BERSAMA UNTAN MEMBANGUN NEGERI INDONESIA

BERSAMA UNTAN MEMBANGUN NEGERI INDONESIA BERSAMA UNTAN MEMBANGUN NEGERI INDONESIA - Pada ulasan kali ini, penulis ingin membahas t...

Ingin Kuliah? Inilah 10 Universitas Terbaik di Indonesia 2018

Loading...
10 Universitas Terbaik di Indonesia 2018 - Memasuki masa-masa tahun ajaran baru paska kelulusan, para siswa-siswi yang baru menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah atas tengah mencari tempat kuliah. Para siswa yang duduk di bangku kelas 3 SMA ini sudah mulai memikirkan akan kuliah dimana dan mengambil jurusan apa nantinya. Untuk membantu Anda memilih perguruan tinggi terbaik guna menuntut ilmu, berikut Mamikos akan membahasa mengenai peringkat Universitas Terbaik di Indonesia 2018 Bersama Membangun Negeri
Ingin Kuliah? Inilah 10 Universitas Terbaik di Indonesia 2018

Berdasarkan data dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pada 21 Agustus 2017 lalu, pengelompokkan Universitas Terbaik di Indonesia ini dilihat berdasarkan 4 komponen utama yakni kualitas sumber daya alam, kualitas kelembagaan, kualitas kegiatan kemahasiswaan, dan juga kualitas penelitian serta publikasi ilmiah. 

Setelah diumumkan klaster 1 Perguruan tinggi terbaik di Indonesia pada 17 Agustus 2017 lalu, Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan mengumumkan 100 besar Univeristas, Perguruan Tinggi non Politeknik dan 25 besar Perguruan Tinggi Politeknik di Indonesia dalam membangun negeri. Daftar klarifikasi perguruan tinggi tersebut merupakan data resmi dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai informasi yang valid bagi Anda. 

10 Universitas Unggulan dan Terbaik di Indonesia 2018 Yang Siap Membangun Negeri : 


1. Universitas Gadjah Mada (UGM) 

Peringkat Universitas di Indonesia 2018 dikti yang pertama diduduki oleh Universitas Gadjah Mada. Universitas negeri yang satu ini merupakan salah satu universitas tertua di Indonesia karena sudah berdiri sejak tahun 1949. Anda dapat menemukan Universitas Gadjah Mada ini tepatnya di Caturtunggal, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk pilihan fakultas juga cukup beragam, karena tersedia 18 fakultas, 1 sekolah vokasi dan lebih ari 100 program studi di universitas yang satu ini. 

Untuk sarana dan prasarana juga Anda tidak perlu terlalu khawatir karena Universitas Gadjah Mada memiliki sarana dan prasarana yang sangat lengkap dan memadai. Dan yang paling penting lagi, Universitas Gadjah Mada juga masuk dalam deretan universitas terbaik di dunia. 

2. Institut Teknologi Bandung (ITB) 

Perguruan tinggi yang satu ini hanya merupakan lembaga pendidikan tinggi pertama yang ada di Hindia Belanda. Sejak tanggal 2 Maret 1959 dulu, universitas yang satu ini pun resmi berdiri menjadi sebuah perguruan tinggi negeri yang berkedudukan di Kota Bandung. 

Insititut Teknologi Bandung ini menduduki posisi kedua terkait urutan Universitas Negeri terbaik di Indonesia dan menjadi tempat di mana presiden Indonesia pertama yakni Soekarno meraih gelar insinyurnya. Sebagai informasi tambahan untuk Anda, Institut Teknologi Bandung hingga saat ini memiliki 27 program studi yang sudah terakreditasi secara internasional. 

3. Institut Pertanian Bogor (IPB) 

Dulunya Institut Pertanian Bogor ini merupakan sebuah fakultas pertanian yang ada di Universitas Indonesia. Namun, sejak tahun 1963 fakultas pertanian ini pun resmi berdiri sendiri sebagai sebuah universitas mandiri. Hingga sekarang ini, Institut Pertanian Bogor masih menduduki posisi ketiga terkait peringkat Universitas Negeri Terbaik di Indonesia 2018. Anda dapat menemukan kampus-kampus Institut Pertanian Bogor ini di tempat-tempat yang berbeda karena IPB sendiri memiliki 5 kampus. 

4. Universitas Indonesia (UI) 

Memiliki motto “Veritas, Probitas, Lustitia”, Universitas Indonesia yang berada di utara Kota Depok ini sudah menghasilkan lebih dari 400.000 alumni. Jika dilihat sejarahnya, Universitas Indonesia memang memiliki sejarah yang cukup panjang karena telah berdiir sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda. Universitas Indonesia juga dikenal sebagai suatu kampus modern yang komprehensif, terbuka, multibudaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. Sebagai informasi tambahan, Universitas Indonesia ini menduduki posisi ke 277 peringkat dunia berdasarkan data dari QS World University Ranking. 

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember 

Mencari perguruan tinggi terbaik di Indonesia? Mungkin Institur Teknologi Sepuluh Nopember yang berada di Surabaya bisa menjadi tempat Anda melanjutkan pendidikan. Dikenal sebagai perguruan tinggi sains dan teknologi terbaik di Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember ini juga cukup populer di Kota Surabaya. 

6. Universitas Diponegoro 

Berdiri sejak tahun 1956, Universitas Diponegoro yang berlikasi di Kota Semarang ini memiliki 11 fakultas dan 2 Sekolah dengan rincian memiliki 21 program studi diploma III (D3), 51 program studi Sarjana (S1), dan 35 Program Studi Magister (S2), serta ada 18 Program Pendidikan Dokter Spesialis, 3 Program Profesi dan 13 Program Studi Doktor (S3). 

Memiliki motto “An Excellent Research University”, nama Universitas Diponegoro kabarnya terinspirasi dari sosok seorang pahlawan Indonesia yang memiliki semangat berkobar-kobar yakni Pangeran Diponegoro. Untuk lokasi kampus sendiri, gedung kampus Universitas Diponegoro berjumlah 7 kampus yang tersebar di beberapa titik di Kota Semarang. 

7. Universitas Airlangga 

Biasa disingkat dengan nama UNAIR, perguruan tinggi negeri yang satu ini dikenal dengan sistem pembelajarannya yang berkualitas dengan adanya dosen-dosen yang berkualitas dan berpengalaman di dalamnya. Tak hanya itu saja, UNAIR juga didukung dengan sederetan fasilitas yang memadai sehingga Anda pun akan merasa cukup nyaman ketika menimba ilmu disini. Untuk gedung kampusnya sendiri, UNAIR memiliki 3 kampus yakni Kampus A, Kampus B, dan Kampus C yang tersebar di beberapa titik di Kota Surabaya. 

8. Universitas Brawijaya 

Di urutan ke delapan ada Universitas Brawijaya yang merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Kota Malang. Hingga saat ini sudah ada lebih adri 66 ribu orang yang lulus dari perguruan tinggi negeri ini. Memiliki akreditas A, Universitas Brawijaya mendapatkan persetujuan dari Dirjen Dikti untuk menjadi sebuah perguruan tinggi otonom. Anda dapat menemukan gedung kampus Brawijaya di beberapa lokasi berbeda di Kota Malang, yakni di Ketawanggede, Puncak Dieng, dan Griyasahanta. 

9. Universitas Hasanuddin 

Universitas Hasanuddin, yang kemudian disingkat UNHAS, merupakan sebuah perguruan tinggi negeri di kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia, yang berdiri pada 10 September 1956. Perguruan tinggi ini semula merupakan pengembangan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ketika Bung Hatta masih menjadi Wakil Presiden. Kampus Unhas semula dibangun di Baraya atau Kampus Baraya. 

Namun, awal tahun 1980-an, ketika Rektor dijabat Prof. Dr. Ahmad Amiruddin, Kampus Unhas dipindahkan ke Tamalanrea, karena Kampus Baraya sudah berada di tengah kota. Kini Kampus Unhas menempati areal seluas 220 hektar di Tamalanrea dengan berbagai fasilitas dan termasuk ke dalam Univeritas terbaik dalam membangun negeri tahun 2018 ini. Sejak akhir tahun 2006, Fakultas di Universitas hasanuddin bertambah 1 yang merupakan pemekaran dari Fakultas Pertanian dan Kehutanan yaitu Fakultas Kehutanan. 

10. Universitas Negeri Yogyakarta 

Universitas Negeri Yogyakarta tidak lepas dari perkembangan IKIP Yogyakarta dan Universitas Gadjah Mada. Berdasarkan PP 37/1950, pada 23 Januari 1951, Universitas Gadjah Mada. Dalam perkembangan UGM, ada beberapa fakultas yang menjadi cikal bakal lahirnya IKIP Yogyakarta, seperti Fakultas Pendidik (FIP), Fakultas Pendidikan Jasmani (FPD), dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Berdasarkan SK Mentri PDK 92, 1962 berdiri Institut Pendidikan Guru (IPG). Sementara itu, IPG dan FKIP adalah bidang pendidikan. Dari situ keluar Keputusan Presiden RI No.1, 1963 pada 3 Januari 1963 yang memutuskan penyatuan FKIP dan IPG menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP). Pelaksanaan Keppres ini menetapkan berdirinya IKIP Jakarta, IKIP Bandung, IKIP Yogyakarta, dan IKIP Malang yang resminya berdiri pada 1 Mei 1963. 

Perkembangan IKIP Yogyakarta sendiri, pada 1982 menyelenggarakan 6 fakultas, yakni Ilmu Pendidikan (FIP), Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS), Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA), Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS), Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK), dan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK). Dua tahun kemudian, lembaga ini menyelenggarakan sebanyak 30 jurusan dengan 36 program studi, pada 1996 berkembang menjadi 37 program studi. 

Pada 1990 muncul wacana untuk pengembangan IKIP Yogyakarta menjadi Universitas. Beberapa hal yang mendukung gagasan itu adalah alumnus banyak yang tidak hanya bekerja di dunia pendidikan, tetapi banyak juga yang bekerja di bidang nonkependidikan. Pada 1996 perkembangan gagasan itu dapat direalisasikan, bahkan keluar Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud, pada 20 Juni 1996 yang menetapkan IKIP Yogyakarta juga 3 IKIP lainnya (IKIP Medan, IKIP Padang, dan IKIP Malang) diberi perluasan tugas ke arah perubahan kelembagaan menjadi universitas terbaik dalam membangun negeri pada tahun 2018 ini. 

Nah itulah 10 Univeristas yang berada di urutan teratas dalam hal lembaga pendidikan terbaik pada tahun 2018 ini. Berikut Daftar 100 Universitas Terbaik di Indonesia di Indonesia Siap Membangun Negeri Versi kemenristekdikti.

Daftar 100 Universitas Terbaik di Indonesia di Indonesia Siap Membangun Negeri

  1. Universitas Gadjah Mada 
  2. Institut Teknologi Bandung 
  3. Institut Pertanian Bogor 
  4. Universitas Indonesia 
  5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember 
  6. Universitas Diponegoro 
  7. Universitas Airlangga 
  8. Universitas Brawijaya 
  9. Universitas Hasanuddin 
  10. Universitas Negeri Yogyakarta 
  11. Universitas Sebelas Maret 
  12. Universitas Andalas 
  13. Universitas Pendidikan Indonesia 
  14. Universitas Padjadjaran 
  15. Universitas Negeri Malang 
  16. Universitas Negeri Semarang 
  17. Universitas Udayana 
  18. Universitas Lampung
  19. Universitas Sumatera Utara 
  20. Universitas Jember 
  21. Universitas Negeri Medan 
  22. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur 
  23. Universitas Riau 
  24. Universitas Sriwijaya 
  25. Universitas Jenderal Soedirman 
  26. Universitas Negeri Jakarta 
  27. Universitas Syiah Kuala 
  28. Universitas Negeri Makassar 
  29. Universitas Negeri Surabaya 
  30. Universitas Kristen Petra 
  31. Universitas Surabaya 
  32. Universitas Sanata Dharma 
  33. Universitas Mataram 
  34. Universitas Katolik Parahyangan 
  35. Universitas Pendidikan Ganesha 
  36. Universitas Kristen Satya Wacana 
  37. Universitas Halu Oleo 
  38. Universitas Tadulako 
  39. Universitas Muhammadiyah Malang 
  40. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta 
  41. Universitas Islam Indonesia 
  42. Universitas Tanjungpura 
  43. Universitas Jambi 
  44. Universitas Merdeka Malang 
  45. Universitas Bengkulu 
  46. Universitas Atma Jaya Yogyakarta 
  47. Universitas Sam Ratulangi 
  48. Universitas Bina Nusantara 
  49. Universitas Pasundan 
  50. Universitas Negeri Gorontalo 
  51. Universitas Lambung Mangkurat 
  52. Universitas Mulawarman 
  53. Universitas Negeri Manado 
  54. Universitas Katolik Soegijapranata 
  55. Universitas Stikubank 
  56. Universitas Trisakti 
  57. Universitas Islam Malang 
  58. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara 
  59. Universitas Muslim Indonesia 
  60. Universitas Tarumanagara 
  61. Universitas Telkom 
  62. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya 
  63. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya 
  64. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya 
  65. Universitas Islam Bandung 
  66. Universitas Muhammadiyah Surakarta 
  67. Universitas Negeri Padang 
  68. Universitas Nasional 
  69. Universitas Islam Sultan Agung 
  70. Institut Teknologi Nasional Malang 
  71. Universitas Bung Hatta 
  72. Institut Teknologi Nasional Bandung 
  73. Universitas Pendidikan Nasional 
  74. Universitas Warmadewa 
  75. Universitas Djuanda 
  76. Institut Seni Indonesia Yogyakarta 
  77. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti 
  78. Universitas PGRI Adi Buana 
  79. Universitas Janabadra 
  80. Universitas Kristen Duta Wacana 
  81. Sekolah Tinggi Filsafat Theologi Jakarta 
  82. Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara 
  83. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 
  84. Universitas Palangka Raya 
  85. Universitas Trunojoyo 
  86. Universitas Nusa Cendana 
  87. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya 
  88. Universitas Widya Gama 
  89. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya 
  90. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banjarmasin 
  91. Universitas Mahasaraswati Denpasar 
  92. Universitas Pelita Harapan 
  93. Universitas Dr Soetomo 
  94. Universitas Slamet Riyadi 
  95. Universitas Kristen Maranatha 
  96. Institut Sains Dan Teknologi Akprind 
  97. Universitas PGRI Semarang 
  98. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nusa Megar Kencana 
  99. Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan
  100. Universitas Muhammadiyah Magelang 
Demikianlah Daftar 100 Universitas terbaik di Indonesia tahun 2018 versi kemenristekdikti. Semoga peringkat universitas di Indonesia diatas bisa menjadi referensi dalam menentukan mana perguruan tinggi terbaik sebelum menempuh pendidikan kuliah nantinya. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.
;

Baca Juga :

0 Response to "Ingin Kuliah? Inilah 10 Universitas Terbaik di Indonesia 2018 "

Posting Komentar