Kiat Sukses Menjadi Konsumen Cerdas Dalam Memanfaatkan Perkembangan Ekonomi Digital - Maschun.com

Breaking

Sabtu, 07 April 2018

Kiat Sukses Menjadi Konsumen Cerdas Dalam Memanfaatkan Perkembangan Ekonomi Digital

Generic Banner
Konsumen Cerdas di Era Digital - Semarak kemajuan ekonomi digital dewasa ini semakin berkembang pesat. Perkembangan ini tentunya disambut baik oleh masyarakat selaku konsumen karena dapat menunjang segala kebutuhan dapat dimiliki dengan mudah. Apalagi di dukung dengan jaringan internet yang semakin mudah untuk akses, membuat peluang usaha juga semakin mudah untuk di dapatkan. 
Kiat Sukses Menjadi Konsumen Cerdas Dalam Memanfaatkan Perkembangan Ekonomi Digital

Dengan perkembangan ekonomi digital ini, tentunya juga dapat memberi lapak yang baik juga untuk toko offline yang saat ini semakin terpuruk karena sulitnya mendapatkan konsumen. Seharusnya mereka juga memanfaakan kemajuan teknologi digital ini untuk membuka lapak online juga agar mampu bersaing dalam kemajuan ekonomi digital ini jika tak ingin gulung tikar nantinya. 

Melihat kondisi tersebut, tentunya ada untung da ruginya dari persaingan yang terdapat dalam kemajuan ekonomi digital ini, namun pada kenyataannya tentunya terdapat pada pelaku usaha dan bisnis itu sendiri, Jika mereka ingin sukses juga, tentunya mereka harus turun tangan dalam memanfaatkan kemajuan digital ini untuk perkembangan usaha dan bisnis mereka. 

Lalu bagaimana dengan konsumen sendiri dalam menyikapi semarak kemajuan ekonomi digital ini?, tentunya juga ada untung dan ruginya, namun yang terlihat saat ini adalah keuntungan, salah satunya adalah dari segi waktu. Salah satu contohnya adalah Jika belanja pada umumnya harus datang langsung ke tokonya yang biasanya cukup menguras waktu karena macet atau pun jaraknya jauh, namun karena ada perkembangan ekonomi digital yang menciptakan toko online, maka dengan leluasa, dimanapun berada bisa mendapatkan barang dan jasa yang dibutuhkan. 

Lalu bagaimana dari segi keamanan dan kenyamanannya?, Jika melihat perkembangan adanya transaksi yang dilakukan dengan cara online, tentunya ada yang aman dan ada juga yang kurang aman. Hal ini terdeteksi ketika ada beberapa hal yang membaut transaksi ini tidak aman karena adanya hacker dan orang yang yang hanya memanfaatkan konsumen untuk bisa memetik keuntungan alias penipuan. 

Bagaimana cara cerdas menfaatkan kemajuan eekonomi digital ini agar aman, nyaman dan bisa mengambil keuntungan dari perkembangan dunia digital saat ini?, Untuk menjelaskan pertanyaan ini, maka simak ulasannya dibawah ini dalam kiat cerdas dan sukses masyarakat dalam memanfaatkan perkembangan ekonomi digital diera modern ini : 

1. Telitilah dalam membeli barang dan jasa 

Jika anda menggunakan media toko online untuk membeli barang jasa yang anda inginkan dan butuhkan, maka telitilah dalam memilihnya. Teliti dalam segi keamanan transaksinya, kualitas barang yang dijual dan juga keamanan barang yang anda beli tersebut. 

Jangan sampai anda bertransaksi di toko online yang tidak aman dengan data diri anda karena hal ini akan menjadi lapak bagus untuk para penipu yang ingin mengambil keuntungan dari transaksi anda. Dan juga jika toko online tempat anda membeli produk tersebut belum terpercaya dan kontroversi, maka lebih baik carilah toko online yang sudah dipercaya oleh masyakakat untuk menghidari hal yang buruk terjadi bagi diri anda. 

2. Bertanya sebelum membeli di Toko Online tersebut 

Sebelum anda ingin membeli barang yang anda inginkan dan butuhkan lewat jasa toko online, maka bertanya terlebih dahulu kepada kerabat, sahabat, teman dan tetangga yang pernah belanja ditempat tersebut agar anda mengetahui, apakah produk bagus, berkualitas dan terjamin keamanannya. 

3. Jangan termakan iklan dan juga keuntungan yang di dapat 

Jangan termakan iklan dan promo dari toko online yang mengatakan produk terbaik dan hal lain sebaaginya sebelum anda mengetahui kebenarannya. Selidiki dahulu sebelum anda membelinya agar anda tidak terjebak dalam barang dan jasa yang hanya akan merugikan anda nantinya. 

4. Carilah tempat yang aman untuk bertransaksi 

Jika transaksi yang dilakukan antar penjual dan pembeli melalui media toko online tersebut, maka jika anda membeli abrang tersebut, maka carilah tempat yang aman untuk bertransaksi agar aman dan terhindari dari hal yang tidak diinginkan. 

5. Jika Kurang paham akan toko online, lebih baik beli di toko offline saja 

Tak ada salahnya jika anda tidak nyaman dan belum percaya dengan kualitas dan produk yang terjual di toko online, ada baiknya juga belanja menggunakan jasa too offline juga karena tidak biasanya barang yang terjual di toko online juga tak seindah dengan yang anda lihat dan toko offline lebih baik jika anda ragu menggunakan jasa toko online ini. 

6. Jangan mementingkan brand yang penting berkualitas 

Jangan terlalu fokus pada brand saja ketika anda membeli barang dan jasa yang anda inginkan dan butuhkan. Hanya karena brand itu terkenal dan mendunia, maka anda tergiur untuk membelinya tanpa perhitungan lagi. Lebih baik anda cermati dahulu sebelumnya, karena brand tak selalu berkualitas. 

7. Belilah produk sesuai dengan kebutuhan dan manfaat yang tepat 

Jangan terlalu tergiur dengan kemudahan yang ditawarkan oleh toko online yang marak saat ini yang bertebaran iklan di media. Anda harus mementingkan kebutuhan bukan sekedar keinginan saja agar tepat guna dan tidak menghabiskan uang anda untuk barang yang tidak ada manfaatnya. 

8. Hati-hati penipuan mengatasnamakan hadiah dari ini dan itu tanpa ada menelusuri dengan baik 

Hati-hati dalam hal promo dan juga undian karena toko online memang sering mengadakan event seperti ini, namun jika anda mendapatkan hal ini, maka pastikan itu benar-benar anda dan hubungi brand yang mengadakan hal itu agar anda tidak tertipu muslimat mereka yang tak bertanggungjawab. 

9. tak Cuma terlena dengan perkembangan teknolgi digital tumbuh dengan pesat, Manfaatkan kemajuan teknologi untuk buka usaha dan bisnis juga 

Bagi anda yang memiliki ide bisnis dan usaha, tak ada salahnya juga ikutsert dalam perkembangan ekonomi digital ini. Jangan Cuma bisa belanja saja, manfaatkan juga usaha dan bisnis anda untuk bisa sukses diera digital ini. 

10. Memperkenalkan produk lokal dengan memanfaatkan pertumbuhan ekonomi digital 

Jangan Cuma gemar memamerkan brand luar negeri dengan membuka toko online ini. Dengan kemudahan dan jaringan akses internet yang luas, maka saatnya kita juga harus memperkenalkan produk lokal ke mata dunia dan ini bisa menjadi solusi bagi anda untuk mengembangkan usaha dan bisnis anda. 
Konsumen cerdas di era digital

Itulah beberap hal yang patut dipertimbangan dalam memanfaatkan kemajuan ekonomi digital seperti saat ini, semoga saja masyarakat Indonesia menjadi konsumen cerdas di era digital dan semakin bijak dalam menggunakan dan memanfaatkan kemajuan tekonolgi digital diera modern ini. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA :

loading...