BERSAMA UNTAN MEMBANGUN NEGERI INDONESIA

BERSAMA UNTAN MEMBANGUN NEGERI INDONESIA BERSAMA UNTAN MEMBANGUN NEGERI INDONESIA - Pada ulasan kali ini, penulis ingin membahas t...

8 Efek Buruk Jika Menggunakan Media Sosial Berlebihan

Loading...
Maschun.com - Selain digunakan sebagai media berekspresi, media sosial juga menjadi cara baru tiap orang bebas berkomunikasi. Berbagi pengalaman, foto, bisa bertemu teman lama dan teman baru. Namun perlu anda ketahui, jika media sosial juga memiliki dampak negatif bagi pengguna yang aktif, dan akan menimbulkan masalah besar jika digunakan dengan tidak bijak. 
8 Efek Buruk Jika Menggunakan Media Sosial Berlebihan

Seperti saat ini, dimana media sosial menjadi lapak dan ranah untuk mereka menyebarkan berita yang tidak benar adanya alias Hoax, sehingga membuat suasana menjadi tidak baik dan kondusif. Selain itu juga, dampak negatif dari media sosial ini akan terlihat jelas kepada diri seseorang jika ia sudah kecanduan dengan media sosial tersebut, apa saja dampaknya, simak ulasanya dibawah ini : 
  • Akan Mengalami Stres 
Orang yang sering menggunakan media sosial untuk melampiaskan segalanya, mulai dari perasaan, situasi diri dan apa yang sedang dalam hidupnya hingga hal yang kadang membuat orang yang melihat merasa terganggu apa yang membuat mereka bisa berbagi hal seperti itu. Mempunyai kelemahan, yakni seringkali unggahan kita menggambarkan seseorang sedang alami stres. 
  • Diri Tak Terkontrol Dengan Baik 
Banyak orang menggunakan media sosial sebagai sarana berekspresi. Dan hal itu bukanlah sesuatu yang salah. Berubah menjadi masalah, saat orang itu menggunakan media sosial sebagai sarana untuk berekspresi tanpa batas, hingga lupa aturan. Karena bahaya media sosial, mereka berpikir semua orang bebas berekspresi, padahal tidak seutuhnya bebas. 

Karena sudah banyak kejadian orang kehilangan ‘hidupnya’ gara-gara kena bahaya media sosial, seperti yang dipecat dari pekerjaan karena Twitter, dipenjarakan karena menghina di Instagram, foto syur beredar di internet, dan lain sebagainya. Penggunaan media sosial yang tidak bijak akan selalu mengakibatkan penggunanya kehilangan kendali diri, sehingga akan merugikan dirinya sendiri, terlebih di lingkungan sosial. 
  • Akan Kehilangan Jati Diri 
Dengan adanya media sosial, banyak ruang yang bisa membuat orang semakin mudah mengekspresikan diri. Dampaknya, kita jadi mengenal istilah selebtweet, selebgram, artis Snapchat, dan lainnya. Hal ini menjadi bukti bahwa media sosial bisa memberikan jati diri baru bagi seseorang. 

Tapi bagi mereka yang mulai kehilangan kontrol dan semakin dekat dengan bahaya media sosial, perlahan dia akan mulai kehilangan jati diri sesungguhnya karena bahaya media sosial itu sendiri. Lama kelamaan artis media sosial itu akan mulai mendapatkan tekanan dari netizen yang terus menyoroti kehidupannya. Muncul juga haters yang kalau komentar justru lebih pedas dari cabai rawit merah. 
  • Akan Kehilangan Privasi Dalam Diri 
Disadari atau tidak, salah satu bahaya media sosial yang paling menonjol adalah hilangnya privasi para pengguna. Dengan kemudahan berbagi, sebagai pengguna media sosial, mereka pasti sering membagikan cerita tentang apa yang dialami, entah itu foto, atau bahkan lokasi di mana mereka berada. Dan, sadar atau tidak, semua itu justru mengancam keselamatannya di dunia nyata. 

Dengan memanfaatkan semua informasi yang kamu bagikan di media sosial, orang yang tidak bertanggungjawab akan dengan mudah berbuat jahat di dunia nyata. Bahkan jika kamu tidak telaten, hacker akan mengincar semua data yang ada di media sosial kamu, dan memanfaatkannya untuk hal-hal yang bisa menyeretmu ke dalam masalah. 
  • Akan Mengalami Gangguan Tidur 
Jika dulu manusia menghabiskan waktu mereka di malam hari dalam kegelapan, sekarang kita justru dikelilingi cahayaan buatan, sepanjang siang hingga malam hari. Para peneliti telah menemukan bahwa cahaya buatan ini dapat menghambat produksi hormon melatonin pada tubuh yang memudahkan seseorang untuk tertidur. 

Dan cahaya biru yang dipancarkan layar telepon pintar pun laptop, dianggap sebagai biang keladinya. Dengan kata lain, kalau kamu berbaring di atas bantal pada malam hari dengan mengecek media sosial, tidur pun akan gelisah. 
  • Mengakibatkan Kecanduan 
Penggunaan media sosial secara berlebihan, berkaitan dengan adanya masalah dalam sebuah hubungan, pencapaian akademik yang buruk dan kurang berpartisipasi dalam komunitas, yang tidak terkait dengan internet. Disimpulkan juga jika mereka yang lebih rentan kecanduan akan media sosial, adalah mereka yang memiliki ketergantungan pada alkohol, orang yang sangat tertutup, dan mereka yang menggunakan media sosial sebagai kompensasi karena kurangnya hubungan di kehidupan nyata. 
  • Akan Kehilangan Teman 
Saking asiknya dengan media sosial, beberapa orang pun menjadi kecanduan dengan smartphone. Hidupnya seolah tak bisa lepas dari smartphone, sekalipun saat sedang berkumpul dengan teman. Dampaknya, secara perlahan teman-teman di sekitarnya pun mulai menjauhi, karena merasa tidak dianggap keberadaannya. 
  • Akan Mengalami Depresi 
Risiko depresi dan kecemasan mencapai tiga kali lipat di antara orang-orang yang paling banyak menggunakan platform media sosial. Penyebabnya antara lain, yakni perkiraan mereka, rundungan siber, memiliki pandangan terdistorsi mengenai kehidupan orang lain, hingga merasa menghabiskan waktu di media sosial merupakan sebuah pemborosan waktu. 

Itulah efek buruk jika anda menggunakan media sosial yang berebihan dan tidak karuan. Semoga saja anda selalu bijak dalam menggunakan media sosial dan tidak menjadi petaka bagi diri anda dan juga orang lain. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.
;

Baca Juga :

2 Responses to "8 Efek Buruk Jika Menggunakan Media Sosial Berlebihan"

  1. Untung saya jarang main medsos kebanyakan untuk blogging dan bisnis

    BalasHapus
  2. Wah ... ini mungkin efek kecanduan internet secara umum, kali ya. Kecuali yang masalah privasi, pecandu game online sepertinya juga mengalami nasib yang sama.

    BalasHapus