Mengenali 7 Gejala Penyakit Jantung dan Cara Mencegahnya - Maschun.com

Breaking

Kamis, 19 April 2018

Mengenali 7 Gejala Penyakit Jantung dan Cara Mencegahnya

BACA JUGA ARTIKEL BERIKUT INI :
loading...
Maschun.com - Penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat berbahaya jika dialami oleh manusia, dan bisa menimbulkan kematian secara mendadak ketika orang terkena serangan jantung ini. Penyakit jantung tentunya banyak penyebabnya dan hal yang umum biasanya karena terlalu capek, stress, tekanan darah tinggi dan juga lelah yang sangat menguras tenaga. Mereka yang mengindap penyakit jantung ini, maka sudah pasti sangat rentan dengan suasana yang panik dan juga bising.
Mengenali 7 Gejala Penyakit Jantung dan Cara Mencegahnya

Nah, Agar anda mengerti dan memahami tentang penyakit jantung ini, maka lebih baik mengenalinya tanda-tanda jika jantung anda sedang bermasalah. Apa saja tanda tersebut?, simak ulasanya untuk mengenali gejala penyakit jantung ini menyerang diri anda :

1. Mengalami Nyeri di Dada

Tanda Pertama yang harus anda pahami adalah terasa nyeri dan sakit di dada secara mendadak. Hal itu disebabkan karena otot disekitar jantung tidak mendapatkan cukup darah sehingga oksigen dan metabolisme tubuh menjadi tidak bekerja dan berfungsi dengan baik. Jika hal itu terjadi, maka penderita akan mengalami kram dan kejang-kejang pada tubuhnya.

2. Mengalami Sesak Napas

Perlu anda ketahuinya Jika gejala sesak napas Ini merupakan gejala yang paling banyak terjadi pada orang yang sedang menderita gagal jantung, dimana sesak napas ini diakibatkan oleh adanya cairan yang masuk ke rongga udara di dalam paru-paru. Jadi, perlu anda perhatikan, Jika anda mengalami sesak napas padahal sebelum tidak pernah alami, maka anda harus berhati, kemungkinan besar jantung anda sedang bermasalah.

3. Mudah Lelah Dalam Bekerja 

Dalam menjalani aktivitas anda sehari pada biasanya anda begitu kuat dan tak mudah lelah, Namun dalam beberapa hari terakhir anda sering mengalami hal yang beda, dimana tubuh anda mudah lelah dan terasa begitu capek. Jika hal itu terjadi, maka anda perlu berhati-hati, karena kemungkinan besar ada masalah dengan jantung anda. Keadaan itu terjadi karena kinerja jantung anda tidak stabil dan efektif memompa darah maka secara otomatis aliran darah yang menuju ke otot-otot pun akan melemah sehingga penderita akan merasa sangat kelelahan secara tiba-tiba.

4. Berdebar-debar dalam tempo waktu yang singkat

Jika jantung anda bermasalah, maka anda akan merasa jantungnya berdebar-debar dalam waktu yang singkat dan mengulangi lagi dalam waktu yang relative singkat, dan anda merasa jika jantung anda memompa sangat kencang. Jadi, perhatikan hal ini terjadi pada diri anda, jika hal itu terjadi terus menerus, maka anda perlu berhati-hati karena bisa jadi itu gejalan penyakit jantung akan menyerang anda.

5. Pusing yang Berlebihan 

Jika seserang terganggu dengan sistem jantungnya, maka mengakibatkan penurunan aliran darah yang dialirkan oleh jantug keseluruh tubuh. Jika ini terjadi, maka secara otomatis dapat membuat kepala kita menjadi sangat pusing dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Jadi, jangan sepelekan jika anda mengalami sakit kepala yang berlebihan setiap hari, karena bisa jadi itu tanda jika jantung anda sedang dalam masalah.

6. Mengalami Pingsan Secara Mendadak

Ketika kepada anda pusing yang berlebihan, maka pikiran akan buyar dan pada akhrnya tubuh hilang kendali dan pada akhirnya akan jatuh pingsan. Jika hal ini terjadi pada diri anda, maka berhati-hatilah, kemungkinan besar ada masalah dengan jantung anda. Periksalah ke dokter agar hal ini tidak memburuk yang akan mengakibat hal yang buruk terjadi pada diri anda nantinya.

7. Suka Berkeringat Tanpa Bekerja

Jika tubuh anda sering mengeluarkan keringat tanpa bekerja, hawa panas, maka anda harus berhati-hati juga, karena kemungkinan besar ada masalah dengan jantung dan paru-paru anda. Biasanya berkeringat di telapak tangan.

Dengan anda mengenali dan memahami gejala penyakit jantung diatas, maka paling tidak akan mengerti dan selalu waspada dengan penyakit yang sangat menakutkan ini terjadi pada diri anda. Namun mencegah tentunya lebih baik daripada mengobati. Nah bicara mengenai perihal cara mencegah datangnya penyakit jantung ini, perhatikan beberapa hal dibawah ini :

A. Isitrahatlah Dengan Teratur

Tak semua waktu harus kau habiskan untuk bekerja, adakalanya anda harus isitrahat juga. Jangan sampai siang hingga malam anda habiskan untuk mencari uang, ada baiknya anda memperhatikan kesehatan anda juga. Jika terus dipaksa dan digempur setiap hari, maka penyakit akan datang menyerang tubuh anda nantinya. Seperti penyakit jantungnya misalnya bisa terjadi karena anda kurang isitirahat dan selalu begadang atau tidur terlalu larut di malam hari. 

Jadi istirahatlah, tidurlah dengan nyenyak dan teratur agar tubuh dan pikiran anda rileks dan hal ini tentu baik jgua untuk menjaga kinerja jantung anda dan anda terhindari penyakit jantung ini berlabuh pada diri anda.

B. Bangun Pagi 

Biasakan untuk bangun pagi, selain baik bagi kehidupan anda tentunya juga baik bagi kesehatan anda. Untuk bisa bangun pagi, Maka Jangan tidur terlalu malam yang membuat anda tidur hingga kesiangan. Dengan anda bangun pagi, maka ini salah satu metode untuk mencegah resiko penyakit jantung sejak dini terjadi pada diri anda.

C. Jangan dan Berhentilah Merokok

Indonesia merupakan konsumen terbesar yang masyarakatnya adalah perokok aktif. Padahal mereka sudah mengetahui jika merokok itu tidak sehat. Padahal juga merokok seperti yang tertulis di bungkus rokok sudah jelas akan terkena serang jantung dan merupakan penyebab terjadinya penyakit jantung. Jadi, Jika anda tidak merokok, maka jangan merokok dan bagi andayang sudah terlanjur merokok, maka pertimbangankan dengan baik untuk berhenti dari saat ini demi kesehatan jantung anda.

D. Jangan Minum Alkohol

Hindari diri anda dari minuman beralkohol, selain itu haram dan diosa dalam islam, Minuman ini tentunya akan merusak kesehatan tubuh kita, banyak sekali efek buruk yang akan kita dapat jika kita terus mengkonsumsinya. Minuman beralkohol adalah bagian dari penyebab terjadinya penyakit jantung, maka anda harus menghindari untuk mengkonsumsi minuman yang beralkohol ini.

E. Olahragalah Dengan Teratur

Dengan anda rajin berolahraga maka dapat mengurangi resiko teradinya penyakit jantung. Dengan anda berolahraga maka tubuh anda akan sehat dan bugar pastinya. Jadi, berolahrahalah dengan teratur agar anda terhindari dari penyakit dalam tubuh anda.

F. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung banyak Serat

Makanan yang mengandung banyak serat sangat bagus untuk mencegah penyakit jantung. Orang-orang yang sudah menderita penyakit jantung juga direkomendasikan untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan berserat ini. 

G. Mengkonsumsi Banyak Sayur-sayuran

Dengan anda suka mengkonsumsi sayur , maka tubuh anda akan mendapatkan nutrisi, vitamin dan zat-zat penting lainnya yang sangat penting untuk kesehatan. Dengan mengkonsumsi sayur pula, maka dapat mencegah resiko-resiko penyakit jantung yang akan menyerang diri anda.

H. Jangan Mengkonsumsi Makanan yang Berlemak

Demi jantung anda, maka mulai sekarang hindari makanan-makanan yang banyak mengandung lemak. Kandungan lemak pada makanan akan dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung pada diri anda nantinya.

I. Jangan Mengkonsumsi Makanan yang Berkolesterol Tinggi

Bahaya kolesterol ini sangat berpengaruh akan kesehatan jantung kita. Kolesterol juga merupakan penyebab memicunya penyakit jantung. Jadi, demi kesehatan jantung anda, maka anda harus menghindari makanan-makanan yang mengandung kolesterol ini. 

J. Belilah Makanan yang Khusus Untuk kesehatan Jantung

Demi kesehatan jantung anda, tidak salahnya anda mengeluarkan uang anda untuk membeli makanan yang dikhususkan untuk kesehatan jantung ini. Hal itu dilakukan untuk menjaga serta meingkatkan kesehatan jantung Anda. Beberapa makanan sperti ikan salmon, tomat, minyak zaitun, gandum, buah apel dan almond. 

Dengan menjalani pola hidup sehat dan selalu waspada dalam memahami tentang gejala penyakit jantung ini dan cara mencegahnya datang kepada diri anda, Maka diri anda bisa terhidar dari penyakit jantung tersebut. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, Jagalah selalu kesehatan anda, agar anda dapat menikmati hidup dengan sempurna, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar