5 Jenis Bungkus Makanan dan Minuman Sehari-hari, Mana Yang Aman?

Maschun.com - Jika anda membeli makanan dan minuman jadi atau kemasan di toko, di minmarket, supermarket dan di warung, sudah pasti memiliki bungkus. Dari berbagai bungkus yang dimiliki dari makanan dan minuman tersebut tentunya kualitas kemanan tersendiri yang tentunya berefek bagi dan buruk bagi kesehatan kita. Tentunya kita harus mengerti dan memahami dalam membeli makanan agar aman dan nyaman saat di santak dan dikonsumsi nantinya. 
5 Jenis Bungkus Makanan dan Minuman Sehari-hari, Mana Yang Aman?

Dari berbagai bentuk dan jenis bungkus makanan dan minuman yang ada, manakan yang paling aman dan nyaman?, berikut 5 jenis bungkus makanan dan minuman yang umum digunakan di Indonesia dan seluruh dunia : 

1. Bahan Plastik 

Taukah anda, Jika kantong plastik atau kresek yang sering kita gunakan dalam sehari-hari tersebut terbuat dari bahan-bahan daur ulang. Bahan-bahan daur ulang ini bisa terbuat dari bahan yang aman atau juga yang berbahaya. Bahan yang berbahaya misalnya bekas kemasan zat kimia atau kemasan zat-zat beracun lainnya. 
5 Jenis Bungkus Makanan dan Minuman Sehari-hari, Mana Yang Aman?

Selain jika anda ingin membeli makanan dan minuman, lebih baik jangan menggunakan bahan plastic, apalagi makanan panas, karena at yang terkandung dalam plastic tersebut bisa luntur dan bisa menimbulkan penyakit bagi diri anda dan keluarga pastinya. Apalagi plastic juga merupakan hal yang sulit dicerna oleh bumi dan penyebab banjir jika dibuang sembarangan. 

2. Bahan Kertas 

5 Jenis Bungkus Makanan dan Minuman Sehari-hari, Mana Yang Aman?

Pembungkus makanan dengan menggunakan kertas tentunya berbahaya jika yang digunakan adalah kertas bekas koran atau majalah, biasanya untuk bungkus gorengan. Kertas koran dan majalah mengandung tinta yang bisa masuk ke dalam makanan yang dibungkus. Tinta tersebut mengandung timbal yang melebihi batas. Bila zat ini masuk ke dalam tubuh bisa mengganggu sistem peredaran darah dalam tubuh anda nanti dan sudah pasti akan menimbulkan penyakit. 

3. Bahan Styrofoam 

Styrofoam

Bungkus makanan dengan menggunakan bahan Styrofoam ini memang jadi pilihan para pedagang karena terbuat dari kopolimer styrene yang mampu mencegah terjadinya kebocoran makanan dan bentuknya stabil. Selain itu juga bisa mempertahankan suhu panas maupun dingin. Namun, beberapa penelitian meragukan kemampuan styrofoam dalam membungkus makanan. Karena ada zat kimia yang bisa menyebabkan sakit kepala hingga gangguan sistem saraf jika terkena kontak dengan makanan. 

4. Bahan Kaleng 

5 Jenis Bungkus Makanan dan Minuman Sehari-hari, Mana Yang Aman?

Sebenarnya makanan yang dikemas dengan kaleng justru akan kehilangan kesegaran dan nilai gizinya. Karena proses pengolahannya dilakukan dengan suhu tinggi. Namun, kaleng adalah pembungkus makanan dan mnuman yang aman karena sudah diproses dengan baik oleh pabrik produksinya. Bungkus makanan dan minuman dengan menggunakan kaleng ini dapat mencegah dari cahaya sinar matahari, mencegah kebocoran, dan juga gangguan dari luar karena lebih tertutup. 

5. Bahan Kaca 

5 Jenis Bungkus Makanan dan Minuman Sehari-hari, Mana Yang Aman?

Dan Bahan yang terakhir yang biasanya digunakan untuk tempat, bungkus makanan dan minuman adalah terbuat dari bahan kaca. Bahan kaca ini merupakan bahan yang paling aman untuk makanan dan minuman, Karena tidak ada kandungan berbahaya apapun yang lepas jika berkontak dengan makanan. Selain itu, kemasan juga akan jauh lebih rapat dan terjaga. kekurangannya adalah mudah pecah jika tidak hati-hati dalam penggunaannya. 

Itulah beberapa bungkus makanan dan minuman yang biasanya digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga anda memperhatikan hal tersebut dengan baik agar kesehatan anda selalu terjaga dan jauh dari penyakit. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasi.
Loading...

0 Response to "5 Jenis Bungkus Makanan dan Minuman Sehari-hari, Mana Yang Aman?"

Posting Komentar

Tips Mudik Aman, Perjalanan Pun Nyaman Ala Himawanputra.com

#MudikAmandanNyaman - Bulan Suci Ramadan 2018 telah berkumandang di seluruh dunia untuk memberi kabar kepada seluruh umat muslim yang ber...