Surewi Wardrobe - Konveksi Seragam Kerja Berkualitas Terbaik di Jakarta

Surewi Wardrobe - Konveksi Seragam Kerja Berkualitas Terbaik di Jakarta – Hai pembaca semuanya, Apakabar?, semoga anda semuanya dalam kea...

Cara Sehat Mengatur Pola Makan Saat Puasa Ramadan

Puasa Ramadan merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh umat muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Perintah tersebut tentunya baik bagi kesehatan manusia dan banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya seperti dengan berpuasa maka dapat menstabilkan gula darah, menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, menurunkan hipertensi, serta bisa juga menjadi detoks bagi tubuh. 
Cara Sehat Mengatur Pola Makan Saat Puasa Ramadan

Banyaknya manfaat yang didapat dari berpuasa ini tentunya harus didukung dengan mengonsumsi makanan yang sehat agar asupan nutrisi tetap terjaga. Agar tetap sehat, kebutuhan nutrisi ini harus kamu atur dengan pola makan yang baik dan benar pastinya. Bagaimana caranya, simak cara mengatur pola makan saat bulan Ramadan dibawah ini : 

Hal Pertama yang harus anda lakukan dalam mengatur pola makan sehat saat Ramadan adalah dengan makanan yang manis dan mudah dicerna oleh pencernaan anda seperti kolak dan bubur sumsum. Anda juga bisa mengonsumsi buah manis seperti kurma dan kelengkeng yang memiliki kadar manis yang cukup tinggi dengan tekstur yang empuk. 

Kedua, Setelah setengah jam hingga satu jam berselang Saat berbuka puasa, anda bisa mengonsumsi karbohidrat kompleks. Karbohidrat ini sangat penting karena merupakan nutrisi utama sel otak, sel darah, dan sel saraf sehingga kamu membutuhkan sekitar 60% karbohidrat kompleks saat puasa seharian. 

Ketiga, Setelah anda selesai shalat Tarawih, jangan lupa untuk memakan camilan buah yang bisa dipadukan dengan yoghurt atau dijadikan smoothie bowl agar tubuh kamu mendapat asupan serat yang cukup. Asupan serat ini bisa memudahkan metabolisme dan pencernaan. Pilih buah dengan kadar air yang cukup tinggi seperti semangka, melon, dan lain sebagainya. Buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi seperti strawberry, kiwi, mangga, buah naga, serta jeruk sangat bagus dikonsumsi setelah tarawih. 

Keempat, Saat anda sahur, anda harus menyantap makanan lengkap yang berupa nasi, lauk pauk yang mengandung protein, dan juga sayur dengan porsi yang sepadan. Mengonsumsi sayur dalam jumlah yang pas akan membuat kamu terhindar dari dehidrasi selama berpuasa. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi buah-buahan yang tinggi serat karena bisa membuat kamu kenyang lebih lama seperti pisang, apel, alpukat, pepaya, dan lain sebagainya. 

Nah itulah beberapa cara sehat dalam mengatur pola makan saat menjalani puasa Ramadan. Semoga anda selalu sehat dan dapat menjalani ibadah puasa tahun ini dengan baik. Semoga bermanfaat untuk dan semuanya, selamat menjalankan ibadah puasa, salam.
Loading...

0 Response to "Cara Sehat Mengatur Pola Makan Saat Puasa Ramadan"

Posting Komentar