Tanpa di Sadari, 7 Perlakuan Buruk Ini Sering Orang Tua Lakukan Terhadap Anak


Maschun.com - Anak merupakan titipan Tuhan yang maka kuasa yang patut dijaga dengan baik oleh orang tuanya. Jika mengingingkan anak itu berprilaku baik dan memiiki masa depan yang baik pula, maka orang tua juga ahrus melakukan hal yang sama yaitu melakukan hal yang terbaik bagi anak-anaknya. Memang, Menjadi orangtua yang baik memerlukan usaha yang keras, namun apapun alasanya, Jika itu sudah menjadi kewajiban anda sebagai orang tua bagi si anak untuk mendidiknya dengan baik. 
Tanpa di Sadari, 7 Perlakuan Buruk Ini Sering Anda Lakukan Terhadap Anak

Namun terkadang, tanpa disadari orang tua terlalu ekstream dalam memberikan pendidikan kepada anaknya dan juga melalaikan tugasnya sebagai orang tua, padahal mereka menginginkan anak-anak emreka tumbuh dengan baik. Nah, menyikapi hal-hal buruk yang pernah dilakukan orang tua kepada anak, simak dibawah ini beberapa hal yang tanpa anda sadari mungkin pernah anda lakukan kepada anak anda : 

1. Tidak Menanggapi Pendapat Anak dengan baik 

Biasanya si anak sangat ramah dengan siapapun dilingkungannya. Tak jarang mereka selalu bertanya tentang apa yang mereka lihat dan amati dalam keseharian mereka. Pertanyaan yang tertanam dalam benak mereka, biasanya akan mereka tanyakan kepada orang tua jika ada waktu. 

Menanggapi perihal ini, maka berikan kesempatan untuk mereka bertanya dan menyelesaikan pertanyaan mereka sampai usai, jangan suka menghiraukannya karena hal itu buruk bagi perkembangan diri si anak nantinya. 

2. Melarang Anak Tanpa Ada Penjelasan 

Seringkali orangtua melarang anaknya untuk melakukan sesuatu tanpa menyebutkan alasan di balik larangan itu. Akibatnya, anak jadi patuh karena takut pada orangtuanya, bukan karena mereka benar-benar paham pada larangan tersebut. 

3. Terlalu Memanjakan Anak 

Membantu anak merupakan hal wajar dilakukan oleh orangtua. Namun ternyata, terlalu sering membantu anak justru tidak baik. Orangtua harus dapat membiarkan anak untuk melakukan berbagai hal sendiri. Dengan hal ini, anak ini pun dapat menjadi pribadi yang mandiri. 

4. Terlalu Egois Menjadi Orang Tua 

Memberikan dukungan pada anak tentu hal yang wajib dilakukan orangtua. Namun menganggap kesuksesan mereka sebagai kesuksesan Anda? Mungkin pada saat anak masih kecil, hal ini menjadi hal yang wajar. Seiring bertambahnya usia anak, hal ini menjadi hal yang membuat anak tidak nyaman. 

5. Pilih Kasih 

Ketika anak sudah mampu berbicara, berilah ia kesempatan untuk berbicara. Misalnya, dalam memilih kado ulang tahun, biarkanlah anak untuk memilih hadiahnya sendiri. Hal ini membantu anak untuk mejadi pribadi yang dapat membuat keputusan dan menentukan pilihan. 

6. Memaksa mereka untuk mengerti dalam waktu singkat 

Memaksa anak untuk mengerti apa yang diperintahkan oleh agama, adat istiadat dan larangan dalam waktu yang singkat tentunya hal yang perlu orang tua perhatikan juga. Anak butuh proses dan waktu yang panjang untuk bisa mengerti berbagai hal dalam hidupnya dan tak semata harus dipaksa harus mengerti pada waktu yang relative singkat dan hal ini dapat membuat pemberontakan dalam diri si anak dan akan brakibat buruk dalam perkembangannya nanti. 

7. Tak Peduli dengan Kehidupan anak 

Kejadian ini tentunya masih banyak terjadi, dimana orang tua terlalu sibuk dengan urusan mereka masing-masing tanpa menyisakan waktu mereka untuk anak-anak mereka untuk sekedar bertanya hari ini sekolah atau tidak, belajar apa dan melakukan apa saja hari ini. Dengan kondisi tersebut, maka akan memberikan ajrak dan perantara jauh antara orang tua dan anak dan bisa jadi pertanda buruk jika mereka tidak akan mengenal anda sebagai orang tua yang bertanggungjawab dan baik. 

Itulah beberapa hal mungkin perlu anda perhatikan jika ingin anak anda tumbuh dengan baik dan memiliki masa depan yang cerah. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.


Loading...

0 Response to "Tanpa di Sadari, 7 Perlakuan Buruk Ini Sering Orang Tua Lakukan Terhadap Anak"

Posting Komentar

Tips Mudik Aman, Perjalanan Pun Nyaman Ala Himawanputra.com

#MudikAmandanNyaman - Bulan Suci Ramadan 2018 telah berkumandang di seluruh dunia untuk memberi kabar kepada seluruh umat muslim yang ber...