Tips Ngeblog Anti Bosan Dan Jenuh - Maschun.com

Breaking

Jumat, 30 Maret 2018

Tips Ngeblog Anti Bosan Dan Jenuh

Generic Banner
Maschun.com - Halo sobat blogger semuanya dimana pun kalian berada, Apakabar?, Semoga masih tetap semangat dalam berkarya, dan sukses selalu dalam menjalani hari penuh dengan kebahagian, amin. Tak lupa pula penulis ingin mengucapkan Thank yaout and the best your my Friend karena telah berkunjung Maschun.com dengan suka maupun rela.

Pada kesempatan kali ini, Penulis ingin berbagi cerita tentang pengalaman penulis dalam ngeblog. Jika bicara mengenai pengalaman selama ngeblog, sudah pasti ada duka dan citanya. Hal itu wajar, karena dalam kehidupan juga tak akan lepas dari bahagia dan derita. Namun apapun yang terjadi, kita harus menjalani dengan rasa syukur yang luar biasa atas segala nikmati Tuhan yang telah dia berikan untuk kita.

Menelusuri pengalaman penulis dalam ngeblog, Blog ini dibangun pada tahun 2015 lalu dan hingga saat ini alhamdulillah masih terurus dengan baik, ya walaupun kadang susah juga untuk membagi waktu dengan kesibukan lainnya. Namun yang naman Hobbi, ya apapun kendala tetap saja dilakukan tanpa pamrih kepada waktu dan hasil apa yang akan di dapat nantinya dari blog ini.

Sebenarnya sich penulis juga punya blog di Blogdetik juga, namun karena blogdetik sudah bubar pada tahun lalu, jadi Blog saya disana dihapus dan terlantar dech nasib blognya. Namun ada hikmahnya juga sich, jadi bisa lebih fokus mengurus satu blog saja saat ini.

Sebenarnya sich saya lebih dominan dengan blog yang ada di blogdetik ini untuk berbgai cerita, karena di blog tersebut sudah banyak hal yang saya dapatkan. Namun tidak mengapalah bercerita disini, lagian sama saja, yang jelas, pengalaman ngeblog yang aku pernah lalui tak akan pernah terhapus oleh waktu dalam memori hidupku, he he he.

Lalu prestasi apa saja yang pernah penulis raih dalam ngeblog ini?, Jika bicara mengenai prestasi dalam ngeblog berarti berhubungan dengan suka. Suka dan bahagia dalam ngeblog yang saya dapatkan adalah ketika penulis bisa memberikan konten yang terbaik bagi pembaca, menang lomba blog.

Walaupun hasilnya tak mengembirakan dari hasil lomba blog tersebut, namun bahagia karena hobbi tetaplah menjadi kebahagian yang luar biasa. Untuk masalah dukanya dalam ngeblog, ya ketika blog saya pernah dikerjain sama orang, dimana selama beberapa bulan blog ini hilang dari peredaran internet alias di hacker. Namun karena sudah pernah punya pengalaman serupa, jadi alhamdulillah bisa kembali bugar setelah di otak-atik dengan bantuan teman blogger.

Nah itulah beberapa hal yang dapat penulis cerita kepada sobat blogger semua tentang sepak terjang penulis dalam ngeblog ini. Tentunya tak akan lengkap rasa jika penulis juga tidak berbagu tips ngeblog agar tidak cepat bosan, kabur dan juga mati rasa dalam ngurus ngeblog. Bagaimana caranya?, simak ulasannya dibawah ini :

Bagi seorang blogger, sudah pasti pernah mengalami hal semacam ini, apalagi bagi blogger newbie. Dimana kondisi ngeblog sangat membosankan sehingga membuat blog terbengkalai hingga waktu yang lama. Penyebabnya tentunya banyak, berdasarkan pengamat dari penulis sendiri, alasan pertama karena memiliki pekerjaan lain alias sibuk sehingga mereka tak ada waktu untuk update blog mereka dengan konten seperti biasanya. 
Tips Ngeblog Anti Bosan Dan Jenuh

Namun itu hal yang lumrah terjadi pada seorang blogger jika mereka ngeblog memang paruh waktu. Namun bagaimana dengan rasa bosan dan jenuh yang dialami oleh blogger yang memang kesehariannya bekerja sebagai seorang blogger alias full time blogger. Apakah karena memang ada kesibukan lain juga atau ada kendala lain?, Entahlah, yang jelas tentunya punya alasan untuk bisa meneruskan sesuatu dalam hidupnya, termasuk untuk bisa update blog setiap hari atau tidak. 

Nah, Melihat kondisi diatas, maka penulis ingin menulis tips anti galau, anti bosan dan anti jenuh menjadi seorang blogger, khususnya bagi blogger yang baru bermain kata di dunia blogger ini. Apa saja tips semangat untuk ngeblog ini, Berikut ulasannya : 

1. Buatlah Blog berdasarkan Bidang yang dikuasai dan sukai 

Agar anda tidak bosan dan tidak jenuh untuk berbagi manfaat melalui tulisan blog, maka saat anda ingin membuat blog, maka buatlah blog dengan bidang yang anda kuasai atau bidang yang anda sukai. Jangan membuat blog dengan bidang yang tidak anda sukai atau pun kuasai karena akan berakibat berhenti ditengah jalan karena anda kekuarang pemahaman atas bidang tersebut. 

Jangan tergiur dengan blog orang lain yang membahas tentang hal itu lalu sukses sehingga anda mengikutinya tanpa berpikiran jika anda tidak memahami dengan baik bidang yang mereka bahas. Alhasil, Saat anda membuat blog seperti itu, maka kemungkinan besar anda akan gagal dan berhenti bahkan menyerah lalu berkata jika ngeblog itu tak ada manfaatnya. 

Jadi intinya adalah buatlah blog dengan bidang yang anda kuasai jika ingin memang membahas satu pembahasan, namun jika anda lebih membahas apa saja yang anda tau, maka lebih baik buat blog untuk umumnya saja alias blog gado-gado itu lebih simpel dan mudah dijalankan nantinya. 

2. Bangunlah Blog anda terlebih dahulu 

Membangun sebuah blog bukanlah waktu yang singkat, butuh waktu yang cukup lama untuk bisa sampai tahap yang boleh dikata dapat dilirik oleh orang lain dimesin pencari. Dalam tahap demi tahap tentunya ada perlakukan khusus dan tak semena-mena hanya menulis saja tanpa melakukan apapun terhadap blog anda seperti share dimedia sosial yang anda miliki, blogwalking, share di forum dan mengikuti sharing di seminar terbuka alias offline. 

Jika anda hanya menulis saja tanpa melakukan apapun untuk konten anda, maka kemungkinan besar blog anda akan sulit untuk bersaing diluar sana dan jgua sulit untuk berkembang karena inti dari ngeblog itu adalah bersosialisasi, jadi kita butuh orang lain untuk mengenal blog kita. Dan juga, Jangan terburu-buru mengatakan jika anda akan sukses seperti blogger lainnya. Bangunlah blog anda dengan konten-konten yang bermanfaat dan juga berguna bagi banyak orang. Sukses adalah proses, jadi ikuti dahulu prosesnya, maka kesuksesan akan datang kepada anda. 

Jadi, Ikuti proses ngeblog dengan baik, perlahan semua akan terjawab jika anda ngeblog dengan hati. Semua akan indah pada waktunya jika anda bersabar dan selalu bekerja keras untuk mewujudkan apa yang anda inginkan. Begitu juga dengan ngeblog ini, butuh waktu, kesabaran, kerja keras, dan berdo’a pastinya, maka suatu saat nanti blog anda akan memberikan anda sebuah kejutan yang terbaik untuk anda rasakan. 

3. Jangan Ikut Lomba Jika belum siap kalah 

Hal ini juga sering terjadi pada blogger pemula khususnya. Mereka ngeblog saat mengikuti lomba saja, padahal inti ngeblog itu adalah berbagai bukan sekedar ingin dapat penghasilan saja. Jika hal ini sudah melanda kaum blogger, maka kemungkinan besar blog yang mereka miliki tak akan bertahan lama bahkan bisa saja di hapus karena sakit hati kalah dalam sebauh lomba blog. 

Jika hal ini terus dilakukan, maka kemungkinan besar anda tidak akan pernah menemukan kenyaman dalam ngeblog, anda akan gonta-ganti nama dan URL blog anda. jika hal itu sudah terjadi, maka anda tidak akan pernah menemukan tempat diranah blogger yang namanya sukses menjadi seprang blogger, yang ada hanya pemborosan waktu dalam hidup anda yang tak ada gunanya. 

Bangunlah blog anda dahulu, jika ingin ikut lomba blog yang hadiahnya mungkin mengiurkan diri anda, maka lebih baik tahan dahulu niat anda jika anda belum siap kalah. Yang ikut lomba itu bukan anda saja tetapi anda harus menyadari jika diranah blogger sudah banyak master-master blogger yang luar biasa yang jauh lebih pengalaman dari anda. 

Jadi, pertimbangkan dengan baik agar anda tidak cepat bosan jenuh untuk ngeblog, maka lebih baik urungkan niat anda jika ingin ikut lomba blog. Boleh ikut lomba blog asalkan anda tau resikonya apa karena perlombaan sudah pasti ada yang kalah dan ada yang memang, itu harus anda tanamkan dalam diri anda jika tak mau bosan dalam ngeblog. 

4. Membaca dan berkunjung ke blog yang sudah sukses 

Bukan copy paste tapi membaca, melihat dan apa yang membuat blogger ini bisa sukses bersama bog yang mereka miliki. Kita pelajari dengan baik, bagaimana mereka bisa sukses seperti itu, dan apa saja yang mereka lakukan untuk membangun blog menjadi seperti itu. Biasanya, bagi blogger yang sudah sukses, sudah pasti diblognya aka nada tips dan trik dalam mengapai kesuksesan dalam ngeblog. 

Nah, anda bisa membacanya dan mempelajarinya denga baik. Melakukan hal ini bisa membuat anda akan termotovasi untuk ngeblog dan anda akan terhindari dari rasa bosan dan jenuh dalam ngeblog. 

5. Blogwalking (Silaturahmi antar blogger)

Blogwalking merupakan silaturahmi antar blogger, dalam arti saling berbagi masukan dalam sebauh komentar. Hal ini tentunya sangat baik dilakukan, apalagi bagi blogger pemula, dengan memberikan komentar di blog yang lain, maka kita sudah memeperkenalkan diri jika kita juga seorang blogger dan mereka juga akan berkunjung balik ke blog kita dan tentunya akan berakibat baik pada traffic blog kita nantinya. 

Jadi, Jangan Cuma nulis dan nulis saja, seketika waktu anda juga butuh refreshing alias jalan-jalan ke blog blogger lain agar terhubung dengan mereka dan terjalin silaturahmi yang baik dan akan menghasilkan yang baik pula nanti bagi karir blog anda. 

6. Ikuti Acara Blog/Sharing 

Biasanya komunitas, sebuah brand, perusahaan sering mengadakan yang namanya berbagai informasi, entah itu tentang produk terbaru mereka, lomba dan kegiatan sosial lainnya bersama blogger. Kegiatan ini perlu anda ikuti agar anda juga mengenal blogger lain didunia nyata bukan di dunia maya saja. 

Hal ini jgua bisa mengusir bosan dan jenuh dalam anda ngeblog hanya dirumah saja, sekali-kali anda perlu ikuti sharing semacam ini agar anda juga dapat menambah kedekatan dengan blogger lain dan saling berbagi informasi tentang apa yang mungkin anda kurang paham tentang dunia blogger. 

7. Jangan Tergesa-gesa pengen dapat penghasilan dari blog 

Jangan tergesa-gesa untuk hal ini karena bisa memupuskan reputasi anda dalam ngeblog. Jangan biarkan egomu mengalahkan ambisimu untuk menjadi blogger sukses namun anda malas untuk membangunnya dengan baik. 

Jika anda hanya mengadalkan emosi nalurimu karena tergiur dengan penghasilan blogger lain, maka kemungkinan besar blog anda tidak akan pernah sukses seperti mereka, karena anda tidak akan fokus nantinya dalam ngeblog. Saat apa yang anda harapkan belum tergapai, maka kelemahan terbesar anda adalah menyerah dan cepat mati rasa dalam ngeblog dan pad akhirnya dan kalah dalam memanfaatkan waktu dalam hidup anda dengan baik. 

8. Buatlah template blog yang membuat anda sendiri betah berada disana 

Jangan asal buat blog dengan template yang asal-asalan saja. Berkaca dari anda sendiri, jika blog yang anda miliki enak dilihat dan anda betah berada disana dalam waktu yang lama, begitu juga dengan pembaca blog anda. Jika template blog anda acak-acakan dan tak beraturan, maka pembaca menyangka jika blog anda tidak terurus dengan baik. 

Blog juga mencerminkan pemiliki blog itu sendiri, Bagi anda yang memang hidup di dunia blogger ini, maka pertimbangkan dengan baik untuk mendesain blog anda dengan template yang bagus dan menu yang teratur dan mudah diakses pastinya. 

Hal ini tentunya juga bepengaruh pada pemiliki blog, selain bagus untuk perkembangan blog anda ke depannya, namun juga akan membuat anda tidak bosan untuk balik lagi esok hari untuk mengisinya dengan konten-konten yang bermanfaat untuk orang lain pastinya. 

9. Jalan-jalan Cari ide 

Ngeblog tak harus did lam ruangan, dirumah dan menjauh dari kehidupan masyarakat. Jangan jadi blogger dibalik batang pohon, ntar hilang loh. Jika ada waktu, maka jalan-jalanya untuk sekedar mencari angin ide untuk bisa ngeblog dengan suasana yang baru, konten yang fresh dan tentunya hal ini baik bagi pikiran anda. 

10. Ngebloglah dengan Hati Bukan Janji 

Dan yang terkahir adalah ngeblog dengan hati bukan janji saja. Maksudnya adalah jangan ngeblog hanya karena ingin sukses saja selalu anda naungkan dalam hati, tapi anda lupa tidak update blog dalam waktu yang alam, itu sama saja janji doang pada diri anda dan buktinya dalam anda menjalankannya. 

Jadi, sebelum anda membuat blog atau yang sudah punya blog, Jika anda ingin nyaman dan betah dalam ngeblog, maka stop dech janji-janji sama diri sendiri yang memasang target akan mendapatkan penghasilan pada bulan ini dan itu, karena jika anda melakukan itu, pada saat waktu yang anda tentukan ternyata tidak berhasil, maka anda akan ngedrob dan susah lagi move on-nya nanti. 

Jadi, ngebloglah dengan hati tanpa ada paksaan agar anda betah dan terhindari dari penyakit bosan dan jenuh dalam diri anda dalam ngeblog setiap hari dengan konten-konten yang bermanfaat untuk orang lain.

Oh ya Sobat Blogger semuanya, Penulis ingin memberi informasi juga jika Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway Sinizam.com. Bagi sobat blogger yang ingin mengikuti lomba blog yang diadakan oleh Khoirun Nizam ini, monggo silakan.

Itulah pengalaman penulis dalam ngeblog dan beberapa cara agar tidak merasa bosan dan galau dalam ngeblog. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, khususnya bagi kaum blogger. Tetap semangat ngeblog, berikan yang terbaik untuk pembaca, maka mereka akan memberikan yang terbaik juga untuk kesuksesan blog yang anda miliki, terima kasih.

18 komentar:

  1. Iringi ngeblog dengan niat berbagi...dan konsisten

    BalasHapus
  2. Mantap ... tips2 anti jenuh ngeblognya oke badai ☺

    Templatenya juga baru ya,mas ...
    Keren dan kekinian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, semoga bermanfaat tips ini.

      ini template baru ganti, yang gratis, he he

      Hapus
  3. Kalo saya gmn ya, kebetulan saya konsisten tdk mau buat blog gado-gado ,pgn fokus aja . Niche saya tentang Traveling.

    Mau ngeblog jg harus Traveling dulu kalo ga Traveling susah dapat ide atau kontent. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mantap mas kalau nche blog mah, namun yang mas sebutkan memang terkendala kalau satu pembahasan

      Hapus
  4. Wah memang keren banget dan sangat membantu!

    BalasHapus
  5. Saya termasuk blogger pemula sih.
    Saya setuju jika blogger fokusnya pada uang pasti blogger tersebut akan kecewa.sepertinnya tips diatas layak untuk dicoba.

    BalasHapus
  6. saya ga bisa konsisten, dan sering bosan; makasih tipsnya sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mas, semoga tetap semangat ngeblognya

      Hapus
  7. Apapun alasannya, bosan pasti pernah datang menghampiri. Tapi, sebagai blogger yg baik kudu bisa melawan itu :D

    BalasHapus
  8. mantap, btw ada link yang eror di khoirun nizam

    BalasHapus
  9. Thanks tipsnya mas,...memang segala sesuatu perlu proses dan butuh ketekunan sebelum menggapai kesuksesan

    BalasHapus

ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA :

loading...