Cara Mudah Mengatasi Ponsel Android Lemot

Ponsel Android jenis apapun yang anda pakai, semahal apapun harga ponsel tersebut dan secanggih apapun teknologi yang diemban oleh ponsel tersebut, Jika dipakai setiap waktu dengan segala aktivitas yang tertanam di dalamnya, maka ponsel tersebut lama-kelamaan akan menurun juga kondisinya. Apalagi bagi anda yang menyukai game, media sosial, dan berselfia ria yang membuat memori card anda penuh, maka sudah pasti kinerja ponsel android anda akan lemot bahkan sering mati sendiri alias ngehang. 
Cara Mudah Mengatasi Ponsel Android Lemot

Namun tentunya ada tidak perlu panik untuk bisa memperbaharuinya dan juga mengatasi masalah yang terjadi dengan ponsel android anda. Pasti ada solusinya agar ponsel android anda kembali normal dan kembali ke bentuk semula. Bagaimana caranya?, Berikut Cara Mudah Mengatasi Ponsel Android Lemot : 

Hapus Aplikasi Tidak Penting (Jarang Dipakai) 

Jika anda memiliki ponsel Android, sudah pasti banyak fitur dan aplikasi besutan dari pabriknya itu sendiri. Atau bisa juga karena anda sendiri yang menginstalnya sehingga aplikasi tersebut tertanam dalam ponsel anda. Jika aplikasi itu berguna dan bermanfaat untuk anda tidak jadi masalah, namun kalau memang aplikasi tersebut tidak ada fungsi, manfaat yang penting untuk anda lebih baik dihapus saja karena itu bisa memicu ponsel android anda menjadi lemot. 

Untuk menghapusnya aplikasi yang tidak berguna dan tidak bermanfaat yang ada di ponsel android sangat mudah, anda tinggal masuk ke menu setting (pengaturan) lalu pilih aplikasi, klik aplikasi yang ingin anda hapus, kemudian klik uninstall, selesai. 

Gunakan Files Go 

Aplikasi besutan Google ini akan mempermudah kita untuk mengatur dan membersihkan slot penyimpanan file pada ponsel. Desainnya yang simpel memudahkan untuk kita menggunakannya. Files Go punya dua bagian, Storage dan Files. Tekan Storage untuk melihat seberapa banyak ruang penyimpanan di ponsel yang masih tersedia. Di bagian ini juga kita turut diberikan tips untuk membuat lapang ruang penyimpanan. Selain itu kita dapat mudah membersihkan cached data pada aplikasi. 

Sesuaikan Kondisi RAM Dengan Aplikasi yang Ada 

Jika ponsel yang kamu pakai terbatas RAM dan memori internalnya, disarankan menggunakan aplikasi versi ringan. Saat ini sejumlah developer merilis versi lite dari aplikasinya, contohnya YouTube Go, Twitter Lite, Skype Lite, Facebook Lite dan lain-lain. 

Live Wallpaper (Wallpaper bergerak) 

Jangan menggunakan Live Wallpaper atau wallpaper yang bergerak (Online), karena bisa membuat ponsel melambat alias. Disarankan memakai wallpaper biasa saja atau bisa juga menggunakan wallpaper bawaan dari ponsel tersebut itu lebih baik agar kinerja android anda maksimal. 

Launcher 

Sejumlah launcher bawaan vendor kerap melambatkan performa ponsel. Coba ganti dengan launcher yang ringan, misalnya Google Now Launcher. 

Background Ponsel 

Aplikasi yang berjalan di latar belakang cenderung menguras baterai. Jadi sangat disarankan untuk rutin memantau penggunaan baterai telpon. 

Hapus Gambar (Foto) yang Tidak perlu dan penting 

Jangan menyimpan terlalu banyak gambar yang tidak penting seperti wallpaper hasil dari download karena bisa memicu kelemotan ponsel android anda. hapuslah foto atau wallpaper yang tidak perlu dan tidak penting agar kinerja ponsel andoird anda stabil. 

Jangan Pakai Ponsel Saat Di Charger 

Hal yang sering anda lakukan adalah memakai ponsel anda saat di charger, etnah itu mendegnarkan music, main game, main sosmed dan lain sebagainya. perlu anda ketahui jika anda selalu memakai ponsel pada saat pengisian baterai, maka kinerja dari ponsel anda akan terganggu dan alhasil ponsel anda akan cepat ngehang dan juga akan cepat rusak pastinya. 

Itulah beberapa hal penyebab dari lemotnya ponsel android anda, pertimbangkan dengan baik aplikasi apa yang harus anda gunakan dan pakai di ponsel anda agar ponsel anda awet dan tidak lemot yang bikin anda repot sendiri nantinya. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.
Loading...

4 Responses to "Cara Mudah Mengatasi Ponsel Android Lemot"

  1. Oh,aku kadang sering gunain ponsel saat dicharger ..
    Kalo gitu, sekarang ngga lagi deh.

    Terimakasih infonya.

    BalasHapus
  2. yang terakhir memang paten sekali :D

    BalasHapus

Tips Mudik Aman, Perjalanan Pun Nyaman Ala Himawanputra.com

#MudikAmandanNyaman - Bulan Suci Ramadan 2018 telah berkumandang di seluruh dunia untuk memberi kabar kepada seluruh umat muslim yang ber...