Surewi Wardrobe - Konveksi Seragam Kerja Berkualitas Terbaik di Jakarta

Surewi Wardrobe - Konveksi Seragam Kerja Berkualitas Terbaik di Jakarta – Hai pembaca semuanya, Apakabar?, semoga anda semuanya dalam kea...

5 Manfaat Puasa Bagi Anak dan Cara Mengajarkan Sejak Dini

Puasa memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia khususnya bagi anak. Bagi anak- anak yang sudah menginjak remaja maka hukum puasa adalah wajib. Tapi tidak sedikit juga anak yang menjalankan puasa setengah hari sebagai latihan pertama. Umunya mereka berusia 4 tahun sampai 8 tahun. Sebagai orang tua tugas orang tua adalah menanamkan pengertian anak tentang puasa dan lakukan pendekatan kepada anak dengan cara yang baik dan menyenangkan. Apa saja manfaat baik puasa bagi anda dan bagaimana melatihnya sejak dini?, simak ulasanya dibawah ini : 

1. Puasa Menanamkan Pemahaman Penting Tentang Islam Dalam Diri Anak 

Puasa adalah perintah dari Allah SWT dan wajib dilaksanakan oleh umat muslim yang beriman dan bertaqwa pastinya. Sedari dini lakukan pendekatan kepada anak mengenai keindahan puasa untuk mendekatkan diri kepada Sang pencipta. Manfaat agama Allah menciptakan manusia untuk beribadah kepadaNya. Sesuai dengan isi surat Al-Baqarah ayat 183 dibawah ini : 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ 

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa.” 

Ayat diatas menjelaskan tentang hukum puasa yang diwajibkan bagi orang yang beriman. Sebagaimana orang-orang beriman yang terdahulu telah menjalankan puasa. Puasa mengajarkan banyak hal tentang kehidupan dan kesyukuran bagi anak. Latih anak sedari kecil untuk mengetahui apa pengertian puasa, ayat-ayat yang mewajibkan puasa dan bagaimana cara yang benar dalam menjalankan puasa mulai dari sahur niatnya sampai dengan berbuka puasa saat azan maghrib berkumandang di masjid. Anak diajarkan berpuasa agar melatih mereka menyadari keberadaan Sang pencipta pada diri mereka. Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. 

2. Puasa Mengajarkan Anak Untuk Siplin Waktu 

Dengan berpuasa anak akan diajarkan kedisiplinan soal waktu. Dalam berpuasa setiap hari anak juga akan diajarkan bangun pagi untuk makan sahur. Ajarkan juga anak untuk berdoa sebelum sahur sebagai niat menjalankan ibadah puasa. Bangun pagi ini akan menjadi kebiasaan bagi anak di pagi hari. Manfaat olahraga juga baik dilakukan pada pagi hari. 

Begitu juga saat berbuka puasa ajarkan anak doa berbuka puasa. Berbuka puasa baiknya dengan manfaat sari kurma karena dianjurkan berbuka dengan rasa manis. Ajarkan juga anak untuk bersyukur bahwa mereka telah menyelesaikan puasa mereka dengan sungguh-sungguh. Kedisiplinan sangat penting diajarkan mulai sedini mungkin karena akan melatih anak disiplin dalam segala hal yang dikerjakannya saat sudah besar nanti. 

3. Puasa Mengajarkan Anak Untuk Berempati 

Rasa empati dapat timbul dari kebiasaan salah satunya dengan berpuasa. Menjalankan puasa mengajarkan anak berempati menghargai setiap hal yang di dapatnya dalam skala kecil mulai dari makanan dan minuman. Berbagi manfaat air putih bersama temannya mengajarkan pada mereka bahwa di luar sana banyak anak yang mengalami nasib tidak seberuntung mereka. Rasa empati menjadikan anak peduli pada lingkungan sekitar. 

4. Puasa Membuat Kesehatan Anak Menjadi Sehat 

Sudah banyak penelitian yang membuktikan manfaat puasa bagi kesehatan tubuh manusia. Puasa membantu pola makan anak menjadi teratur. Waktu makan dengan puasa sudah ditentukan yakni pada saat sahur dan berbuka puasa. Dalam berpuasa orang tua dapat memilihkan makanan yang mengandung gizi dan nutrisi manfaat buah-buahan yang diperlukan anak untuk masa pertumbuhannya. 

Jadi orang tua tetap dapat memberikan makanan yang mencukupi gizi anak dalam masa pertumbuhan contohya manfaat nasi, manfaat ikan dori, manfaat susu, manfaat air kelapa muda dan manfaat teh hangat. Anak jadi sehat karena jarang jajan diluar tapi lebih sering berbuka puasa dirumah dengan kedua orang tua. Berbuka puasa bersama juga membuat kedekatan antara orang tua dan anak semakin baik. Komunikasi yang terjalin saat berbuka bersama menjadikan orang tua lebih peka akan kemauan sang anak. 

5. Puasa Mengajarkan Anak Untuk Sikap Jujur 

Sikap jujur sudah sangat langka pada zaman sekarang ini. Dengan berpuasa sikap jujur sudah ditanamkan pada anak. Anak berpuasa melatih mereka untuk jujur pada orang tua, teman – teman dan juga diri mereka sendiri. Jujur pada diri sendiri didapat dengan mereka menyadari harus menahan rasa lapar, rasa haus dan sikap mereka. Ini karena anak sadar bahwa mereka sedang berpuasa. Puasa mengajarkan untuk menahan segala sesuatu yang dapat membatalkan pahala puasa. Anak akan menyadari itu sehingga membuat mereka cenderung menjauhi segala hal yang dapat membatalkan pahala puasa mereka. 

Itulah 5 manfaat puasa bagi anak anda. Lalu bagaimana Cara Mengajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini, simak ulasanya dibawah ini : 

Dengan mengajarkan anak berpuasa sedari kecil sangat baik untuk kesehatan anak. Anak menjadi disiplin dan memiliki rasa empati terhadap teman-teman dan lingkungannya. Dan manfaat dari segi agama mereka akan tumbuh menjadi anak yang sholeh bagi orang tuanya. Berikut Caranya : 

1. Beri Anak Contoh Dalam Melaksanakan Puasa 

Memberi pelajaran ke anak sebaiknya dengan contoh. Hal ini membuat anak lebih mudah mempraktikkannya. Contohnya yaitu dari Anda sendiri. Saat Anda menjalankan ibadah puasa, pasti anak akan bertanya apa itu puasa, mengapa ibu/bapak tidak makan, dan lain sebagainya. Hal ini akan menimbulkan rasa penasaran anak, sehingga anak ingin mencobanya dan mempraktikkannya sendiri. Ingat, di usia anak yang masih muda, anak bisa dengan mudah meniru perilaku seseorang di sekitarnya. 

2. Jangan Memaksa Anak Untuk Puasa Penuh Dulu 

Beri anak kelonggaran untuk puasa. Perlu Anda ingat bahwa anak masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan di mana ia masih membutuhkan banyak nutrisi. Selain itu, anak kecil juga belum bisa membantu dirinya sendiri untuk mendapatkan makanan dan minuman sejumlah yang ia butuhkan. Sehingga, memaksa anak untuk puasa penuh atau puasa setiap hari bisa menimbulkan risiko kesehatan pada anak. 

Sebaiknya mulailah mengajari anak puasa dengan perlahan. Mulai dari puasa beberapa jam dalam satu hari kemudian tingkatkan lagi jika anak sudah berhasil melewatinya. Yang terpenting, anak mengenal dulu apa itu puasa dan bagaimana cara menjalankannya. Kemampuan anak untuk berpuasa lama-kelamaan juga akan meningkat seiring dengan kebiasaannya dalam menjalankan puasa. 

3. Minta Anak Untuk Memulai Puasa Dari Makanan Tertentu saja 

Jika anak sudah terbiasa makan makanan tertentu atau makanan kesukaannya, mintalah anak untuk menghindari makanan tersebut saat berpuasa. Misalnya, jika anak suka cokelat dan keripik, mintalah anak untuk tidak memakannya selama jam puasa. Hal ini dapat membantu menghilangkan kebiasaan buruk pola konsumsi anak. Selain itu, juga dapat membantu anak untuk lebih menghargai makanan. 

4. Beri Anak Penghargaan Saat Mereka Sukses Menjalankan Puasa 

Terlepas dari berapa jam anak sudah puasa atau berapa hari anak mengikuti puasa, sebaiknya beri penghargaan ke anak Anda setelah ia menjalankan puasa. Penghargaan ini dapat menambah semangat anak untuk ikut menjalankan ibadah puasa lagi dan lagi. Anda tidak harus memberi hadiah pada anak, cukup dengan memujinya dan mengatakan bahwa ia adalah anak yang hebat. Anak sudah sedang dan makin semangat untuk puasa. 

Anda juga bisa menyediakan makanan kesukaan anak saat waktunya buka. Ini juga salah satu hal yang membuat anak senang saat menjalankan ibadah puasa. Namun, tetap pilihkan makanan sehat untuk anak yang mengandung nutrisi penting bagi anak, seperti makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Jangan biasakan memberi hadiah ke anak dengan makanan manis karena dapat membawa dampak buruk bagi kebiasaan makan anak. 

Itulah beberapa hal yang perlu anda lakukan sebagai orang tua dalam melatih dan memberikan pelajaran tentang berpuasa dalam bulan Ramadan. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.
Loading...

0 Response to "5 Manfaat Puasa Bagi Anak dan Cara Mengajarkan Sejak Dini"

Posting Komentar