Mengenang Permainan Anak Tempo Dulu Yang Bikin Kangen - Maschun.com

Breaking

Sabtu, 14 April 2018

Mengenang Permainan Anak Tempo Dulu Yang Bikin Kangen

Generic Banner
Maschun.com - Anak-anak zaman sekarang sudah terbiasa dengan bermain gadget dan lebih banyak menghabiskan waktunya dirumah. Mereka lebih banyak mengurung diri tanpa ada permainan yang megnasyikan untuk dimainkan. Padalah bermain bersama teman merupakan hal yang baik untuk perkembangan anak. 
Mengenang Permainan Anak Tempo Dulu Yang Bikin Kangen

Penyebab hal tersebut tentunya dari pergeseran zaman, dimana saat ini untuk mencari tempat yang bermain juga sangat sulit, apalagi di kota-kota besar, tak ada lagi lapangan, tanah kosong untuk dijadikan tempat bermain dengan leluasa. Akhirnya anak-anak kehilangan tempat untuk bermain. 

Tentunya bagi anda yang pernah mengenyam masa anak-anak tempo dulu, tentunya pernah merasakan betapa bahagianya saat itu, dimana banyak permainan yang anda lakukan setiap hari bersama teman-teman, dan yang paling seru adalah jika permainan tersebut tidak mengeluarkan biaya yang mahal, bahkan bisa dilakukan tanpa mengeluarkan uang tak seperti zaman saat ini, dimana jika banyak permainan tentunya harus mengeluarkan uang. 

Tentunya anda kangenkan dengan permainan tempo dulu. Untuk mengobati rasa rindu anda dengan permainan zaman dulu, inilah beberapa permaian yang hanya dapat anda temui pada tempo dulu dan saat ini sudah sangat jarang bahkan menghilang dari dunia anak. 

1. Permainan Gasing 

Mengenang Permainan Anak Tempo Dulu Yang Bikin Kangen

Permainan ini ada disetiap daerah di Indonesia dan memiliki bentuk yang berbeda-beda yang terbuat dari kayu. Permainan gasing ini tentunya permainan yang melegenda dan merupakan permainan yang telah ada sejak zaman penjajahan dulu. Cara bermainan gasing tentunya anda sudah hafal jika ada pernah merasakan permainan ini waktu kecil. Permainan ini dimulai dengan lemparkan gasing dengan menggunakan tali ketanah, dan akan berputar. Dalam permainan ini, Jika gasingnya paling lama berputar atau bisa bertahan dalam waktu yang telah ditentukan, maka dialah yang menang. 

2. Permainan Congklak 

Mengenang Permainan Anak Tempo Dulu Yang Bikin Kangen

Saat ini tentunya masih ada permainan ini, khususnya anak cewek. Permainan ini dilakukan dengan menggunakan kelereng, batu dan memiliki tempat berbentuk bundar-bundar (berlubang). Dalam permainan ini tugasnya adalah mengambil biji yang ada didalamnya dan masukkan sebanyak-banyaknya ke lubang biji yang kamu miliki. Biji terbanyak adalah pemenangnya. 

3. Permainan Petak Umpet 


Permainan ini tentunya pernah juga anda lakukan bersama teman-teman anda di waktu dulu bahkan sampai saat ini masih ada untuk anak-anak mainkan. Cara permainan ini adalah mewajibkan satu orang menjadi penjaga dan menutup matanya sesuai dengan waktu ditentukan. Kemudian lainnya harus mencari tempat persembunyian yang baik, agar tidak tertangkap oleh si penjaga. 

4. Permainan Bola Bekel 


Dalam Permainan yang satu ini terdapat lima level dalam memainkannya dimana anda harus melempar bola sambil membalik-balik lima buah biji bekel tersebut. Yang berhasil melewati lima level, maka dia akan menjadi pemenangnya. 

5. Permainan Lompat Tali 


Permainan ini biasanya dimainkan oleh anak-anak cewek. Permainan ini dilakukan sendiri ataupun dengan cara beramai-ramai. Biasanya menggunakan karet gelang atau tali dan cara bermainnya adalah dua orang teman yang akan memutar tali dari sisi kanan dan kiri, dan kamu akan melompati tali tersebut untuk melewati beberapa level untuk menjadi pemenang. 

6. Permainan Kejar-kejaran 


Dalam permainan ini dibutuhkan minimum tiga orang untuk bermain kejar-kejaran ini, dimana kamu harus bisa menyelamatkan diri dengan cara menaruh jari telunjuk dibibir. Kamu bisa bergerak lari lagi dari tempat jika temanmu sudah menyentuh punggung dan kembali berlari lagi. 

7. Permainan Hadang-hadangan 


Dalam permainan ini biasanya dilakukan ditempat terbuka seperti halaman rumah, lapangan. Dalam permainan ini tugasnya adalah menjaga agar temanmu tak melewati batas garis yang telah dibuat. Apabila seluruh lawan masuk ke daerahmu, maka kamu akan kalah. 

8. Permainan Engklek 


Permaian ini dilakukan dengan cara melompati kotak-kotak yang tersedia untuk mengambil biji atau batu yang sudah dilempar sebelumnya. permainan ini disetiap daerahnya memiliki cara yang berbeda dan permainan ini dapat dilakukan dua orang atau lebih. 

10. Permainan Layang-layangan 


Setiap daerah di indonesia tentunya punya sendiri untuk membaut laying-layang ini. Membautnya cukup mudah yaitu dari bamboo dan juga kertas yang sudah disiapkan. Dalam memainkan laying-layang ini cukup cari lapangan luas yang jarang ada orang, dan kemudian terbangkan layangan tersebut setinggi mungkin. 

11. Permainan Ular Naga 


Pada era saat ini permainan ini mulai menghilang padahal permainan ini cukup baik untuk perkemagan anak dalam bersosialisasi bersama teman sebayanya. Dimana permainan ini dimulai dengan nyanyian. Saat lagu sudah berhenti, anak yang berada ditengah ditangkap. Pada saat terakhir, dua orang di paling depan akan saling merebut mangsa. 

12. Permainan Gambar Kertas 


Permainan ini identik dengan anak perempuan karena permainan ini begitu lucu dan mengasah kreativitas untuk memasangkan baju-baju pada boneka dari gambar yang ada sehingga menjadi utuh. Permainan ini saat ini juga hampir punah dan sangat jarang dimainkan oleh anak zaman now. 

13. Permainan Tepok Tazos (Gambar) 


Permainan ini dilakukan oleh anak laki-laki biasanya, dimana semakin kuat tazos yang kamu punya, maka semakin menguntungkan. Tazos yang terbalik kalah, dan yang kalah harus memberikan tazos tersebut kepada pemenangnya. 

14. Permainan Ular Tangga 


Permainan ini dilakukan dengan cara kamu harus mencapai kotak terakhir dari ular tangga tersebut, umumnya terdapat 100 kotak. Dan jika anda menemukan tempat dan kotak yang sesuai, maka dialah yang menjadi pemenanganya. 

15. Permainan Yoyo 


Permainan ini hingga saat ini masih ada bahkan sampai ke penjuru dunia. Permainan yoyo ini begitu popular pada akhir tahun 90-an. Terdapat berbagai macam gerakan serta teknik dari yoyo. Jadi, permainan ini sangat mengasyikan bagi anak-anak bahkan orang dewasa sendiri. 

16. Permainan Lempar Kaleng


Dalam melakukan permainan ini dimana akan tersedia setumpuk kaleng yang harus dihancurkan dengan lemparan bola milikmu. Jadi, bagi yang bisa melemparkan bola dengan mengenai seluruh kaleng tersebut, maka dia adalah pemenanganya. 

19. Permainan Bedil Bambu 


Permaian ini biasanya dilakukan saat bulan puasa. Permainan ini terbuat dari bambumu berukuran besar dimana dalam permainannya, kamu harus melumpuhkan target yang tersedia dengan cara membedilkan atau menembak mereka. Permainan cukup unik dan saat ini permainan telah menghiang keberadaannya. 

20. Permainan Enggrang 


Permainan ini bisa dilakukan dengan dua orang atau lebih sesuai dengan kondisi teman yang akan mengikutinya. Dalam permainan ini, dimana kamu harus menaiki kayu tersebut dan berjalan sampai garis finish. Jika tak terjatuh dalam perjalanan tersebut, maka dialah pemenanganya. 

21. Permainan Terompah Panjang 


Permainan ini dinamakan juga dengan bakiak pada umumnya, dimana permainan ini membutuhkan kekompakan. Dimainkan lebih dari dua orang agar semakin seru, banyak sekali yang jatuh karena kurang kompak, apalagi kaki mereka semua diikat dalam satu tempat. 

22. Permainan Kelereng 

Permainan ini umum dimainkan anak disemua daerah yang ada di Indonesia. Permainan kelereng ini tentunya banyak jenisnya dan tergantung dari daerah masing-masing. Contoh saja didaerah Jambi, permainan kelereng yang umum dilakukan adalah permainan kejar-kejaran dengan dua orang dengan menggunakan satu kelereng, jika mengenai kelereng teman, maka dialah pemenanganya. 

23. Permainan Patok Lele 

Permainan ini juga merupkana permainan yang melegenda banget, dimana dalam permainan ini adan harus melempar kayu kecil dan memukulnya. Permainan ini membutuhkan ketepatan, akurasi, serta kecepatan tangan. Bagi yang mampu melakukannya dengan hitungan tertentu, maka dialah pemenanganya. 

24. Permainan Kelereng dalam Sendok 

Permainan ini kerap dilakukan saat perayaan agustusan atau perayaan hari besar lainnya. Dalam permainan ini tentunya mengajarkan kita untuk bersabar dalam menjaga keseimbangan, dan anda wajib membawa sendok dimulut dengan kelereng diatasnya hingga mencapai garis finish dan siapa yang tidak menjatuhkan kelereng tersebut dialah pemenanganya. 

25. Permainan Roda-rodaan 


Permainan ini menggunakan roda sepeda atau motor atau terbauat dari kayu. Dalam permainan ini anda harus membangun sebuah sepeda dari kayu, kamu bisa bermain bersama teman, saling bergantian dalam mendorong rorodaan tersebut agar tidak terjatuh. Permainan ini seru dan asyik dilakukan ketika sore hari. 

26. Permainan Ketapel 


Ketapel merupakan permainan yang sangat melegenda juga di Indonesia. Permainan ketapel ini dimana anda harus melempar target dengan menggunakan ketapel, permainan ini asyik karena kamu akan membidik target dengan ketapel yang dimiliki. 

27. Permainan Pancasila Lima Dasar 


Dalam Permainan ini, dimana anda harus mengajukan jarimu, kemudian akan dihitung huruf A,B,C,D. Jika jari terakhir menunjukkan huruf J, maka kamu harus menyebutkan satu kata sesuai kategori yang telah disepakati. Misalnya binatang, maka kamu harus katakan Jerapah. Tidak boleh ada pengulangan kata, jadi kamu harus cepat. 

28. Permainan Karet gelang


Permainan ini menggunakan karet gelang, dimana cara permainannya adalah dengan memasang karet gelang ditempat yang sudah tersedi, lalu para pemain berusaha untuk menjatuhkan karet gelang tersebut ketanah. bagi yang mampu menjatuhkan, maka dialah pemenangnya.

29. Permainan Tarik Dahan Pinang


Permainan ini dilakukan oleh dua orang atau lebih, dimana satu orang naik diatas dahan pinang yang sudah kering lalu ditarik. permainan ini seru dan asyik dilakukan pada sore hari dilapangan dan dihalaman rumah.

Itulah beberapa permainan tempo dulu yang membuat ktia kangen akan keberadaannya. Mungkin jumlah permainan diatas masih banyak terdapat di daerah di indonesia ini, namun yang tertulis diatas merupakan permainan yang pernah penulis mainkan saat kecil dulu di kampung halaman. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

4 komentar:

  1. Permainan petak umpet dan kejar-kejaran .... waaaaah itu aku banget masa kecil dulu 😁 !

    Pernah aku cari lokasi ngumpet ke kolam kamar mandi umum yang ngga digunain lagi karena bocor.
    Aku sembunyi didalam kolamnya.
    Tau2 ada orang mau mandi .... aku diam.
    Teman2 ku kedengaran teriak2 hampir selesai permainan ... aku nekad muncul dari dalam kolam ... orang yang lagi mandi teriak kaget, aku juga kaget .. 🤣

    BalasHapus
  2. Permainan badil bambu sama tarik dahan pinang yang belum pernah kumainin.

    BalasHapus
  3. hadang hadangan (ceeeeeeee) gagagagga ingat waktu kecil dulu jadinya,hampir semua permainan saya dulu itu.... 😄😄😄

    BalasHapus
  4. Jadi ingat masa kecil nih, hampir semua permainan pernah dimainkan. Mungkin kalau di kota semua permainan ini sudah di punah, tetapi di desa beberapa permainan masih bertahanbertahan. Seperti lompat tali, kelereng, dan bola bekel. Setiap jam istirahat di SD, saya masih sering melihat siswa bermain permainan itu.

    BalasHapus

ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA :

loading...