BERSAMA UNTAN MEMBANGUN NEGERI INDONESIA

BERSAMA UNTAN MEMBANGUN NEGERI INDONESIA BERSAMA UNTAN MEMBANGUN NEGERI INDONESIA - Pada ulasan kali ini, penulis ingin membahas t...

7 Penyebab Anak Malas Sekolah

Loading...
Maschun.com - Pendidikan tentunya sangat penting perannya untuk kehidupan diatas dunia ini. Tanpa adanya pendidikan maka dunia ini tak akan maju dan berkembang. Berbagai cara seserorang untuk mendapatkan pendidikan terbaik dalam hidupnya agar dalam menjalani kehidupan dapat terarah, memiliki tujuan dan masa depan yang baik. 
7 Penyebab Anak Malas Sekolah

Dalam menempuh pendidikan tentunya banyak juga mereka yang tak seberuntung kita, anda karena mereka bukannya tak mampu untuk menjalani proses pendidikan itu disekolah atau ditempat pendidikan lainnya, namun mereka terkendala dengan biaya dan kondisi keluarga yang tak mampu untuk memberi mereka pendidikan yang lebih. 

Jangan untuk bisa sekolah agar mendapatkan pendidikan, untuk makan saja mereka sulit. Untuk itulah bagi kita dan anda yang mampu dengan biaya dengan fasilitas lainnya dapat menjalani masa pendidikan dengan baik dan penuh rasa syukur. Namun dengan terbukanya kesempatan untuk mengeyam pendidikan dengan baik, masih banyak dari anak-anak Indonesia yang malas untuk sekolah, apa alasannya, berikut penyebabnya : 

1. Kurang Perhatian Dari Orang Tua 

Pokok pertama yang membuat seorang anak bersemangat untuk menjalani hari-harinya dengan penuh semangat adalah perhatian penuh dari kedua orang tuanya. Jika orang tuanya sangat peduli dengan pendidikan anaknya, maka mereka akan memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, namun jika mereka tak peduli sama sekali tentang apa yang dilakukan anak dalam kesehariannya, mau sekolah atau tidak mereka seoalah tak mengetahuinya dan tak peduli, maka sudah pasti si anak akan malas untuk sekolah. 

2. Tidak Paham Dengan Pelajaran di Sekolah 

Anak yang kurang memahami materi yang sedang diajarkan di sekolah akan perlahan-lahan berhenti memperhatikan pelajarannya. Kondisinya beragam, mulai dari mengantuk, mencorat-coret buku, hingga mengganggu temannya dan perlahan ia akan malas datang ke sekolah. Hal ini juga menjadi tanggungjawab orang tua untuk mengajarinya dan menanyakannya pelajaran mana yang mereka tidak paham yang membuat mereka menghindar untuk datang ke sekolah. 

3. Lingkungan Sekolah Yang Tak Aman dan Nyaman 

Biasanya anak juga sangat rentan dengan lingkungan sekolah yang taka man dan nyaman. Sepert halnya teman sekelas yang sering ribut atau ruang belajar yang kotor dan tidak memadai. Pada beberapa kasus, terkadang guru juga menjadi penyebab utama, karena kurangnya kemampuan dan variasi dalam menerangkan pelajaran ke muridnya sehingga banyak anak-anak merasa malas datang ke sekolah. 

4. Kurang Termotivasi Dari Orang Tua dan Keluarga 

Kurangnya motivasi dari orang tua dan keluarga membuat anak tidak tertarik untuk mengikuti pelajaran yang ada di depan kelas. Masalah motivasi ini termasuk susah-susah gampang dalam mengatasinya. Tapi bisa dimulai dengan peran Anda sebagai orang tua untuk membantu anak menemukan hal atau kegiatan apa yang disukai anak. Setelah menemukan hal tersebut, motivasi anak Anda dan terus dukung hal yang disukainya 

5. Kurang Nutrisi dan Istirahat 

Jangan biarkan anak Anda mengalami kekurangan waktu tidur atau sering melewatkan sarapan pagi saat akan berangkat ke sekolah. Hal akan sangat mengganggu konsentrasinya selama belajar di dalam kelas. Anak-anak membutuhkan waktu tidur setidaknya 8 jam dalam sehari. 

6. Lingkungan Rumah yang kurang memperhatikan para anaknya tentang pentingnya sekolah 

Hal ini bisa juga menjadi pengaruh kenapa anak anda malas untuk sekolah. Jika lingkungan tempat tinggal anda merupakan tempat anak yang gemar bermain dan selalu bolos sekolah, maka cepat atau lambat anak anda juga akan melakukan hal yang sama seperti mereka. Hal yang perlu anda lakukan adalah dengan memperhatikan hal tersebut dengan cara yang baik agar anak tidak terpengaruh dan terlibat dalam pergaulan yang kurang baik tersebut. 

7. Pengaruh Dari Latar Belakang Pendidikan Orang Tua dan Keluarga 

Latar belakang pendidikan orang tua juga berpengaruh terhadap dunia pendidikan anak. Jika orang tunya pintar dalam menjelaskan kenapa mereka tidak tamat ini dan itu kepada anaknya, maka anak mereka akan lebih baik dalam menjalani masa pendidikan dari apa yang didapatkan orang tuanya, namun jika orang tuanya tidak peduli dengan hal tersebut, maka sudah pasti si anak akan berkaca kepada orang tuanya dengan alasan, orang tuaku saja tidak sekolah namun bisa hidup kenapa aku tidak bisa. 

Itulah beberapa penyebab jika anak-anak sering malas sekolah bahkan memutuskan untuk tidak sekolah lagi. Hal perlu yang ditanamkan dalam diri anak anda adalah jika sekolah adalah hal yang penting dan masih banyak dari anak-anak yang kurang beruntung diluar sana yang sangat ingin sekolah namun mereka belum mampu untuk melakukannya. Jadi, berikan anak anda nasehat seperti itu agar mereka rajin untuk sekolah dan meraih masa depan dengan indah, semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.
;

Baca Juga :

2 Responses to "7 Penyebab Anak Malas Sekolah"

  1. No 1 aku banget... sampe skrng aja masih suka cari perhatian... hehhe

    BalasHapus
  2. Aku paling malas dulu sekolah, tapi tetep dipaksa buat sekolah 😁😁😁😁😁

    BalasHapus