetahui apa yang harus mereka lakukan dengan baik atau tidak karena dari orang tuanya sendiri tak pernah memberikan motivasi jika sekolah itu penting atau tidak. Sebagai orang tua yang baik dan peduli dengan masa depan si anak, maka mulai melakukan beberapa hal dibawah ini dalam mendidikan anda dalam menempuh masa sekolahnya. 

1. Orang Tua Harus Terlibat Dalam Memilih Sekolah 

Memilih sekolah untuk anak tentunya menjadi pusat perhatian bagi orang tua. Walaupun si anak sudah menentukan pilihannya untuk sekolah disana atau memang mereka telah mendapatkan sekolah favorit mereka karena memang mereka pintar, namun perlu di pertimbangkan juga karena kita tau saat mereka sekolah sudah pasti mereka jauh dari pantauan anda. 

Apalagi saat ini kondisi sekolah banyak yang tidak aman untuk mereka sehingga harus jeli dan perhatikan dengan baik tentang keadaan sekolah tersebut agar anak-anak anda aman dan nyaman dalam menempuh pendidikannya. 

2. Membimbing dan mengajarkan tentang Pelajaran Sekolah 

Jangan membiarkan anak-anak anda hanya mendapatkan pengarahan, bimbingan dari sekolah saja dalam hal mata pelajaran yang mereka tempuh. Ada saatnya anda bertanya kepada mereka mata pelajaran mana yang menurut mereka tidak mengerti atau kurang paham sehingga anda dapat mengajarkannya dengan baik di rumah. 

3. Aktif Memantau Sekolah Mereka 

Ada tipe orangtua yang terlalu sibuk, sehingga mereka tidak bisa menerima panggilan dari guru saat anak mereka sedang mengalami masalah. Jadilah proaktif dengan guru yang ada di sekolah, berkoordinasi dengan mereka saat anak Anda memiliki masalah di dalam pelajaran. 

4. Memberi Motivasi Saat Mereka Mendapatkan Nilai Kurang Bagus 

Ketika mereka terpuruk dalam hal mendapatkan nilai kurang bagus, maka peran orang tua disini juga menjadi perhatian khusus. Ketika si anak mendapatkan nilai jelek dan temannya mendapatkan nilai bagus, sudah pasti si anak akan merasa minder dan malu. Peran orang tua tentunya sangat diperlukan agar si anak dapat belajar kembali dan memberikan penjelasan agar mereka tidak terlalu terikat denga perkara tersebut. 

5. Memberikan Apresiasi Ketika Mereka Nilai Bagus dan Rangking 

Memberikan apreasiasi seperti menambah uang jajan, jalan-jalan dan hadiah lainnya ketika mereka mendapatkan nilai bagus dan rangking merupakan hal yang penting juga untuk orang tua lakukan. Hal ini di lakukan agar si anak merasa sangat diperhatikan tentang sekolah mereka sehingga mereka tak malas sekolah dan juga rajin serta semangat untuk belajar/ 

6. Bertanya Tentang Sekolah Mereka 

Bertanya tentang sekolah mereka, tentunya hal penting juga harus dilakukan oleh orang tua. hal yang perlu orang tua tanyakan adalah menanyakan para guru, teman sekolah dan apa yang saja yang terjadi ketika mereka sekolah. Hal ini dilakukan agar mereka merasa diperhatikan dengan baik mengenai sekolah mereka sehingga mereka tidak akan macam-macam ketika berada di sekolah. 

7. Mendengarkan Keluh Kesah Mereka Tentang Sekolah 

Banyak dari orang tua bukannya mendengarkan cerita mereka dengan baik, kebalikannya, mereka lebih sering memarahi dan juga tidak mau tau apa yang ingin disampaikan anak-anak mereka tentang apa yang mereka rasakan. Entah itu tentang kondisi sekolah, teman, dan juga mata pelajaran yang mereka belum mengerti. 

Lebih baik orang tua lebih peka terhadap hal ini karena anak-anak biasanya tak akan mau cerita jika pelajaran yang mereka jalani di sekolah kadang membuat mereka malas sekolah karena memang merasa tidak bisa dan malu sama teman sekelasnya. Jadi, peran orang tua adalah hal yang terpenting untuk bisa memberikan penjelasan mengenai perihal tersebut agar si anak dapat sekolah dengan nyaman dan rajin pastinya. 

Itulah Beberap hal yang patut menjadi pusat perhatian orang tua dalam mendampingi dalam menjalani masa pendidikannya. Dengan melakukan hal seperti, maka anak-anak anda akan senang dan merasa bangga jika orang tua mereka sangat peduli dengan mereka sehingga mereka rajin sekolah dan juga belajar pastinya. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.
;

Baca Juga :

0 Response to "7 Hal Yang Perlu Dilakukan Orang Tua Dalam Sekolah Anak"

Posting Komentar