Kendala Dalam Penyusunan Skripsi Dan Solusinya - Maschun.com

Breaking

Jumat, 23 Maret 2018

Kendala Dalam Penyusunan Skripsi Dan Solusinya

Generic Banner
Tahap Akhir dari masa Kuliah adalah penyusunan skripsi. Dalam Tahap penyusunan skripsi ini tentunya banyak kendala yang di alami oleh Mahasiswa, Baik Itu dari diri sendiri, faktor lingkungan, dan dosen juga Pembimbing pastinya. Namun, Apapun itu alasannya, Skripsi harus lah dibuat dan diselesaikan Jika ingin Lulus Kuliah dan bisa tenang dari segala pertanyaan yang terkadang membuat Mahasiswa tersebut merasa jengkel dibuatnya. Pertanyaan Yang Penulis maksud pada umumnya adalah “Kapan Wisuda?”. 
Kendala Dalam Penyusunan Skripsi Dan Solusinya

Berkaca dari pengalaman pribadi penulis, tentunya dalam tahap penyusunan skripsi ini bukanlah waktu yang enak untuk dilalui, namun itu harus kita hadapi bukan diam ditempat, merengengk ke orang tua atau pun pergi ke tempat jauh untuk bisa menenangkan diri. Hal itu tentunya salah kaprah, karena inti dari penyusunan skripsi sendiri adalah untuk melatih mahasiswa tersebut dalam memanfaatkan waktu, disiplin dalam waktu, dan belajar dalam menyelesaikan masalah. 

Bukan Cuma itu saja, Dalam Penyusunan skripsi juga mengajarkan kepada Mahasiswa untuk menanamkan sikap menghargai, sikap sabar dan sikap berusaha pantang menyerah agar skripsi yang mereka susun cepat selesai dari dengan bubuhan tanda tangan dari para dosen pembimbing dan bisa lanjut untuk siding skripsi. 

Setelah semua dijalani dengan baik, maka skripsi kita akn cepat selesai dan tentunya kita akan lulus dan bisa menjawab pertanyaan “Kapan Wisuda?” yang membuat kita kadang merasa marah dan lain sebagainya. Melihat lebih detail ke dalam masalah, Kendala apa saja yang membuat seorang mahasiswa malas dan sulit untuk mengerjakan skripsinya, berikut faktor tersebut : 

Faktor yang mempengaruhi Mahasiswa Dalam Tahap Penyusunan Skipris 

Faktor yang mempengaruhi dari diri sendiri dalam tahap penyusunan skripsi ini ada 2 yaitu, Faktor Internal dan juga ekstral. Faktor internal bisa terjadi karena Mahasisiwa tersebut malas, Takut dan malu menghadapi dosen pembimbing, dan menganggap skripsi itu tidak penting dan bermanfaat. Sementara faktor eksternalnya adalah karena kesibukan kerja bagi yang sudah kerja, terkendalam jarak kampus dengan rumah, dan karena keuangan. 

Faktor tersebut akan sangat mempengaruhi jalannya proses penyusunan skripsi. Jika mahasiswa tersebut acuh dibuai kemalasan, maka sudah pasti skripsi tersebut tidak akan kelar-kelar sampai kapan pun dan bersiaplah untuk menerima gunjingan dari pertanyaan diatas, dan menjadi mahasiswa abadi sebelum di DO. 

Begitu juga dengan Merasa canggung, malu, gengsi dan takut kepada dosen pembimbing. Banyak dari Mahasiswa sendiri sudah berpikiran buruk duluan terhadap dosen pembimbing ini. Takut galaklah, takut tidak di ACC-lah, takut jarang ke Kampuslah, takut dicoret-coretlah skripsinya dan rasa takut yang selalu menghantui mereka. Bahkan ada yang mendengar cerita dari teman yang sudah wisuda jika dosen pembimbing itu rumit jadi mereka terbawa omongan tersebut yang membuat mereka mengundurkan diri untuk tidak meneruskan penyusunan skripsi mereka. Jika hal itu terjadi, maka sudah pasti, anda tidak akan lulus-lulus kuliah sampai dunia ini berakhir. 

Sementara untuk faktor Eksternal sendiri, Sebenarnya hal itulah bukanlah sebuah kendala besar untuk bisa ditaklukan. Jika memang anda sibuk karena bekerja pada siang harinya, dan jika anda memang memiliki kesibukan yang super padat. Maka harus berupaya untuk menyisihkan waktu untuk bimbingan dan penyusunan skripsi anda. Biasanya jika anda jujur dan bicara dengan baik kepada atasan anda ditempat kerja, maka sudah pasti akan waktu untuk anda bisa bimbingan. Namun terkadang yang terkendala memang dari Mahasiswa sendiri hal yang mudah di buat menjadi sulit. 

Solusi Dalam Mengatasi Kendala Dalam Tahap penyusunan Skripsi 

Ada Masalah tentunya ada solusinya, Begitu juga dalam penyusunan skripsi ini. Bagi anda yang mungkin saat ini dalam proses penyusunan skripsi, maka hal ini dapat anda jadikan bahan semangat untuk terus berjuang agar skripsi anda cepat selesai hingga bisa wisuda. 

Hal yang harus anda tanamkan dalam tahap penyusunan skripsi ini adalah Niat untuk lulus walaupun badai cobaan menghadang. Maksudnya adalah anda harus menolak menyerah dalam taha penyusunan skripsi ini, seperti mengabaikan Rasa Malas ke kampus untuk bimbingan, untuk mencari bahan skripsi dan juga dalam penyusunan skripsi. 

Anda harus ingat, sudah berapa besar biaya yang anda keluarkan untuk kuliah, lihat orang tua anda dan juga diri anda jika memang anda kuliah dengan biaya sendiri. Jika anda tidak mampu meneruskan dan menyelesaikan skripsi anda hingga wisuda, maka betapa sedihnya orang tua anda, Karena telah berjuang untuk mencari uang untuk anda kuliah. 

Begitu juga jika anda mencari uang sendiri untuk kuliah, Lihat diri anda, pergi pagi pulang malam hanya untuk bisa kuliah, namun pada saat tahap akhir anda kalah untuk meneruskan skripsi, maka betapa mubazirnya waktu anda, betapa ruginya diri anda. 

Jika memang tidak mau seperti ini mengalami hal yang tak ingin anda teruskan dalam hidup anda, maka dari awal seharusnya tak usah kuliah saja, jadi lebih baik kan dari pada kuliah, menghabiskan waktu dan uang namun pada akhirnya anda tidak tamat dan wisuda. 

Begitu juga dengan dalam tahap penyusunan dan proses bmbingan skripsi, Jika saat anda bimbingan skripsi anda selalu disalahkan, selalu di corat-coret itu bukanlah akhir dari segalanya. Perlu anda cermati dan amati dengan baik, tak ada seorang dosen yang akan membuat mahasiswa terlantar, tindakan yang mereka lakukan hanya ingin mengetahui seberapa semangat dank eras perjuangan mahasiswa tersebut untuk bisa selesai dalam penyusunan skripsi dan bisa lulus, itu sebenarnya yang ingin mereka lihat dari anda. 

Jika anda berpikiran buruk terhadap dosen pembimbing anda, maka sudah pasti tak akan pernah kelar skripsi yang anda susun. Dosen merupakan guru dan merupakan orang telah berjasa memberikan anda ilmu untuk bekal hidup di masa yang akan datang, nah jika anda tidak melakukan segala sesuatunya dengan baik atas perintah dosen anda, maka sudah pasti anda tidak akan pernah lulus. 

Hal lain yang bisa menjadi solusi untuk anda bisa semangat dalam menyusun skripsi ini hingga lulus adalah umur anda. Anda sangat mengetahui jika dalam proses penerimaan PNS atau tenaga kerja diluar sana, banyak yang mencari umur yang masih muda dan terbatas waktu. Jika anda saat ini masih muda, maka kejarlah skripsi anda agar cepat lulus karena jika anda menunda waktu untuk berleha-leha dengan waktu, ingat umur anda akan semakin bertambah, jika umur anda bertambah dan sudah tua, maka sulit untuk mencari kerja nanti ketika anda selesai kuliah. 

Jadi, bagi anda yang saat ini dalam proses penyusunan skripsi, maka pertimbangkan dengan sebaik mungkin beberapa hal diatas, agar anda bisa mengatasi segala gejolak yang terjadi pada diri anda saat ini. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, tetap semangat dalam penyusunan skripsi, mendapatkan nilai yang bagus serta lulus dengan selamat dan bahagia, terima kasih.

3 komentar:

  1. udah gak kebayang kalo misalkan disuruh buat skripsi, untung masih semester 2 jadi masih banyak waktu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. jgn dibayanging mas, dikerjakan he he. semoga saja cepat kelar kuliahnya mas

      Hapus
  2. saya mengalami semua pemikiran itu, mas, he...

    BalasHapus

ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA :

loading...