Bersama UNTAN Membangun Negeri

Bersama UNTAN Membangun Negeri - Sejak dilahirkan ke atas dunia ini sebenarnya kita telah menerima pendidikan yaitu pendidikan yang berasal dan diberikan oleh orang tua kita. Kita diberi pendidikan untuk bisa berbicara, bisa makan, mandi, berjalan, memakai baju, dan yang hal mendasar untuk bisa mengarungi waktu kehidupan selanjutnya. 
Bersama UNTAN Membangun Negeri

Seiring dengan bertambahnya usia kita, maka pendidikan yang kita terima semakin banyak. Saat umur kita menginjak usia 3 tahun, kita mulai mengenal dunia pendidikan formal yaitu PAUD, sekolah dasar di usia 6 atau 7 tahun, SMP 11 atau 12 tahun, SMA 14 atau 15 tahun dan begitu selanjutnya hingga akhirnya menempuh pendidikan di perguruan tinggi. 

Berbicara mengenai tahapan tersebut, tentunya kita harus mengerti terlebih dahulu mengenai pengertian, tujuan serta manfaat yang terkandung dalam pendidikan yang kita tempuh dan jalani tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak ulasanya dibawah ini : 

Pengertian Pendidikan Secara Umum 


Setiap orang sudah pasti mengenal istilah pendidikan, namun belum pasti ia dapatmemhami dengan baik apa itu pengertian dari Pendidikan tersebut. Untuk itulah, dalam ulasan ini penulis ingin berbagai informasi mengenai pengertian Pendidikan secara umum. 

Pengertian Pendidikan secara umum adalah sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran untuk peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. 

Pendidikan juga dapat diartikan sebagai usaha sadar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup atau untuk kemajuan lebih baik. Secara sederhana, Pengertian pendidikan adalah proses pembelajaran bagi peserta didik untuk dapat mengerti, paham, dan membuat manusia lebih kritis dalam berpikir. 

Pendidikan dapat diperoleh baik secara formal dan non formal. Pendidikan secara formal diperoleh dengan mengikuti program-program yang telah direncanakan, terstruktur oleh suatu insititusi, departemen atau kementtrian suatu negara. Sedangkan pendidikan non formal adalah pengetahuan yang diperoleh dari kehidupan sehari-hari dari berbagai pengalaman baik yang dialami atau dipelajari dari orang lain. 

Tujuan Pendidikan Secara Umum 


Setelah diatas kita sudah mengerti tentang pengertian dari Pendidikan, maka kita harus mengerti juga tujuan dari pendidikan itu sendiri secara umum. Tujuan pendidikan umum adalah untuk mengubah segala macam kebiasaan buruk yang ada di dalam diri manusia menjadi kebiasaan baik yang terjadi selama masa hidup, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas diri menjadi pribadi yang mampu bersaing dan menjawab berbagai tantangan di masa depan. 

Manfaat Pendidikan Secara Umum 


Jika ada tujuan, sudah pasti harus ada manfaat yang harus didapat dalam melakukan sesuatu. Seperti itu juga apa yang menjadi manfaat dari kita menempuh pendidikan di dalam kehidupan kita diatas dunia ini. Apa saja manfaat secara umum dari kita memiliki pendidikan tersebut diantaranya : 
  • Memberikan Informasi dan Pemahaman 
  • Menciptakan Generasi Penerus Bangsa 
  • Memperdalam Suatu Ilmu Pengetahuan 
  • Gelar Pendidikan untuk Karier 
  • Membentuk Pola Pikir yang Ilmiah 
  • Mencegah Terbentuknya Generasi yang kurang pintar
  • Menambah Pengalaman Peserta Didik 
  • Mencapai Aktualisasi Diri 
  • Mencegah Terjadinya Tindak Kejahatan 
  • Mengajarkan Fungsi Sosial Dalam Masyarakat 
  • Meningkatkan Produktivitas 
  • Mengoptimalkan Talenta Seseorang 
  • Membentuk Karakter Bangsa 
  • Memperbaiki Cara Berpikir Individu 
  • Meningkatkan Taraf Hidup Manusia 
  • Membentuk Kepribadian Seseorang 
  • Mencerdaskan Anak-anak Bangsa 
  • Menjamin Terjadinya Integrasi Sosial 
  • Meningkatkan Kreativitas 
  • Menciptakan Anak-anak Bangsa yang Cerdas 
  • Tahapan Pendidikan Di Indonesia 

Beberapa Tahapan pendidikan yang ada di Indonesia : 

  • Pendidikan pada usia dini 
Pendidikan pada usia dini bertujuan untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan seorang anak dalam mempersiapkan diri menerima pendidikan yang lebih lanjut, baik itu secara jasmani maupun rohani. Pendidikan pada usia dini lebih dikenal sebagai PAUD, dengan peserta dimulai dari 0 (nol) tahun dan maksimal adalah 6 (enam) tahun. Hal ini tertuang dalam Undang-undang yang diatur pemerintah Nomor 20 (dua puluh ) pada tahun 2013, dan pasal yang berhubungan dengan hal tersebut adalah Pasal 1 (Pertama ) dengan Butir 14 (Empat belas) dimana pembahasannya mengenai Sistem Pendidikan Nasional. 
  • Pendidikan wajib 9 tahun 
Pendidikan wajib 9 (Sembilan) tahun merupakan program wajib dari pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia. Banyak dari masyarakat Indonesia yang tidak memiliki pendidikan yang mencukupi, sehingga hal ini akan berdampak pada masa depan calon penerus bangsa. Oleh karenanya, pendidikan wajib selama sembilan tahun disebut sebagai pendidikan paling dasar, yang mana dibagi menjadi Sekolah Dasar 6 ( Enam ) tahun dan Sekolah Menengah Pertama selama 3 (Tiga ) tahun. 
  • Pendidikan Sekolah Menengah 
Pendidikan Sekolah Menengah merupakan program pendidikan lanjutan dari jenjang Pendidikan dasar. Dalam pendidikan ini, para peserta didik mulai diberikan pendidikan yang lebih spesifik berdasarkan kemampuan, minat dan bakat yang mereka miliki. Jika peserta didik memilih melanjutkan pendidikan di tingkat SMK, peserta didik akan memiliki keahlian yang lebih khusus sehingga akan mempermudah peserta didik untuk menemukan lapangan pekerjaan jika mereka enggan atau tidak mampu melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. 
  • Pendidikan Perguruan Tinggi 
Pendidikan perguruan tinggi merupakan pendidikan lanjutan yang berbasis akademik ataupun profesional guna menunjang karir yang ingin dicapai. 

Lembaga Pendidikan Di Indonesia 

  • Lembaga Pendidikan Informal 
Pendidikan informal ialah pendidikan yang terjadi di lingkungan keluarga, dimana keluarga merupakan wadah pertama kali seorang anak memperoleh didikan dan bimbingan langsung oleh anggota keluarganya terutama orang tua. Anak akan lebih sering dan banyak menerima asupan pendidikan di lingkungan keluarga, sehingga pendidikan informal ini sangat diutamakan. Pendidikan di lingkungan keluarga inipun tidak mengenal ruang dan waktu, bisa dilakukan kapan saja dan sampai kapanpun tanpa ada batasan usia. 
  • Lembaga Pendidikan Formal 
Lembaga pendidikan formal yaitu sebuah lembaga pendidikan yang memiliki aturan-aturan, teratur dan sistematis serta memiliki tingkat jenjang pendidikan yang dimulai dari tingkat SD sampai dengan Perguruan Tinggi. Pendidikan formal ini memiliki batas usia yang berlaku dari SD hingga SLTA. Wadah pendidikan ini ialah sekolah dan memiliki banyak perbedaan dengan pendidikan yang diperoleh di lingkungan keluarga. 

Dalam pendidikan formal ini proses belajarnya diatur, tingkatan kelas yang berbeda-beda, mengikuti aturan kurikulum, materi pelajaran bersifat intelektual, akademis dan berkesinambungan serta memiliki anggaran atau biaya pendidikan yang ditentukan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Lembaga pendidikan yaitu pendidikan di sekolah ini merupakan lanjutan dari pendidikan di lingkungan keluarga dan merupakan jembatan bagi anak untuk terjun dalam kehidupan bermasyarakat. 
  • Lembaga Pendidikan Non Formal 
Lembaga non formal ini didapat atau diperoleh dari lingkungan masyarakat. Apa yang terjadi di masyarakat merupakan pendidikan dan pembelajaran bagi setiap individu. Layanan pendidikan di lingkungan masyarakat ini dibutuhkan warganya sebagai tambahan, pengganti atau pelengkap dari pendidikan yang diperoleh di sekolah atau d rumah. 

Materi yang didapat bersifat praktis dan sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat saat itu. Pembelajaran ini diperoleh secara langsung atau praktik. Program yang dibuatpun sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Berbeda dengan pendidikan formal dan in formal, dimana pendidikan di masyarakat tidak mengenal jenjang usia dan waktu yang tidak ditentukan. 

Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia 

  • Universitas 
Universitas terdiri dari sejumlah fakultas yang menyelenggarakan Pendidikan Akademik dan/atau Pendidikan Vokasi dalam sejumlah ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni. Jadi Universitas bisa menyelenggarakan dua jenis pendidikan tinggi nih, yaitu Pendidikan Akademik dan Pendidikan Vokasi. 

Universitas juga bisa menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai rumpun ilmu tanpa batas. Misalnya, rumpun ilmu agama (syariah, ekonomi islam, ilmu penerangan agama Hindu, dan sebagainya), rumpun ilmu humaniora (filsafat, sejarah, bahasa, dan sebagainya), rumpun ilmu sosial (sosiologi, psikologi, ekonomi, dan sebagainya), rumpun ilmu alam (ilmu angkasa, ilmu kebumian, kimia, dan sebagainya), rumpun ilmu formal (komputer, matematika, statistika, dan sebagainya) dan rumpun ilmu terapan (pertanian, arsitektur dan perencanaan, bisnis, dan sebagainya). Jadi, bisa dibilang univeristas adalah perguruan tinggi yang menyediakan apa pun kebutuhan pendidikan tinggi.
  • Institut 
Institut terdiri atas sejumlah fakultas yang menyelenggarakan Pendidikan Akademik dan/atau Pendidikan Vokasi dalam sejumlah ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Sama seperti Universitas, Institut bisa menyelenggarakan dua jenis pendidikan tinggi juga Pendidikan Akademik dan Pendidikan Vokasi. 

Bedanya, fakultas-fakultas dalam sebuah institut berasal dari satu jenis keilmuan saja. Berbeda, dong, dengan universitas yang fakultas-fakultasnya berasal dari berbagai jenis keilmuan. Misalnya, Institut Teknologi Bandung (ITB) hanya fokus kepada rumpun ilmu alam, sehingga fakultas-fakultas di ITB hanyalah yang terkait dengan ilmu alam, seperti ilmu angkasa, ilmu kebumian, ilmu biologi, ilmu kimia, ilmu fisika, dan sebagainya. 
  • Sekolah Tinggi 
Sekolah Tinggi adalah perguruan tinggi yang melaksanakan Pendidikan Akademik dan/atau Pendidikan Vokasi dalam sejumlah ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Sama seperti Universitas dan Institut, Sekolah Tinggi bisa menyelenggarakan Pendidikan Akademik dan Pendidikan Vokasi. 

Namun, berbeda dengan Universitas dan Institut, Sekolah Tinggi cuma terdiri dari satu fakultas yang terbagi ke dalam berbagai program studi. Misalnya, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi hanya menyediakan program studi-program studi dari Fakultas Komunikasi, seperti Hubungan Masyarakat, Penyiaran, Periklanan, dan sebagainya. 
  • Politeknik 
Politeknik adalah sekolah tinggi yang hanya menyelenggarakan Pendidikan Vokasi. Jadi Politeknik nggak menyelenggarakan Pendidikan Akademik, gaes.Sesuai dengan jenis pendidikan tinggi yang ditawarkan, tujuan politeknik sendiri tentunya untuk mempersiapkan peserta didiknya untuk menjadi anggota masyarakat yang punya kemampuan profesional agar mampu menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi agar taraf hidup masyarakat dan kesejahteraan umat manusia meningkat. 
  • Akademi 
Sama seperti Politeknik, Akademi adalah sekolah tinggi yang hanya menyelenggarakan Pendidikan Vokasi dalam satu atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi atau seni tertentu. Namun beda antara Politeknik dan Akademi adalah, Politeknik bisa menyelenggarakan Pendidikan Vokasi dari beberapa rumpun ilmu, sedangkan Akademi hanya bisa menyelenggarakan Pendidikan Vokasi dari satu cabang ilmu saja. 

Itulah ulasanya mengenai dunia pendidikan di Indonesia, Nah tentunya sangat tepat rasanya jika pada kesempatan ini, penulis ingin membahas tentang salah Universitas terbaik yang ada di Indonesia ini yaitu Universitas Tanjungpura (UNTAN). Untuk lebih jelasnya mengenai UNTAN ini, simak ulasanya dibawah ini : 

Sejarah Berdirinya Universitas Tanjungpura (UNTAN) di Indonesia 


Universitas Tanjungpura Merupakan sebuah lembaga pendidikan negeri yang berada di Kota Pontianak, Kalimantan Barat Indonesia. Jika menelusuri sejarahnya, Universitas Tanjungpura ini didirikan pada tanggal 20 Mei 1959 dengan nama awalnya adalah Universitas Daya Nasional di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Daya Nasional yang dikelolah oleh pihak swasta. 
Bersama UNTAN Membangun Negeri

Pendiri dari Universitas Tanjungpura ini adalah tokoh-tokoh politik dan pemuka masyarakat Kalimantan Barat. Pada awal berdirinya universitas ini hanya memiliki dua fakultas saja yaitu Fakultas Hukum dan Fakultas Tata Niaga. Para tenaga pengajar pada masa-masa tersebut adalah para sarjana dan sarjana muda yang terdapat di daerah Kalimantan Barat. 

Perubahan status Universitas Daya Nasional berubah menjadi Universitas Negeri Pontianak berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 53 Tahun 1963 Tanggal 16 Mei 1963. Namun tanggal peringatan penetapan status universitas negeri ditetapkan 20 Mei 1963 dengan nama Universitas Negeri Pontianak dan ditandai pula dengan dibukanya dua fakultas baru yaitu Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik serta perubahan nama Fakultas Tata Niaga menjadi Fakultas Ekonomi. 

Sejalan dengan situasi politik RI tahun 1965, nama universitas diubah menjadi Universitas Dwikora (berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 278 Tahun 1965 tanggal 14 September 1965), sekaligus menandai pembukaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol). Akhirnya nama Universitas Dwikora berganti lagi menjadi Universitas Tanjungpura, berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 171 Tahun 1967. Nama Universitas Tanjungpura ini berasal dari nama Kerajaan Tanjungpura. 

Fakultas Yang Tersedia di Universitas Tanjungpura (UNTAN) 

Bersama UNTAN Membangun Negeri

  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNTAN 
Untuk Fakultas Ekonomi ini didirikan pada tahun 1959 dan juga merupakan fakultas tertua di Universitas Tanjungpura. Sampai saat ini, Fakultas Eonomi terus mengembangkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di Kalimantan Barat untuk menjadi Pusat Informasi Ekonomi di Kalimantan Barat dan juga menjadi lembaga yang selalu menghasilkan lulusan yang kompeten untuk kondisi ekonomi yang lebih baik di Indonesia. 
  • Fakultas Hukum UNTAN 
Untuk Fakultas Hukum di UNTAN ini memiliki visi ingin menjadi lembaga pusat studi hukum di kalimantan barat, yang menghasilkan sumber daya manusia yang lebih baik yang dapat bersaing di tingkat lokal, regional, nasional, dan internasional. Melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat direncanakan dan melanjutkan, Fakultas Hukum terus menghasilkan lulusan yang baik dengan kompetensi akademik yang tinggi. 
  • Fakultas IKIP UNTAN 
Fakultas Pendidikan dan Pelatihan Guru sebagai lembaga pendidik menghasilkan guru atau pendidik dengan melakukan pendidikan dan penelitian teladan yang berimbang dengan efektif, restrukturisasi, dan sistem deregulasi.Sebagai fakultas dengan mahasiswa terbanyak di harapkan dapat meningkatkan taraf kepedulian terhapap pendidikan masyarakat Kalimantan Barat. 
  • Fakultas ISIPOL UNTAN 
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mempersiapkan lulusan yang kompeten untuk kebutuhan lokal dan nasional. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pada tahun 2020 ingin menjadi lembaga pusat Politik, Sosial, dan Budaya di Kalimantan Barat khususnya dan Indonesia secara umumnya dengan tujuan selalu mempertahan kan nilai2 luhur serta aspek aspek sosial dalam kehidupan berpolitik atau sebaliknya. 
  • Fakultas Kedokteran UNTAN 
Menghasilkan lulusan berkualitas tinggi yang kompetitif dan profesional di regional, nasional, maupun internasional untuk mewujudkan Kalimantan Barat yang lebih baik. Kami membimbing siswa untuk mengembangkan potensi mereka dengan memfasilitasi mereka dengan ilmu pengetahuan dasar dan menyelesaikan penerapan dalam masalah kesehatan. Kami juga mengembangkan pengetahuan profesional dan keterampilan untuk meningkatkan kinerja lulusan. 
  • Fakultas Kehutanan UNTAN 
Pada tahun 2020, Fakultas Kehutanan ingin menjadi lembaga unggul di penelitian dan pengembangan ilmu kehutanan yang dapat digunakan untuk pertumbuhan dan kesejahteraan masyarakat. Fakultas Kehutanan juga memproduksi sarjana profesional yang kompeten untuk kebutuhan lokal, nasional, dan internasional. 
  • Fakultas MIPA UNTAN 
Sebuah lembaga ilmu pasti dan ekstensi yang menghasilkan lulusan dengan karakter berkualitas yang mampu bersaing di tingkat lokal, nasional, dan internasional. Kami mendidik, meneliti, dan mengembangkan ilmu pasti dalam lingkungan.Tujuan kami adalah terus berinovasi dan mengembangkan iptek guna kemajuan riset dan teknologi di masyarakat 
  • Fakultas Pertanian UNTAN 
Fakultas Pertanian ingin menjadi pusat teknologi informasi dalam ilmu pertanian. Fakultas Pertanian terus mengembangkan ilmu pertanian lingkungan dan lanjutan di daerah lokal atau nasional serta berkontribusi aktif kepada masyarakat denga terus melakukan inovasi dan implementasi dalam teknologi ilmu pertanian dengan tujuan memajukan bangsa. 
  • Fakultas Teknik UNTAN 
Fakultas Teknik terus menghasilkan lulusan yang kompeten untuk kebutuhan lokal dan regional. Fakultas Teknik mendidik mahasiswa untuk memiliki keterampilan yang baik dalam bidangnya, menguasai teknologi, dan mengkontribusikan kreativitas mereka untuk kehidupan sosial guna kemjuan bangsa dan terus mengembangan penerapan ternologi dalam pembangunan. 

Untuk Program Studi Fakultas Teknik ini terdiri dari program Sarjana seperti Elektro, Informatika, Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkunga, Teknik Industri, Teknik Pertambangan, Teknik Kelautan, Teknik Mesin, Perencanaan Wilayah Kota, dan Teknik Kimia. Sementara untuk program Pascasarjana ada Magister Sipil, dan Magister Elektro. 

Biaya Kuliah di Universitas Tanjungpura (UNTAN) 

Bersama UNTAN Membangun Negeri

Tujuan Berdirinya Universitas Tanjungpura (UNTAN) di Indonesia 


Dengan mempunyai visi pada tahun 2020 Universitas Tanjungpura menjadi institusi preservasi dan pusat informasi ilmiah Kalimantan Barat serta menghasilkan lulusan yang bermoral pancasila dan mampu berkompetisi baik di tingkat daerah, nasional, regional maupun internasional. 
Bersama UNTAN Membangun Negeri

Adapun misi Universitas Tanjungpura adalah menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara berkualitas sehingga, dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta mampu memberikan arah bagi pembangunan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing. 

Lokasi Univeristas Tanjungpura (UNTAN) di Indonesia 


Alamat : Jl. Prof.Dr.H.Hadari Nawawi / Jendral Ahmad Yani, Pontianak - Kalimantan Barat (78124) 

Telepon: (0561) 739630 
Email: untan_59@untan.ac.id 
Fax: (0561) 739637 


Kesimpulan 


Dengan memiliki pendidikan yang memadai dalam diri seseorang, tentunya dapat menunjang kehidupan dan masa depan yang lebih baik. Pendidikan pokok penting dalam kehidupan di dunia ini, jika seseorang tanpa pendidikan, maka jalan dan tujuan hidupnya tidak terorganisir dengan baik dan bijak pastinya. Jadi, Pendidikan terbaik tentunya sangat dibutuhkan dari sejak dini untuk putra putrid bangsa Indonesia agar bangsa ini terus berkembang dan maju. 

Bersama Universitas Tanjungpura (UNTAN) yang memilki tujuan pastinya yaitu untuk bisa membangun negeri kita menjadi generasi yang terbaik, berprestasi dan juga memiliki jiwa yang mulia terhadap orang tua, keluarga, bangsa dan Negara, maka UNTAN memberikan tempat dan wadah untuk putra putri anda untuk menempuh pendidikan disana. Sekian ulasan mengenai pendidikan dan tentang salah satu Universitas terbaik yang ada di Indonesia ini. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya. Bersama UNTAN Membangun Negeri, terima kasih.
Loading...

15 Responses to "Bersama UNTAN Membangun Negeri "

  1. maju terus UNTAN ya
    semoga makin bersaing dengan universitas lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, semoga juga semakin memberikan yang terbaik untuk pendidikan di indonesia khususnya di pontianak

      Hapus
  2. Wahh lengkap ya
    Jadi nostalgia dan kangen kampus ku juga nihh

    BalasHapus
  3. Saya ingin masuk isipol. Ternyata sudah lama juga berdirinya universitas untan ini. Sungguh luar biasa. Maju terus demi pendidikan bangsa indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan mas, daftar online bisa juga di UNTAN ini

      Hapus
  4. Tak kira cuma UNS Solo saja yang dulu berawal dari kampus swasta kemudian jadi kampus berstatus "negeri". Lumayan panjang juga perjalanan UNTAN. Dari awal berdiri yang cuma punya 2 fakultas, sekarang sudah semakin melebarkan sayap dan punya 9 fakultas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, dengan sejarah yang panjang tentunya kualitas pendidikan juga akan terus berkembang dan terbaik pastinya

      Hapus
  5. Sebagai salah universitas negeri, UNTAN tentu menjadi pilihan bagi para siswa di Kalimantan. Semoga UNTAN bisa terus meningkatkan kualitas pendidikan untuk kemajuan bangsa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, semoga UNTAN juga memberikan pendidikan yang berkualitas juga bukan hanya sekedar BISNIS saja

      Hapus
  6. wah saya kira ada di tanjung pura dekat kampung saya mas, heehee. sekarang untuk pendafran sudah dipermudah dengan adanya mediasi secara online ya, jadi bagi mahasiswa baru ngak perlu capek dan repot, cukup daftar online langsung ujian deh

    BalasHapus
  7. Bersama UNTAN memajukan negeri. UNTAN tampaknya semakin berkibar ini. Mantaps.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, Semoga saja dapat memberikan yang terbaik untuk Indonesia

      Hapus
  8. Semoga makin banyak Universitas yang terus mengembangkan kualitasnya untuk kemajuan bangsa

    BalasHapus

Tips Mudik Aman, Perjalanan Pun Nyaman Ala Himawanputra.com

#MudikAmandanNyaman - Bulan Suci Ramadan 2018 telah berkumandang di seluruh dunia untuk memberi kabar kepada seluruh umat muslim yang ber...