Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional Dengan Baik - Maschun.com

Breaking

Jumat, 06 April 2018

Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional Dengan Baik

Generic Banner
Ujian Nasional 2018 untuk tingkat sekolah pertama telah rampung digelar pada minggu lalu, sementara untuk sekolah mengenah atas baru akan dimulai pada minggu depan, tepatnya pada hari senen, 9 April 2018. Tentunya segala persiapan telah dilakukan, baik itu dari sekolah itu sendiri dan sudah pasti dari siswa dan siswi yang akan mengikuti Ujian Nasional ini. Persiapan yang dilakukan oleh pihka sekolah tentunya mengatur ruangan, dan fasilitas pendukung lainnya untuk pelaksanaan Ujian nasional tersebut agar berjalan dengan lancar dan sukses pastinya. 
Tips Menghadapi Ujian Nasional Dengan Baik

Begitu juga dengan persiapan yang dilakukan oleh Siswa dan siswi, dimana mereka tentunya telah mempersiapkan diri dengan baik agar dalam mengikuti ujian nasional nanti dapat menjawab soal-soal ujian dengan baik dan mendapatkan nilai yang bagus sehingga lulus dengan nilai yang baik pula. 

Dalam Ujian nasional nanti, Mata Pelajaran yang diikutsertakan biasanya ada tiga yaitu Bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Matematika dan satu mata pelajaran yang sesuai jurusan yang akan diujikan. Dari 4 Mata pelajaran yang akan diikuti tersebut tentunya memiliki bobot dan nilai yang harus dipenuhi agar bisa lulus dan mendapatkan sekolah favorit yang ingin dituju jika lulus nanti. 

Agar tak panik dan tak membuat gelisah para siswa dan siswi, maka dalam menjawab soal ujian nasional nanti, maka ada baiknya mempersiapkan segala halnya dengan baik agar dalam menghadapi ujiannya nanti dapat berjalan dengan baik dan sukses lulus pastinya. Apa saja persiapannya, simak beberapa tips dibawah agar bisa lulus dan mendapatkan nilai bagus : 

1. Jagalah Kesehatan Dengan baik 

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menjaga kondisi tubuh anda agar tetap prima. Jika kondisi anda sakit maka sudah pasti anda tidak akan bisa mengikuti Ujian nasional nanti. Jangan terlalu memikirkan jika ujian nasional itu sesuatu yang berat, santai saja namun pasti karena jika anda terlalu ambisius 

2. Belajarlah Pada Malam Harinya sesuai dengan mata pelajaran yang akan di ujikan esok harinya. 

Jika sudah mengetahui jika pada esok harinya akan mengikuti ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia, maka belajarlah sesuai dengan bidangnya itu. Jangan campur baurkan dengan belajar mata pelajaran yang lain karena itu hanya akan membuat anda tidak fokus nantinya. Belajarlah dengan sungguh-sungguh pada malam harinya dan besoknya anda akan tenang dalam menghadapi ujian esok harinya. 

3. Jangan Begadang 

Jika esok adalah hari H untuk mengikuti ujian nasional ini, maka jangan begadang pada malam harinya dan tidurlah tepat waktu agar bisa bangun pagi dan berangkat ke sekolah tepat waktunya dan tidak terburu-buru. 

4. Bangun Pagi dan Mandi 

Agar fresh dan semangat, maka bangunlah waktu subuh lalu mandi dan laksanakan sholat lalu berdo’alah agar ujian anda berjalan dengan lancar dan aman. 

5. Siapkan Peralatan Ujian dengan baik 

Sebelum berangkat ke sekolah, pastikan semua kebutuhan untuk ujian nanti sudah persiapkan dengan baik. Periksa kembali tas, apakah sudah dimasukan semua peralatan tersebut agar tidak tertinggal yang hanya akan membuat anda repot nantinya jika ada yang tertinggal. 

6. Datanglah ke sekolah sebelum Ujian Nasional dimulai 

Datanglah ke sekolah sebelum ujian nasional dilaksanakan agar anda tidak panik alias santai dan juga tidak terburu-buru. 

7. Masuklah ke dalam ruangan kelas dengan berdo’a 

Bacalah do’a ketika anda masuk ke ruangan kelas, agar anda tenang berada didalam dan bisa menjawab soal ujian dengan santai tanpa ada pikiran buruk lainnya. 

8. Isilah lembara jawaban dengan lengkap 

Sebelum anda menjawab soal yang diberikan, maka pastikan lembaran jawaban anda terisi dengan baik seperti nama, nim dan lain sebagainya menurut data yang tertera dilembaran jawaban tersebut. Jika tidak mengerti, maka tanyakan ke pengawas ujian atau guru anda. 

9. Jawablah Soal yang mudah terlebih dahulu 

Jangan memaksa diri untuk menjawab soal yang sulit bagi anda. Jika anda terpaku dan berusaha untuk menyelesaikan satu soal saja, maka soal yang lain akan tertinggal untuk anda jawab nantinya. Jawablah soal yang mudah terlebih dahulu dan jika sudah selesai, maka kerjakan sola yang sulit bagi anda. 

10. Jawablah soal Ujian dengan baik 

Dalam memberi jawaban pada kertas jawaban anda, maka jawablah dengan benar. Maksudnya adalah ketika anda melingkari jawabannya yang biasanya menggunakan pensil 2B, Maka hitamkanlah dengan sempurna namun jangan sampai robek. Jika anda tidak melingkari dengan sempurna, maka sudah pasti jawaban anda akan tidak terdeteksi nanti oleh komputer. 

11. Jika sudah selesai menjawab, maka periksa kembali jawaban anda jika masih ada waktu 

Jangan terburu-buru untuk selesai, jika sudah menjawab semua pertanyaan, maka jika masih ada waktu, maka periksa kembali jawaban anda agar lebih menyakinkan diri anda. 

12. Jika sudah selesai, Maka Pulanglah ke rumah untuk bisa isitirahat menghadapi ujian esok harinya 

Jangan samakan dengan hari biasanya jika suka nongkrong habis pulang sekolah. Pulanglah kerumah karena esok harinya anda masih memiliki tugas menyelesaikan ujian mata pelajaran lainnya. 

Itulah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menghadapi Ujian nasional dengan baik dan semoga dalam ujian nanti lulus dengan nilai yang baik dan bisa meneruskan ke jenjang yang berikutnya dan mendapatkan sekolah yang anda inginkan. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA :

loading...