10 Kebiasaann Sehari-hari yang Bisa Membatalkan Puasa Ramadhan - Maschun.com

Breaking

Senin, 07 Mei 2018

10 Kebiasaann Sehari-hari yang Bisa Membatalkan Puasa Ramadhan

BACA JUGA ARTIKEL BERIKUT INI :
loading...
Maschun.com - Bulan Ramadhan nan suci penuh dengan keberkahan akan segera datang menghampiri umat muslim di seluruh dunia ini. Bulan Ramadhan tentunya selalu di rindukan oleh umat islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Sebab, kenapa Ramadhan selalu dirindukan adalah karena pada bulan Ramadhan ini merupakan rajanya bulan yang hanya satu kali ada setiap tahunnya, dimana di dalamnya megandung pahala yang berlipat ganda, keberkahan yang luar biasa, pengapunan dosa dan tentunya ada yang namanya lailatul Qodar bagi mereka yang beruntung mendapatkannya. 

Dalam Bulan Ramadhan ini, umat muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT di wajibkan untuk menjalankan ibadah puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari dengan ketentuan yang berlaku pastinya. Dalam Menjalankan ibadah puasa nantinya, tentunya berbagai hal perlu kita pahami dengan baik agar puasa Ramadhan yang kita jalani mendapatkan nilai yang baik dan tak sia-sia saja kita melakukannya. Berbicara mengenai hal apa saja yang dapat mengurangi nilai puasa bahkan membatalkannya, berikut 10 kebiasaan sehari-hari yang berdampak buruk pada nilai puasa anda selama Ramadhan nanti. 

1. Membersihkan Kotoran Di Hidung 

Selama bulan ramadhan, biasanya hari pertama sering orang melakukan hal ini karena memang lupa jika mereka sedang melaksanakan Puasa Ramadhan. Hal itu wajar dan tidak membatalakan puasa jika memang lupa alias tidak segaja. Jika dalam keadaan sadar jika anda sedang berpuasa dan pada siang hari anda selalu melakukan hal ini, maka kemungkinan besar puasa anda batal. 

2. Membersihkan Telingga 

Begitu juga dengan kebiasaan ini, mungkin dalam keseharian anda selain bulan ramadhan anda sering membersihkan kuping, entah itu dirumah, di kantor dan di tempat umum. Nah, Jika anda melakukannya selama bulan Ramadhan pada siang hari, maka lebih baik jangan melakukannya secara sadar karena akan membatalalkan puasa anda nantinya. 

3. Memasukan Benda Ke Mulut 

Biasanya banyak orang yang memiliki kebiasaan memasukan benda ke mulutnya seperti mengigit pulpen, rumput, baju, dan benda lainnya. Mungkin pada bulan biasanya hal itu tidak akan menyebabkan penyakit datang kepada diri anda, tapi jika pada bulan Ramadhan ini, bukan itu saja yang akan anda dapatkan, Jika anda berppuasa, maka puasa anda juga akan batal jika dilakukan dengan segaja. 

4. Tertelan Air Wudhu Dengan Segaja 

Saat anda wudhu, maka pastikan air utuk berkumur jangan anda telan dengan segaja. Jika hal ini anda lakukan pada siang hari ketika anda berpuasa, maka hal itu dapat membatalkan puasa anda nantinya. Pastikan anda berkumur dengan baik dan jika anda ragu takut tertelan lebih baik tidak berkumur saja. 

5. Mandi Terus Menerus 

Selama Ramadhan, biasanya cuaca akan terasa panas dan tubuh selalu terasa gerah. Mandi memang baik bagi tubuh anda, namun selama anda berpuasa, jangan mandi secara terus menerus, hal ini dapat menyebabkan puasa anda batal nantinya. 

6. Tidur Seharian selama Berpuasa 

Tidur memang mengandung nilai ibadah dalam bulan ramadhan bagi mereka yang berpuasa, namun bukan berarti anda tidur seharian dari pagi hingga sore, itu bukan pahala yang akan anda dapatkan, namun anda tidak mendapatka apa-apa bahkan puasa anda tidak berarti apa-apa. 

7. Tidak Menjaga Pandangan 

Jika pada bulan biasa, anda bebas melihat hal yang seharusnya tidak anda lihat karena merupakan zina mata, begitu juga dengan bulan Ramadhan ini, hal itu bukan saja mengandung zina mata, namun juga dapat memberikan nilai kurang baik bagi puasa yang sedang anda jalani. 

8. Tidak Menjaga Ucapan 

Tidak menjaga ucapan disaat anda sedag menjalakan puasa tentunya juga akan mengurangi nilai puasa anda bahkan jika berlebihan tanpa kesadaran diri jika anda sedang berpuasa namun tetap saja anda melakukannya, maka puasa ramadhan anda akan batal nantinya. 

9. Tidak Menjaga Nafsu 

Selama anda berpuasa, maka nafsu dunia anda harus anda jaga dengan baik, baik itunafsu secara bati bahkan lahir. Jika hal itu anda biarkan bergejolak dalam diri anda selama berpuasa, maka puasa anda akan batal nantinya. 

10. Tidak Menjaga Hati dan Pikiran 

Selama berpuasa Ramadhan, anda juga harus menjaga hati dan pikiran anda. Menjaga hati seperti rasa iri, dengki, sombong dan penyakit hati lainnya. Pikiran seperti prasangka buruk, memikiran hal yang orang yang bukan muhrimnya, dan pikiran buruk lainnya. Jika anda segala melakukannya, maka puasa anda akan batal nantinya. 

Nah itulah beberapa kebiasan sehari-hari yang dapat mengurangi nilai puasa bahkan bisa membuat puasa anda tidak berarti apa-apa alias batal. Selamat berjumpa kembali pada bulan suci Ramadhan, dan mendapatkan keberkahan bagi anda yang menjalankannya, Amin. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

1 komentar:

  1. Very good ƅlog! Do you have any suggestions for aspiring
    writers? I'm planning to start my own site soon but I'm а
    little lost on eѵerʏthing. Would you advise starting with а
    free platform like Wordpгess or go for a paid option?
    There are so many choices out there that I'm completely overwhelmed ..
    Any гecommendations? Many thanks!
    reference : Ꮋow To Lock Fiⅼes With Minimum Effort And Still Lеave People Amazed

    BalasHapus