BERSAMA UNTAN MEMBANGUN NEGERI INDONESIA

BERSAMA UNTAN MEMBANGUN NEGERI INDONESIA BERSAMA UNTAN MEMBANGUN NEGERI INDONESIA - Pada ulasan kali ini, penulis ingin membahas t...

8 Tips Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

Loading...
Maschun.com - Takut ketinggian atau rawan akan kecelakaan, membuat sebagian orang takut untuk naik pesawat. Hal itu bisa terjadi karena memang pesawat sebuah transportasi yang berjalan diatas udara dengan ketinggian dan jgua jika terjadi kecelakaan, maka yang terjadi adalah tak ada yang selamat. Hal itulahyang membuat mereka merasa takut dan tak ingin bepergian menggunakan pesawat. 
8 Tips Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

Namun perlu anda ketahui jika, jika hal itu dapat anda atasi karena anda perlu ketahui juga jika naik pesawat akan anda lakukan jika anda kegiatan yang urgent atau tempat jauh yang mengharuskan anda naik pesawat. Ketika itu harus anda lakukan, maka anda tidak perlu panik dan merasa cemas, berikut beberapa hal yang perlu anda lakukan sebelum anda melakukan penerbangan nantinya. 

1. Berdo’a 

Jika memang anda merasa takut naik pesawat atas alasan tertentu seperti sering sering melihat kecelakaan pesawat, takut ketinggian, ngeri dan lain sebagainya. Namun pada saat itu anda tidak punya pilihan lain selain naik pesawat karena ada urusan urgent, mendadak dan jauh. Maka sebelum anda naik pesawat ingatlah sang pencipta, minta keselamatan darinya karena semua kekuasaannya. Berdo’alah sebelum anda naik atau pun berangkat sehingga anda akan merasa tenang dan tidak takut lagi ketika anda berada di dalam pesawat nantinya. 

2. Cari Penyebab Rasa takut dan Cemas 

Menemukan penyebab kenapa anda takut naik pesawat merupakan kunci untuk menyembuhkan dan mengatasi rasa takut ketika anda ingin naik pesawat. Dengan anda mengetahui dan menemukan pemicunya, anda akan tahu cara mengatasinya dan mulai belajar mengelola rasa takut tersebut dengan perlahan. Contohnya, Jika anda takut berada di ruang sempit yang mengapung di udara selama beberapa jam, kamu bisa duduk di sebelah jendela, atau membayangkan langit luas di dalam pikiran, sampai anda merasa tenang. 

3. Pengetahuan Mengenai Pesawat 

Mengetahui stastistik kecelakaan trasnportasi memang tidak akan membuat anda terhindar dari kecelakaan pesawat. Namun, informasi bahwa kemungkinan kecelakaan pesawat kecil terjadi, akan membuat anda memiliki perasaan lebih baik saat menggunakan pesawat ketika berpergian, dan membuatmu lebih mampu mengatasi rasa takut naik pesawat. Selain itu, membekali pengatahuan tentang cara kerja pesawat juga dinilai bisa membantu kamu untuk mengatasi rasa takut naik pesawat dan membuat kamu sedikit lebih nyaman saat berpergian menggunakan pesawat. Kamu bisa pelajari mengenai bagian-bagian pesawat dan cara kerjanya. Semakin banyak tahu, maka kekhawatiran dan ketakutanmu pun akan semakin berkurang. 

4. Berpikiran Positif 

Saat sudah berada di dalam pesawat yang sedang terbang, anda perlu mengatur kekhawatiranmu mengenai hal-hal buruk yang akan menimpa. Terlebih jika pesawat yang anda gunakan mengalami goncangan atau turbulensi. Jika tidak ada tanda bahaya yang dikeluarkan oleh pihak maskapai, sebaiknya kamu selalu berpikiran positif mengenai perjalanan yang sedang kamu lakukan, karena semua berawal dari pikiran, dan diri yang tenang akan sangat membantu kamu mampu mengatasi rasa takut naik pesawat. 

5. Jangan di Paksa 

Ketika anda merasa takut untuk naik pesawat, dan mengalami panik saat pertama kali menginjakkan kaki di bandara, maka anda bisa mengatasi rasa takut naik pesawat dengan datang ke bandara setiap hari, hanya berkunjung saja, tidak melakukan penerbangan. Mungkin ini terdengar aneh, tapi fungsi dari terapi ini adalah melihat secara objektif agar tempat tersebut tidak membuatmu tertekan. Hal itu dilakukan agar kamu terbiasa dengan bandara dan pesawat sehingga anda naik pesawat tidak asing lagi bagimu. 

6. Harus Riliks Ketika di Dalam Pesawat 

Saat anda berada di dalam pesawat, maka hal yang perlu anda lakukan jika memang anda pertama kali dan merasa takut akan ketinggian dan penerbangan. Hal yang dapat mengurangi ketakutan tersebut adalah dengan membaca majalah dan buku yang ada di depan kursimu, dengar musik dan anda juga bisa tidur. 

7. Jangan Cemas alias Parno 

Kecemasan alias parno akan sesuatu yang seakan terjadi kepada anda hanya akan membuat anda semakin tertekan dan ketakutan selalu menyertai anda. Pola pikir manusia bisa berupa trik yang menipu dirinya sendiri, seakan-akan anda berada di dalam bahaya, padahal kita ada dalam keadaan yang aman. Kata hati pun akan berkata untuk menghindar dari suasana yang membuat kita cemas tersebut. 

Jika anda selalu begitu dengan selalu mengikuti perasaan tersebut, anda justru akan memperkuat kecemasan itu. Melakukan sesuatu yang berlawanan dengan kecemasan adalah hal yang bisa kamu coba. Hal ini mungkin akan membuatmu merasa tak nyaman, tapi kecemasan ketika anda berada di dalam pesawat nanti atau hal yang anda takutkan dalam hidup anda. 

8. Pilihlah Penerbangan dan Waktu Yang nyaman dan Aman Menurut Anda 

Ketika anda merasa takut naik pesawat dengan penyebab rawan kecelakaan dan hal lain sebagainya, maka anda perlu memilih pesawat yang sudah anda kenal sebagai penerbangan terbaik dan nyaman dan aman. Begitu juga dengan waktu terbang anda. Jika anda merasa takut naik pesawat siang hari, maka anda bisa naik pesawat malam hari dan begitu juga sebaliknya. Hal itu dilakukan agar anda tetap bisa terbang dan naik pesawat tanpa anda berpikiran buruk ketika anda berada di dalamnya. 

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui dan pelajari jika memang anda pobia atau untuk pertama kali naik pesawat. Semoga ulasan diatas dapat menjadi referensi untuk menambah wawasan anda tentang pesawat. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.
;

Baca Juga :

6 Responses to "8 Tips Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat"

  1. Kalau saya mah ikhlas aja, kalau sudah waktunya kena kecelakaan pesawat ya mau diapain lagi. heheheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh mantap tipsnya, ikhlas lahir dan batin, hehehe

      Hapus
  2. Jadi ingat. Pernah, waktu mau berangkat naik pesawat, TV di ruang tunggu malah menyiarkan kisah-kisah kecelakaan pesawat di Discovery Channel. Bikin tambah deg-degan aja waktu mau boarding.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pengalaman yangtak terlupakan dong mba

      Hapus
  3. Terimakasih tips penerbangannya.
    Jadi ingat pertamakali naik pesawat deg-degannya ngga ketulungan. Begitu take off kursi kucengkeram kuat .. untung ngga sobek !
    Wuakakakakaak 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah perjalanan yang penuh memori sepertinya mas, tapi sekarang sepertinya jalan-jalan terus dech terlihat di blognya

      Hapus