Bersama Universitas Tanjungpura (UNTAN) Membangun Negeri - Maschun.com

Breaking

Minggu, 01 April 2018

Bersama Universitas Tanjungpura (UNTAN) Membangun Negeri

Generic Banner
Bersama Universitas Tanjungpura (UNTAN) Membangun Negeri – Pada review blog kali ini, Penulis ingin membahas tentang salah satu lembaga pendidikan formal yang ada di Indonesia ini yaitu Universitas Tanjungpura. Namun sebelum mengupas tuntas tentang tempat pendidikan tersebut, Penulis ingin mengucapkan, Apakabar pembaca semuanya, Semoga anda semua dalam keadaan sehat walafiat, amin. Tak lupa pula penulis mengatakan banyak terima kasih kepada pembaca semuanya karena telah berkunjung dan meluangkan waktunya untuk membaca artikel di Maschun.com ini. 
Bersama UNTAN Membangun Negeri

Bicara mengenai lembaga Pendidikan di Indonesia sendiri, Tentunya ada pendidikan yang dikelolah oleh pemerintah dan juga swasta. Namun baik itu lembaga pendidikan pemerintah dan swasta tentunya memiliki tujuan yang sama yaitu mencerdaskan, dan memajukan bangsa Indonesia terutama generasi penerus bangsa ini melalui ilmu pengetahuan yang mereka berikan pastinya. 

Hingga Saat ini, lembaga yang ada di tanah air ini tentunya telah tersebar dari sabang hingga marauke dan telah memberikan tempat yang baik dan fasilitas yang lengkap untuk bisa memopang laju nya proses pendidikan di Indonesia ini. Karena kita sangat menyadari jika pendidikan itu adalah sangat penting, maka pendidikan di indonesia harus terus berupaya memberikan lapak dan wadah bagi generasi bangsa untuk bisa menuntut ilmu dengan nyaman, berkualitas dan juga terorganisir dengan baik. 

Dari itulah, Keberadaan dari Universitas Tanjungpura ini tentunya memiliki visi dan misi yang tak jauh dari peran lembaga pendidikan itu berdiri yaitu ingin memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia ini lewat ilmu yang di dapat dari UNTAN ini. Apa saja yang membuat Universitas Tanjungpura ini menjadi hal yang patut dipertimbangakan menjadi salah pusat pendidikan terbaik di Indonesia ini?, Berikut ulasannya mengenai salah satu Universitas yang mengedepankan nilai-nilai luhur pendidikan untuk generasi bangsa Indonesia. 

Sejarah Berdirinya Universitas Tanjungpura (UNTAN) 

Universitas Tanjungpura Merupakan sebuah lembaga pendidikan negeri yang berada di Kota Pontianak, Kalimantan Barat Indonesia. Jika menelusuri sejarahnya, Universitas Tanjungpura ini didirikan pada tanggal 20 Mei 1959 dengan nama awalnya adalah Universitas Daya Nasional di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Daya Nasional yang dikelolah oleh pihak swasta. 
Bersama UNTAN Membangun Negeri

Pendiri dari Universitas Tanjungpura ini adalah tokoh-tokoh politik dan pemuka masyarakat Kalimantan Barat. Pada awal berdirinya universitas ini hanya memiliki dua fakultas saja yaitu Fakultas Hukum dan Fakultas Tata Niaga. Para tenaga pengajar pada masa-masa tersebut adalah para sarjana dan sarjana muda yang terdapat di daerah Kalimantan Barat. 

Perubahan status Universitas Daya Nasional berubah menjadi Universitas Negeri Pontianak berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 53 Tahun 1963 Tanggal 16 Mei 1963. Namun tanggal peringatan penetapan status universitas negeri ditetapkan 20 Mei 1963 dengan nama Universitas Negeri Pontianak dan ditandai pula dengan dibukanya dua fakultas baru yaitu Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik serta perubahan nama Fakultas Tata Niaga menjadi Fakultas Ekonomi. 

Sejalan dengan situasi politik RI tahun 1965, nama universitas diubah menjadi Universitas Dwikora (berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 278 Tahun 1965 tanggal 14 September 1965), sekaligus menandai pembukaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol). 

Akhirnya nama Universitas Dwikora berganti lagi menjadi Universitas Tanjungpura, berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 171 Tahun 1967. Nama Universitas Tanjungpura ini berasal dari nama Kerajaan Tanjungpura. Hingga saat ini, UNTAN telah berkembang dan telah memiliki sembilan Fakultas seperti : 

A. Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNTAN 

Bersama UNTAN Membangun Negeri

Untuk Fakultas Ekonomi ini didirikan pada tahun 1959 dan juga merupakan fakultas tertua di Universitas Tanjungpura. Sampai saat ini, Fakultas Eonomi terus mengembangkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di Kalimantan Barat untuk menjadi Pusat Informasi Ekonomi di Kalimantan Barat dan juga menjadi lembaga yang selalu menghasilkan lulusan yang kompeten untuk kondisi ekonomi yang lebih baik di Indonesia. 

B. Fakultas Hukum UNTAN 

Bersama UNTAN Membangun Negeri

Untuk Fakultas Hukum di UNTAN ini memiliki visi ingin menjadi lembaga pusat studi hukum di kalimantan barat, yang menghasilkan sumber daya manusia yang lebih baik yang dapat bersaing di tingkat lokal, regional, nasional, dan internasional. Melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat direncanakan dan melanjutkan, Fakultas Hukum terus menghasilkan lulusan yang baik dengan kompetensi akademik yang tinggi. 

C. Fakultas IKIP UNTAN 

Bersama UNTAN Membangun Negeri

Fakultas Pendidikan dan Pelatihan Guru sebagai lembaga pendidik menghasilkan guru atau pendidik dengan melakukan pendidikan dan penelitian teladan yang berimbang dengan efektif, restrukturisasi, dan sistem deregulasi.Sebagai fakultas dengan mahasiswa terbanyak di harapkan dapat meningkatkan taraf kepedulian terhapap pendidikan masyarakat Kalimantan Barat. 

D. Fakultas ISIPOL UNTAN 

Bersama UNTAN Membangun Negeri

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mempersiapkan lulusan yang kompeten untuk kebutuhan lokal dan nasional. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pada tahun 2020 ingin menjadi lembaga pusat Politik, Sosial, dan Budaya di Kalimantan Barat khususnya dan Indonesia secara umumnya dengan tujuan selalu mempertahan kan nilai2 luhur serta aspek aspek sosial dalam kehidupan berpolitik atau sebaliknya. 

E. Fakultas Kedokteran UNTAN 

Bersama UNTAN Membangun Negeri

Menghasilkan lulusan berkualitas tinggi yang kompetitif dan profesional di regional, nasional, maupun internasional untuk mewujudkan Kalimantan Barat yang lebih baik. Kami membimbing siswa untuk mengembangkan potensi mereka dengan memfasilitasi mereka dengan ilmu pengetahuan dasar dan menyelesaikan penerapan dalam masalah kesehatan. Kami juga mengembangkan pengetahuan profesional dan keterampilan untuk meningkatkan kinerja lulusan. 

F. Fakultas Kehutanan UNTAN 

Bersama UNTAN Membangun Negeri

Pada tahun 2020, Fakultas Kehutanan ingin menjadi lembaga unggul di penelitian dan pengembangan ilmu kehutanan yang dapat digunakan untuk pertumbuhan dan kesejahteraan masyarakat. Fakultas Kehutanan juga memproduksi sarjana profesional yang kompeten untuk kebutuhan lokal, nasional, dan internasional. 

G. Fakultas MIPA UNTAN 

Bersama UNTAN Membangun Negeri

Sebuah lembaga ilmu pasti dan ekstensi yang menghasilkan lulusan dengan karakter berkualitas yang mampu bersaing di tingkat lokal, nasional, dan internasional. Kami mendidik, meneliti, dan mengembangkan ilmu pasti dalam lingkungan.Tujuan kami adalah terus berinovasi dan mengembangkan iptek guna kemajuan riset dan teknologi di masyarakat 

H. Fakultas Pertanian UNTAN 

Bersama UNTAN Membangun Negeri

Fakultas Pertanian ingin menjadi pusat teknologi informasi dalam ilmu pertanian. Fakultas Pertanian terus mengembangkan ilmu pertanian lingkungan dan lanjutan di daerah lokal atau nasional serta berkontribusi aktif kepada masyarakat denga terus melakukan inovasi dan implementasi dalam teknologi ilmu pertanian dengan tujuan memajukan bangsa. 

I. Fakultas Teknik UNTAN 

Fakultas Teknik terus menghasilkan lulusan yang kompeten untuk kebutuhan lokal dan regional. Fakultas Teknik mendidik mahasiswa untuk memiliki keterampilan yang baik dalam bidangnya, menguasai teknologi, dan mengkontribusikan kreativitas mereka untuk kehidupan sosial guna kemjuan bangsa dan terus mengembangan penerapan ternologi dalam pembangunan. 
Bersama UNTAN Membangun Negeri

Untuk Program Studi Fakultas Teknik ini terdiri dari program Sarjana seperti Elektro, Informatika, Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkunga, Teknik Industri, Teknik Pertambangan, Teknik Kelautan, Teknik Mesin, Perencanaan Wilayah Kota, dan Teknik Kimia. Sementara untuk program Pascasarjana ada Magister Sipil, dan Magister Elektro. 

J. Pendaftaran Masuk UNTAN 

Bersama UNTAN Membangun Negeri

Untuk anda yang ingin menuntut ilmu di Universitas Tanjungpura, Saat ini UNTAN sedang membuka penerimaan Mahasiswa baru 2018, dengan prosedur sebagai berikut : 
  • Pendaftaran SBMPTN 2018 dilakukan secara online 
  • Tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. 
  • Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.ac.id mulai tanggal 29 Maret 2018. 
  • Untuk Info Lebih lanjut mengenai Universitas Tanjungpura ini dapat diakses di Website Resmi : http://www.untan.ac.id 
  • Atau datang langsung ke UNTAN ini Dengan Alamat : Jl. Prof.Dr.H.Hadari Nawawi / Jendral Ahmad Yani, Pontianak - Kalimantan Barat (78124), Telepon: (0561) 739630, Email: untan59@untan.ac.id, dan Fax: (0561) 739637. 
  • Dan ingat, Pendaftaran online UTBC dan UTBK mulai tanggal 5 April 2018 pukul 08.00 WIB dan berakhir tanggal 27 April 2018 pukul 22.00 WIB. Pendaftaran online UTBK akan ditutup apabila jumlah kuota pendaftar telah terpenuhi. 
Nah, Itulah beberapa hal yang penulis dapat sampaikan tentang lembaga pendidikan yang berada di kota Pontianak, Kalimantan Barat ini. Bagi anda, keluaga, sanak family yang ingin mendapatkan pendidikan lengkap, terpercaya untuk meraih masa depan, baik itu yang berada di Pontianak sendiri maupun di seluruh Indonesia, Jika mencari Universitas terbaik saat ini, UNTAN bisa jadi solusi yang tepat bagi anda. 

Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, Tuntutlah Ilmu sampaik ke negeri cina Bersama UNTAN Memajukan Negeri. Akhir dari kalimat, terima kasih telah menyimak ulasanya penulis diatas, sukses selalu untuk anda dan juga Universitas Tanjungpura dalam memberikan yang terbaik untuk Bangsa Indonesia ini, terima kasih.

14 komentar:

  1. maju terus UNTAN ya
    semoga makin bersaing dengan universitas lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, semoga juga semakin memberikan yang terbaik untuk pendidikan di indonesia khususnya di pontianak

      Hapus
  2. Wahh lengkap ya
    Jadi nostalgia dan kangen kampus ku juga nihh

    BalasHapus
  3. Saya ingin masuk isipol. Ternyata sudah lama juga berdirinya universitas untan ini. Sungguh luar biasa. Maju terus demi pendidikan bangsa indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan mas, daftar online bisa juga di UNTAN ini

      Hapus
  4. Tak kira cuma UNS Solo saja yang dulu berawal dari kampus swasta kemudian jadi kampus berstatus "negeri". Lumayan panjang juga perjalanan UNTAN. Dari awal berdiri yang cuma punya 2 fakultas, sekarang sudah semakin melebarkan sayap dan punya 9 fakultas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, dengan sejarah yang panjang tentunya kualitas pendidikan juga akan terus berkembang dan terbaik pastinya

      Hapus
  5. Sebagai salah universitas negeri, UNTAN tentu menjadi pilihan bagi para siswa di Kalimantan. Semoga UNTAN bisa terus meningkatkan kualitas pendidikan untuk kemajuan bangsa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, semoga UNTAN juga memberikan pendidikan yang berkualitas juga bukan hanya sekedar BISNIS saja

      Hapus
  6. wah saya kira ada di tanjung pura dekat kampung saya mas, heehee. sekarang untuk pendafran sudah dipermudah dengan adanya mediasi secara online ya, jadi bagi mahasiswa baru ngak perlu capek dan repot, cukup daftar online langsung ujian deh

    BalasHapus
  7. Bersama UNTAN memajukan negeri. UNTAN tampaknya semakin berkibar ini. Mantaps.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, Semoga saja dapat memberikan yang terbaik untuk Indonesia

      Hapus

ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA :

loading...