Tata Krama yang Harus di Perhatikan Saat Menjenguk Bayi - Maschun.com

Breaking

Selasa, 10 April 2018

Tata Krama yang Harus di Perhatikan Saat Menjenguk Bayi

Generic Banner
Maschun.com - Berkunjung untuk menjenguk bayi yang baru lahir memang sudah menjadi tradisi di Masyarakat. Hal itu dilakukan untuk memberikan ucapan selamat kepada Ibu dan sang Ayah dari si bayi atas kelahirannya. Namun dalam menjenguk di bayi, terkadang ada hal yang lupa karena mungkin melihat kondisi bayi yang kurang baik atau pun karena gemesnya bayi tersebut sehingga melupakan adab tata krama dalam hal tersebut. 
10 Hal Yang Harus di Perhatikan Saat Menjenguk Bayi

Untuk itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saa anda berkunjung untuk menjenguk bayi. Apa saja yang perlu anda perhatikan nantinya, simak ulasannya dibawah ini : 

1. Jangan Berisik 

Ketika anda ingin berkunjung ke rumah keluarga, sahabat, teman, tetangga yang baru melahirkan dengan tujuan untuk menjenguk bayi yang baru lahir tersebut. Maka pastikan saat anda berada disana nanti jangan terlalu banyak mengeluarkan suara yang terlalu keras alias berisik karena akan menganggu si bayi atau juga Ibu dari si bayi tersendiri yang masih dalam tahap pemuliahan paska melahirkan. 

2. Jangan Mengeondong, memeluk dan Mencium si bayi 

Melihat bayi yang menggemaskan tentunya hati anda tidak akan tahan ingin menggendongnya, memeluknya dan juga menciumnya. Nah, bagi anda yang belum tahu, seharusnya anda tidak melakukan itu semua, karena si bayi yang baru lahir sangat rentan dengan penyakit, dengan konidis tangan dan tubuh anda yang kotor, maka si bayi akan terkena penyakit nantinya. 

3. Jangan Datang Jika Kondisi Tubuh Anda sedang sakit 

Jika kondisi tubuh anda dalam keadaan kurang fit, maka lebih baik jangan berkunjung terlebih dahulu untuk menjenguk bayi yang baru lahir karena jika anda datang juga, maka si bayi dan si Ibu akan tertular dengan penyakit yang sedang anda alami nantinya. Kita sangat mengerti jika kondisi bayi saat lahi, belum ada kekebalan tubuh yang dapat menangkal penyakit, jadi pertimbangkan dengan baik jika anda ingin berkunjung dalam keadaan sakit. 

4. Jangan Selfie dan membagikannya di media sosial 

Jika anda sedang berkunjung ke rumah si bayi, walaupun anda sangat meingingkan untuk menyimpan moment dengan berfoto bersama si bayi tersebut lalu mengunggahnya di media sosial. Lebih urungkan niat anda tersebut, sebab jika anda melakukan itu, maka anda tidak menghargai orang tua dari si bayi tersebut. Dan juga jika terjadi sesuatu yang buruk bagi si bayi maka anda harus bertanggungjawab nantinya. 

5. Jangan berkomentar Baik atau pun buruk terhadap kondisi bayi 

Apapun yang anda lihat dari si bayi tersebut, entah itu lucu, gemes, tanpan, cantik dan kondisi yang kurang baik mungkin. Maka lebih baik anda tidak berkomentar dengan alasan agar tidak terjadi hal yang membuat orang tua dari si bayi merasa tertekan dan cemas. Pastikan anda melihat dan memberikan selamat saja kepada prang tua dari si bayi tersebut dan itu sudah lebih dari cukup. 

6. Jangan Mengajak Anak Kecil 

Jika anda ingin berkunjung untuk menjenguk si bayi, maka pastikan juga anda tidak mengajak anak kecil yang sulit untuk bisa diatur jika berada disana nantinya. Hal ini dilakukan agar pada saat anda berkunjung bayi tidak merasa terganggu, begitu juga dengan si ibu yang masih butuh ketenangan paska melahirkan. 

7. Jangan Berkunjung Terlalu lama 

Jika anda adalah keluarga dari si bayi tersebut tidak menjadi masalah jika berkunjung memakan waktu yang lama, namun jika anda hanya tetangga, sahabat dan teman. Maka pertimbangkan diri untuk tidak berlama-lama dalam menjenguk si bayi karena akan membuat si bayi merasa terganggu dengan kehadiran anda dan juga si ibu si bayi tersebut. 

8. Waktu yang tepat 

Perhatikan juga saat anda berkunjung, pastikan anda menjenguk si bayi di waktu yang tepat, jangan datang pada waktu istirahat karena akan menganggu si bayi dan juga si ibu dari si bayi tersebut. Berkunjung pada waktu yang telah ditentukan oleh pihak rumah sakit jika melahirkannya dirumah sakit, begitu juga jika dirumah, jangan berkunjung pada waktu terlalu larut malam dan juga waktu siang. 

9. Berpakaian Bersih 

Jangan datang menjenguk bayi dengan keadaan belum mandi ataupun memakai pakaian yang kotor karena itu akan menyebabkan bayi terganggu dan juga bisa mendatangkan penyakit kepada si bayi karena kondisi tubuh bayi yang baru dilahirkan sangat rentan dengan penyakit. 

10. Bawalah Buah Tangan Jika Ada 

Tak sopan rasanya jika tidak membawa buah tangan jika menjenguk si bayi. Bawalah buah-buahan untuk si ibu dari bayi tersebut jika ada atau bisa juga kado untuk si bayi berupa perlengkapan bayi. 

Itulah beberapa hal yang patut anda pertimbangkan jika nanti anda inin berkunjung untuk menjenguk bayi yang baru dilahirkan. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

2 komentar:

  1. Oh, ngga boleh ya ngendong bayi saat jenguk kelahiran bayi.
    Kebetulan, aku ngga pernah nyoba gendong2 bayi yang kutengok, cuma kusentuh2 pipinya iya atau jariku kuletakin ke tangannya biar digenggam oleh si bayi 😁

    BalasHapus
  2. Kemaren nengokin paman, karena istrinya baru ngelahirin. Telat masih 1 minggu umur si bayi wah ngeliatnya aja masih gimana gitu, kulitnya masih blm sempurna keliatan dalemnya, atut mau pegang apalagi gendong

    BalasHapus

ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA :

loading...