Sedekah Akan Percuma Jika Masih Memiliki Utang, Benarkah?

Maschun.com - Masalah Keuangan dalam kehidupan ini masih menjadi perkara nomor satu. Kita sendiri tentunya pernah mengalami hal tersulit dan terpuruk karena tidak memiliki uang, Mau apa saja anda tidak bisa dan anda tentunya mencari solusi agar anda dapat memiliki uang. Biasanya solusinya yang paling dekat adalah minjam alias ngutang, entah itu sama keluarga, sahabat, teman, bank atau pun pihak lain yang menyediakan pinjaman ini. 
Sedekah Akan Percuma Jika Masih Memiliki Utang, Benarkah?

Dengan perjanjian dan ketentunya yang telah disepakti, maka anda mendapatkan uang tersebut dan sehingga bisa membantu meringankan beban keuangan anda untuk bisa memenuhi kebutuhan anda. Pada saat ekonomi anda sudah membaik, dan keuangan anda sudah stabil, maka ada baiknya harus buru-buru mebayar utang yang anda mililki karena biasanya utang ini gampang lupa atau pun segaja dilupakan. 

Kenapa anda harus buru-buru melunasi utang anda, karena utang merupakan salah satu hal yang sangat menyiksa diri diatas dunia seperti menjadi pikiran, hidup tidak tenang. Bukan saja diatas dunia, Di Akhirat kelak nanti, Utang ini akan menjadi penghalang yang luar biasa dan merupakan dosa besar yang tidak bisa di ampuni sama Tuhan kecuali melalui orang yang berutang itu sendiri dengan tempat dia mengutang tesebut, Jika diikhlaskan barulah anda akan terbebas dari dosa tersebut. 

Namun terkadang hal ini tidak menjadi beban bagi mereka yang memiliki utang, Mereka padahal sudah mampu untuk melunasinya, namun mereka lebih memilih untuk sedekah ketimbang membayar uatang ini. Mereka menganggap dengan bersedekah sama saja dengan membayar hutang. Perkataan itu tentunya salah jika meninjua dari arti utang itu sendiri dan hal itu sangat bertolak belakang dalam Islam. 

Jika mengacu dalam ajaran Islam, Perkara utang Allah SWT sangat mengancam dengan siksaan yang pedih bagi orang-orang yang wafat dengan masih membawa sisa utang yang belum terbayarakan. Bahkan pada sebuah riwayat diterangkan, bahwa jiwa seorang muslim masih bergantung bersama utangnya hingga ia melunasinya. Seperti yang tercantum dalam Ayat Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 261, Allah SWT berfirman yang artinya : 

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. dan Allah Maha luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui".

Menerjemahkan isi kandungan dari ayat diatas, maka dapat diartikan jika memang sedekah merupakan sebuah anjuran bagi setiap muslim dan Allah SWT akan membalas pahala sedekah bukan hanya kelak di akhirat, tetapi juga semasa di dunia. Namun jika mereka masih memiliki hutang, maka sedekah lebih baik dari sedekah tersebut adalah dengan melunasi utangnya terlebih dahulu, maka barulah Afdol sedekah yang ia berikan. 

Jadi, Agar ibadah sedekah anda tidak terganggu, Maka sebaiknya utamakan membayar dan melunasi utang-utang telebih dahulu barulah anda bersedekah dengan tenang dan juga memberi dampak baik bagi diri anda dan juga akhirat kelak. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.
Loading...

4 Responses to "Sedekah Akan Percuma Jika Masih Memiliki Utang, Benarkah?"

Tips Mudik Aman, Perjalanan Pun Nyaman Ala Himawanputra.com

#MudikAmandanNyaman - Bulan Suci Ramadan 2018 telah berkumandang di seluruh dunia untuk memberi kabar kepada seluruh umat muslim yang ber...