4 Hal yang Harus diperhatikan Dalam Mengizinkan Anak Menggunakan Smartphone

Maschun.com – Smartphone telah menjadi kebutuhan paraera digital saat ini. Berbagai aktivitas dapat dilakukan dengan menggunakan telpon pintar ini. Begitu juga dengan kebanyakan anak, telah mengalihkan dunia bermain mereka untuk bercengkrama dalam keseharian untuk bermain smartphone ini. Tak ada yang salah memang, namun bagi orang tua dalam mengizinkan anak-anaknya untuk menggunakan smartphone tentu harus ada pengawasan dan perhatian yang khusus. 
4 Hal yang Harus diperhatikan Dalam Mengizinkan Anak Menggunakan Smartphone

Hal apa saja yang harus diperhatikan oleh para orang tua dalam mengizinkan anak-anaknya dalam menggunakan smartphone ini, berikut 4 hal tersebut : 

1. Usia Anak 

Dalam mengizinkan anak menggunakan smartphone ini memang tidak ada patokan pasti tentang berapa usia ideal untuk memberikan smartphone pada anak. Namun sebagai orang tua, tentu anda juga perlu mempertimbangkan kembali apakah anak sudah dapat menggunakan smartphone dengan baik atau tidak. Hal ini untuk menghindarkan anak dari cyberbullying dan juga pornografi. Jika orang tua memutuskan untuk memberikan smartphone pada anak, pengawasan menjadi hal yang penting untuk dilakukan. 

2. Kegunaan smartphone 

Ketika anak meminta untuk diberikan smartphone, orangtua wajib menanyakan akan digunakan untuk apakah smartphone tersebut. Apakah untuk bermain, berkomunikasi, berselancar di internet, atau menonton video? Pastikan bahwa smartphone memang telah menjadi kebutuhan atau alat fungsional tambahan yang memang dapat membuat tumbuh dan kembang anak menjadi lebih maksimal. Jika dirasa penting, tak ada salahnya untuk memberikan smartphone pada anak. 

3. Beri Batas Dalam Penggunaan Smartphone 

Berikan syarat khusus pada anak untuk menggunakan smartphone. Misalnya, orangtua hanya memberikan smartphone pada hari dan jam tertentu. Selain itu, orangtua juga dapat membatasi penggunaan smartphone dengan membatasi penggunaan kuota internet anak. 

4. Kesiapan Mental 

Orangtua dapat mengecek kesiapan mental anak melalui komunikasi anak dan lingkungan sehari-hari. Misalnya saja, jika anak tidak dapat fokus dan berkosentrasi dalam mengerjakan sesuatu, hal ini bisa jadi tanda bahwa anak belum siap mental. Anda pun bisa memberikan alasan ini pada anak, sehingga dapat memotivasi anak untuk berubah menjadi lebih baik. 

Nah itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebagai orang tua bagi si anak dalam menggunakan smartphone. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.
Loading...

0 Response to "4 Hal yang Harus diperhatikan Dalam Mengizinkan Anak Menggunakan Smartphone"

Posting Komentar

Tips Mudik Aman, Perjalanan Pun Nyaman Ala Himawanputra.com

#MudikAmandanNyaman - Bulan Suci Ramadan 2018 telah berkumandang di seluruh dunia untuk memberi kabar kepada seluruh umat muslim yang ber...