Surewi Wardrobe - Konveksi Seragam Kerja Berkualitas Terbaik di Jakarta

Surewi Wardrobe - Konveksi Seragam Kerja Berkualitas Terbaik di Jakarta – Hai pembaca semuanya, Apakabar?, semoga anda semuanya dalam kea...

5 Tips Aman Untuk Ibu Hamil Agar Nyaman Menjalankan Puasa Ramadan

Bulan Suci Ramdan telah berjalan 6 Hari di tengah umat muslim di seluruh dunia. Berbagai tantangan tentunya tak lepas dari bulan Ramadan ini seperti menahan makan dan minum, hawa nafsu lahir dan batin, ucapan, tingkah laku, pandangan dan juga segala hal yang dapat mengurangi dan membatalkan puasa Ramadan. 
5 Tips Aman Untuk Ibu Hamil Agar Nyaman Menjalankan Puasa Ramadan

Bicara mengenai tantangan di bulan Ramadan ini untuk bisa berpuasa dengan baik dan benar, maka tak lepas juga dari tantangan yang harus dihadapi oleh seorang Ibu yang saat ini sedang mengandung alias hamil, baik muda maupun tua. Mungkin bagi mereka yang sudah pernah melewati masa kehamilannya dalam bulan Ramadan sudah mengerti cara mengatasi segala halnya agar kehamilannya tidak terganggu, namun bagaimana bagi seorang ibu yang mengandung anak pertama dalam bulan Ramadan ini?, simak tips aman untuk ibu hamil agar aman dan nyaman dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan : 

1. Mengatur Pola Makan Saat Berbuka dan Sahur 

Untuk para Ibu hamil, Mengatur pola makan dengan baik tentunya wajib dilaksanakan dan memanfaatkan waktu sahur dan berbuka anda dengan sebaik-baiknya dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang tepat dan sehat untuk diri anda dan juga janin agar saat anda berpuasa, kesehatan dan janin anda tidak terganggu. 

Hal yang perlu anda perhatikan dalam mengatur pola makan adalah dengan mengkinsumsi berbagai nutrisi seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan lemak, yang merupakan nutrisi yang perlu dipenuhi oleh ibu hamil saat masa kehamilannya. Jadi, pastikan hal itu terpenuhi dengan baik saat anda berbuka dan saat sahur agar anda dalam menjalankan ibadah puasa selama Ramadan ini aman, nyaman dan janin andapun tak terganggu. 

2. Mengatur Waktu Makan Sahur Dengan Baik 

Untuk para ibu hamil, Upayakan untuk makan sahur 5 menit menjelang imsak. Hal ini dilakukan agar lebih tahan lapar, serta nutrisi dapat lebih bertahan lama. Jika anda makan sahur sebelum imsak berkumandang, takutnya nanti anda akan mudah lapar dan juga janin anda akan terganggu dengan puasa yang anda jalani di siang harinya. 

3. Mengatur Aktivitas Selama Puasa Ramadan 

Jika ibu hamil yang memutuskan untuk berpuasa selama bulan Ramadan ini, Maka pastikan itu tidak menganggu kehamilannya. Seorang Ibu Hamil harus dapat mengontrol aktivitas sehari-hari dengan baik dan teratur. Jangan memaksa diri, pertimbangkan sesuai dengan kemampuan fisik anda. Jika anda terlalu banyak beraktivitas, maka diri anda akan berpotensi mengalami stres yang berbahaya untuk anda dan tentunya bagi janin anda. 

4. Konsultasi Rutin Ke Dokter Saat Ramadan 

Jika dalam melaksanakan Puasa berdampak buruk bagi si Ibu dan Janinnya, Maka diperbolehkan untuk menggantinya dengan caramembayar fidyah ataupun di hari lain. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi masalah kesehatan yang dialami oleh ibu hamil yang dapat berpengaruh pada kandungan nanti. Jika kuat dalam menjalankan puasa saat Ramadan, maka pastikan untuk rutin berkonsultasi ke dokter kandungan Anda, apakah memang Anda dapat berpuasa, atau tidak. Jika dapat berpuasa, tanyakanlah pula pada dokter mengenai apa saja yang perlu dilakukan agar proses kehamilan anda tidak terganggu dan berjalan dengan baik dan aman. 

5. Mengatur Aktivitas Olahraga 

Saat perpuasa bukan berarti tak bisa melakukan olahrga. Bagi bu Hamil contohnya dimana olahraga dan gerakan sangat baik untuk proses kehamilannya. Nah, selama Ramadan ini, Ibu hamil dapat menjalankan beberapa olahraga ringan yang memang diperuntukkan untuk ibu hamil. Anda dapat melakukan senam hamil ataupun yoga untuk membantu tubuh beradaptasi dengan baik saat anda berpuasa nantinya. 

Itulah beberapa tips aman dan nyaman bagi Ibu Hamil dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, Selama menjalankan ibadah puasa Ramadan 1439 H, terima kasih.
Loading...

0 Response to "5 Tips Aman Untuk Ibu Hamil Agar Nyaman Menjalankan Puasa Ramadan"

Posting Komentar