Surewi Wardrobe - Konveksi Seragam Kerja Berkualitas Terbaik di Jakarta

Surewi Wardrobe - Konveksi Seragam Kerja Berkualitas Terbaik di Jakarta – Hai pembaca semuanya, Apakabar?, semoga anda semuanya dalam kea...

Menelusuri Kemegahan Masjid 1000 Tiang Negeri Jambi Dalam #PesonaRamadan2018

#PesonaRamadan2018 - Republik Indonesia merupakan salah satu negera yang kaya dengan berbagai artsitektur peninggalan sejarahnya yang masih bisa dinikmati dan diksikan oleh masyarakat hingga saat ini. Peninggalan masa lalu yang mencerminkan perjuangan Bangsa Indonesia dan juga masuknya sebuah agama ditanah Air ini tercermin dalam beberapa distinasi, corak, kebudayaan, adat istiadat dan juga bahasa. Seperti salah satu peninggalan sejarah tempat ibadah orang muslim yang terdapat di salah satu provinsi di negeri pertiwi ini yaitu provinsi Jambi. 
Menelusuri Kemegahan Masjid 1000 Tiang Negeri Jambi Dalam #PesonaRamadan2018

Penasarankan dengan tempat tersebut?, Mari kita simak saja Potret Religi di Negeri Jambi dalam Pesona Ramadan 2018 dibawah ini : 

Sebagai Orang Jambi asli, sudah pasti sangat mengetahui keberadaan Sebuah Masjid penuh makna dan sejarah bernama Masjid Agung Al-Falah atau lebih dikenal oleh masyrakat Jambi bahkan seluruh Indonesia dengan sebutan Masjid Seribu Tiang. Masjid ini merupakan masjid terbesar yang ada di Provinsi Jambi dan termasuk salah satu Masjid Terbesar di Indonesia. 
  • Menelusuri Sejarah Keberadaan Masjid Seribu Tiang di Negeri Jambi Dalam Pesona Ramadan 2018 
Dinamakan dengan sebutan Masjid Seribu Tiang karena di dalam Masjid ini terdapat 1000 tiang yang berwarna putih yang dilapisi dengan tembaga yang sejajar untuk menyangga bangunan Masjid ini. Mengenai pemberian nama akan Masjid Seribu Tiang ini, dimana Penamaannya sendiri dalam bahasa Indonesia Masjid Al-Falah mengadung arti kemenangan memiliki dua arti yang berbeda yaitu dari segi agama Islam, mengandung makna kemenangan bisa dicapai apabila umat muslim senantiasa meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT. 
Menelusuri Kemegahan Masjid 1000 Tiang Negeri Jambi Dalam #PesonaRamadan2018

Sementara dari segi sejarah, Masjid ini sebagai simbol dari kekuatan dan persatuan Rakyat Jambi dalam berjuang merebut kembali lokasi tempat pembangunan Masjid tersebut dari tangan Penjajah Belanda dengan perjuangan Rakyat yang luar biasa pada saat itu. 

Mengenai pembangunnya sendiri, Masjid Agung Al-Falah atau Masjid Seribu Tiang ini pertama kali dibangun pada tahun 1971 dengan memakan waktu kurang lebih selama 9 tahun lamanya. Dengan Memakan waktu yang cukup lama tersbeut dikarenakan pada saat itu memang kondisi negeri Jambi belumlah stabil dan aman karena masih terjadi perang untuk mengusir penjajah di negeri Indonesia ini. 

Perlu anda ketahui juga, Jika Masjid Agung Al-Falah atau Masjid Seribu Tiang ini menjadi saksi bisu akan sejarah perjalanan terbentuknya Provinsi Jambi di masa lalu. Dimana, pada saat Sultan Thaha Syaifudin diangkat sebagai sultan di Kesultanan Jambi menggantikan sang ayah, beliau membatalkan seluruh perjanjian dengan pihak Belanda karena dinilai sangat merugikan Rakyat Jambi dan juga kesultanan Jambi, dan Kesultanan beserta rakyat Jambi berusaha dan berencana untuk merebut kembali dan mengusir Belanda dari tanah Jambi kala itu. 

Pada saat itu pula, Pihak Belanda mendengar kabar dari rencana penyerangan dari rakyat Jambi tersebut, Maka sebelum Pihak Kesultanan dan Rakyat Jambi menyerang, Belanda pun merespon dengan melakukan serangan balasan, dan berhasil menguasai Istana tersebut pada tahun 1885. Pada tahun 1906 tanah tersebut dijadikan oleh pihak Belanda sebagai asrama tentara Belanda dan Pusat pemerintahannya pada kala itu. 

Hingga Indonesia memetik kemerdekaanya, maka lokasi itu berhasil kembali dikuasai rakyat Jambi. Setelah kembali ke tangan Rakyat Jambi, maka lokasi tersebut beralih fungsi sebagai asrama TNI Jambi hingga tahun 1970, dan barulah kemudian pemerintah Jambi merencanakan untuk membangun sebuah masjid yang diberi nama Masjid Agung Al-Falah pada tahun 1961 yang dikemukakan oleh tokoh-tokoh agama Islam setempat. Pembangun Masjid ini dimulai dari tahun 1971 hingga tahun 1980, dan diresmikan langsung oleh Presiden kedua Republik Indonesia yaitu Bapak Soeharto pada tanggal 29 September 1980. 
  • Melirik Keindahan Arsitektur Masjid Seribu Tiang Negeri Jambi Dalam Potret Pesona Ramadan 2018 
Masjid Agung Al-Falah atau Masjid Seribu Tiang ini memiliki arstitektur yang sangat megah dimana terdapat sebuah kubah besar terlihat di atap masjid. Arsitektur Masjid ini di rancangkan berdasarkan perkembangan bangunan kala itu yang sangat kental dengan Arab Melayu di Jambi. Masjid Agung Al-Falah ini tak memiliki pintu dan jendela, konsep terbuka dan tanpa sekat ini mengandung arti sebagai kesan keramahan dan keterbukaan yang mencerminkan masyarakat Jambi itu sendiri. 
Menelusuri Kemegahan Masjid 1000 Tiang Negeri Jambi Dalam #PesonaRamadan2018

Di bagian luar Masjid, terdapat 192 tiang berbahan beton yang berwarna putih menjadi penyangga bangunan masjid bagian luar. Tiang-tiang ini memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan tiang-tiang pada bagian dalam masjid. Selain itu, masjid juga tak memiliki dinding sehingga benar-benar terbuka. 

Sementara dalam masjid, terdapat 40 tiang dengan diameter yang lebih besar. Tiang-tiang ini berhiaskan ukiran yang terbuat dari kayu pada bagian bawah, serta dilapisi tembaga pada bagian tengah. 40 tiang ini merupakan penyangga utama bagi kubah besar yang terdapat pada bagian atas Masjid Agung Al-Falah ini. 

Jika anda masuk ke dalam Masjid ini, maka anda akan menatap ke arah atas kubah besar bagian dalam, maka anda akan melihat hiasan yang indah berupa garis-garis dalam berbagai corak warna. Kubah masjid ini semakin nampak elegan dengan adanya kaligrafi yang terbuat dari kaca, serta kehadiran sebuah lampu hias dengan cukup besar bermaterialkan tembaga semakin mempercantik sisi dalam masjid Agung Al-Falah ini. 
Menelusuri Kemegahan Masjid 1000 Tiang Negeri Jambi Dalam #PesonaRamadan2018

Dari sisi Mihrab, Masjid Agung Al-Falah ini dihiasi dengan aneka kaligrafi yang terbuat dari kuningan dan juga tembaga. Bagian kanan Mihrab, terpatri kaligrafi yang bertuliskan asma Allah SWT, sedangkan pada sisi kiri berhiaskan kaligrafi Nabi Muhammad SAW. Pada kiri dan kanan mihrab, terdapat pula kaligrafi bertuliskan empat sahabat nabi Muhammad SAW. 

Sementara dibagian halaman Masjid Agung Al-Falah ini, pengunjung akan menjumpai adanya taman yang berhiaskan aneka bunga yang berwarna-warni. Tak hanya itu, di sekitar Masjid Agung Al-Falah ini juga terdapat aula serba guna yang bisa digunakan untuk kegiatan keagamaan seperti melangsungkan pernikahan, koprasi, alat-alat kepengurusan jenazah, kantor sekertariat, perpustakaan dengan koleksi bermacam buku agama dan juga madrasah. 
  • Mengunjungi Masjid Agung Al-Falah Dalam Potret Pesona Ramadan 2018 
Jika anda ingin berkunjung dan berwisata Religi ke Masjid Agung Al-Falah atau Masjid Seribu Tiang ini, Anda dapat menjumpai Masjid Agung Al-Falah atau Masjid 1000 Tiang ini di Jalan Sultan Thaha No. 60, Legok, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi. Keberadaan Masjid ini sangat strategis yang berada di tengah kota Jambi sehingga para wisatawan tak akan kesulitan untuk datang kesini baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun Umum yang disediakan oleh Pemrov Jambi. 
Menelusuri Kemegahan Masjid 1000 Tiang Negeri Jambi Dalam #PesonaRamadan2018

Perlu Anda Ketahui juga jika disekitarnya Masjid Agung Al-Falah ini anda akan menemukan Hotel atau penginapan warga serta terdapat berbagai macam kuliner khas daerah Jambi apabila anda ingin bermalam dan berlama-lama di negeri Jambi dalam rangka liburan bersama keluarga pastinya. 

Selain Masjid Agung Al-Falah atau Masjid Seribu Tiang ini, Anda juga dapat berkunjung berwisata religi dalam #PesonaRamadan2018 ini ke dua masjid yang juga memiliki sejarah yang tak kalah menarik dengan Masjid seribu tiang ini seperti Masjid Keramat Negeri Jambi, dan Masjid Agung Pondok Tinggi Negeri Jambi. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadan 1439 H bagi yang menjalaninya, dan Akhir kata Semoga amal Puasa Ramadan anda diterima oleh Allah SWT, Amin. Terima kasih.
Loading...

0 Response to "Menelusuri Kemegahan Masjid 1000 Tiang Negeri Jambi Dalam #PesonaRamadan2018"

Posting Komentar