BERSAMA UNTAN MEMBANGUN NEGERI INDONESIA

BERSAMA UNTAN MEMBANGUN NEGERI INDONESIA BERSAMA UNTAN MEMBANGUN NEGERI INDONESIA - Pada ulasan kali ini, penulis ingin membahas t...

7 Cara Mengendalikan Emosi Dalam Diri

Loading...
Maschun.com - Setiap manusia sudah pasti memiliki yang namanya emosi, karena emosi merupakan ekpresi dan luapan perasaan seseorang, baik rasa senang, sedih, ataupun marah. Namun yang kita miliki harus sesuai dengan tidak berlebihan yang hanya akan membuat kita lupa diri. Seseorang yang tidak bisa mengendalikan emosinya akan meluapkan perasaannya secara berlebihan, apalagi jika ia merasa marah, orang disekitarnya pun akan terkena imbasnya. 
emosi

Selain dinilai kurang baik oleh banyak orang, orang yang mudah emosi juga akan mempengaruhi kesehatan dirinya sendiri yang akan menimbulkan kerugian untuk dirinya. Jika seseorang mudah marah dan tersinggung, maka ia perlu belajar cara menghilangkan rasa kesal dan marah agar ia lebih bisa untuk mengendalikan emosinya dengan baik. Untuk itulah, saat seseorang sedang mengalami emosi, terkadang sulit dikendalaikan oleh orang lain, tak ada yang mampu meredamnya, kecuali dirinya. Bagaimana caranya, berikut ulasannya : 

Harus Kontrol Diri Dengan Baik 

Saat seseorang sedang marah, tenangkan diri anda dengan cara mengucapakan anam Tuhan, Do’a atau bisa jgua menarik nafas panjang dari dari hidung dan dikeluarkan dari mulut agar diri okesigen masuk dan diri anda akan terbebas dari suasana yang membuat anda emosi tersebut. 

Harus Bersikap Lapang Dada 

Saat emosi diri anda sedang meluap, yang perlu anda lakukan adalah dengan bersikap lapang dada dalam menghadapi berbagai hal baik maupun hal buruk yang sedang terjadi dan menimpa. Jika anda bisa berlapang dada maka semua yang kita hadapi akan menjadi lebih mudah dan kita bisa terhindar dari masalah yang berkelanjutan dari ulah kita sendiri yang sebenarnya tidak terjadi sedemikian. 

Jadilah Pemaaf dan Memaafkan 

Hal yang perlu anda lakukan juga untuk meredam emosi adalah dengan cara tidak mengandalkan fakta yang sedang terjadi dengan selalu bersisih keras andalah yang benar dan merekalah yang salah. Adakalanya anda harus bisa menjadi seseorang yang pema’af dan memaafkan kesalahan orang lain yang telah membuat kita menjadi kesal dan marah. Sikap pemaaf juga akan membuat diri kita mampu untuk menjaga hubungan baik dengan siapa pun, selain itu sikap pemaaf juga merupakan sifat yang terpuji. 

Selalu Berpikiran Baik 

Selalu berpikir Baik juga merupakan cara mengendalikan emosi. Dengan berpikiran baik dan tidak mudah terpancing dengan suasana dengan beragam hal yang akan terjadi dalam memandang dan menilai apapun, maka akan membuat diri anda terasa rileks dengan cara berjalan-jalan, mendengarkan musik, menonton film yang disukai dan sebagainya yang bisa membuat mood kita membaik. 

Kenali Efek Buruknya 

Jika anda selalu mengandalkan emosi, maka anda akan rentan akan berbagai bahaya akan mengancam kesehatan diri anda seperti penyakit jantung, tress dan dan juga darah tinggi. Saat anda tentunya detak jantung anda akan menjadi naik dan aliran darah menjadi lebih kencang dan panas sehingga diri anda tak bisa tekrendali dan terkontrol dengan baik. Jika hal itu terjadi, maka anda lebih rentan dengan serang jantung dan perbuatan diluar nalar dan batas diri anda. 

Jagalah Kondisi Kesehatan 

Dalam aktivitas sehari-hari tentunya kita tak akan terlepas dari rutinitas yang membuat kita kesal, marah dan juga lelah. Jika keadaan itu sedang menimpa anda, maka stres akan mulai menyerang dan alhasil anda akan mudah emosi. Terkadang hal yang kecil bisa menjadi petakan untuk anda meluapakn emosi tanpa karuan. Jika hal itu sudah terjadi, maka sulit bagi anda untuk memisahkan mana yang benar dan mana yang salah.

Untuk menghindari perihal itu terjadi, maka olahraga, isitirahat yang cukup dan juga selalu memakai kepala dingin setiap masalah yang datang akan membuat anda mampu meredam emosi yang seketika bisa menghancurkan harapan dan juga diri anda anda.

Introspeksi Diri 

Jika semua tak juga mampu meredam amarah dan emosimu, maka anda harus mengintrospeksi diri kita sendiri tentang segala sifat dan sikap kita yang tidak baik agar kita bisa menyadari kesalahan dan bisa melihat dampak buruk yang akibat perbuatan kita. Hal ini akan membantu kita untuk lebih dewasa juga dalam hal mengendalikan diri. 

Itulah 7 cara mengendalikan emosi diri yang bisa membantu diri kita untuk mengendalikan emosi agar tidak meluap-luap yang malah berimbas pada orang lain dan tentunya akan berakibat buruk bagi anda juga. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.
;

Baca Juga :

2 Responses to "7 Cara Mengendalikan Emosi Dalam Diri "

  1. Nah, efek buruk akibat sulit mengendalikan emosi sangat beresiko menimbulkan beragam penyakit berat.
    Udah rugi pikiran juga jadi rugi kesehatan,ya ...

    Untuk itu kita semua harus pandai mengontrol emosi dengan baik.

    BalasHapus
  2. Betul, kendalikan emosi sebelum banyak penyakit berdatangan karena emosi yang tidak terkontrol

    BalasHapus