Cara Menghindari Rasa Jenuh dan Bosan Dalam Bekerja - Maschun.com

Breaking

Rabu, 14 Maret 2018

Cara Menghindari Rasa Jenuh dan Bosan Dalam Bekerja

BACA JUGA ARTIKEL BERIKUT INI :
loading...
Menjalankan Rutinitas sebagai seorang pekerja kasar, karyawan, pembisnis, pengusaha dan juga seorang penulis, dan juga blogger tentunya tak selamanya menyenangkan, tak selamanya berjalan mulus dan tak selamanya pekerjaan tersebut tidak menemukan titik jenuh dan bosan. Namun apapun yang kau rasa, kitaharus tetap menjalankan pekerjaan tersebut karena kita tau saat ini susah mencari kerja, susah ekonomi dan juga kebutuhan semakin melonjak tinggi. 

Agar terhindari dari stress yang berkepanjangan yang membuat mood dan kesehatan anda terganggu nantinya karena anda penat yang sudah menjamur dalam pikiran dan diri anda, maka lakukan sesuatu berikut ini agar setiap anda bekerja, anda terhindari rasa jenuh, bosan yang berujung stress dalam menjalankan aktivitas anda tersebut. Simak beberapa hal yang harus anda lakukan untuk menghilangkan rasa penat dalam aktivitas anda sehari-hari : 

1. Bangun Pagi 

Memang kebanyakan dari kita malas untuk bangun pagi, Apalagi sholat subuh, banyak dari kita yang meninggalkan waktu sholat subuh ini karena di biasakan. Namun jangan terlalu manja dengan diri sendiri karena hal itu tidak baik untuk hidup anda nanti dan di kemudian hari nanti. 

Terlepas dari itu semua, Biasakan setiap hari sebelum memulai aktivitas, bangunlah pada saat hari masih pagi. Efek dari anda bangun pagi ini adalah udara yang masih segar bugar akan masuk ke dalam tubuh anda dan pikiran anda akan fresh. Jika oxygen yang masuk ke dalam tubuh anda masih segar dan bersih, maka anda akan terhindari dari pikiran yang negatif seperti malas, bosan, jenuh untuk memulai pekerjaan anda hari ini. 

Selain membuat diri semangat jika anda bangun pagi, juga baik bagi kesehatan diri anda. Jika anda rajin bangun pagi dan melakukan beberapa gerakan ringan pda tubuh anda, maka anda akan awet muda, terhindari stress, dan juga anda tidak mudah terserang penyakit. 

2. Siapkan Segala sesuatu Dengan baik Sebelum Berangkat dan memulai Aktivitas 

Hal ini memang sepele kelihatannya, namun efeknya kepada diri anda luar biasa. Seperti halnya pada saat anda ingin memulia aktivitas sehari-hari, pada saat anda sudah berada dijalan dengan bermacet-macetan ria seperti kota Jakarta ini, Ada yang lupa atau ada yang tertinggal seperti alat pekerjaan anda dan juga kebutuhan pekerjaan anda. 

Dengan keadaan tersebut, maka anda akan panik. Apalagi peralatan tersebut adalah alat untuk anda menjalankan pekerjaan yang anda akan lakukan. Anda akan bolak-balik jika tak ada orang yang mengantarkannya. Anda akan merasa cemas dan kesal kepada diri anda pastinya kenapa harus lupa dan tak ingat. 

Jika hal itu terjadi dalam hari anda, maka anda merasa terganggu pada saat anda bekerja nanti, rasa kesal yang berakhir dengan kejenuhan akan terlihat jelas dalam anda menjalankan pekerjaan dalam hari anda. Jika sudah begitu, waktu tak akan dapat anda nikmati dengan baik. 

3. Jangan Terlambat Datang Untuk Bekerja 

Biasakan datang ke kantor, ke tempat anda beraktivitas sebelum jam pekerjaan itu dimulai. Jika anda datang tepat waktu, atau pun terlambat, maka anda akan tergesa-gesa yang berujung kepanikan dalam diri anda. Apalagi pekerjaan anda adalah tempat kerja yang deadline banget, pekerjaan anda banyak dan atasan yang super ekstream galaknya minta ampun, jika anda terlmbat, maka semua akan buyar dan berujung bosan dan jenuh nantinya datang ke dalam diri anda. 

4. Sarapan Terlebih Dahulu Biar tahan banting 

Jika dirumah anda tidak sempat sarapan, minum kopi atau the yang biasa ngopi dan ngeteh dipangi hari, maka lakukan itu di kantor, dengan catatan anda datang ke kantor lebih awal agar anda tidak termakan jam kerja yang tentunya tidak baik bagi diri dan karir anda jika dilakukans hari oleh atasan anda. 

5. Mulailah Bekerja Dengan Santai Dan Rileks 

Jangan Tergesa-gesa dengan pekerjaan yang menumpuk, laporan yang belum selesai. Jangan di pikirkan tapi di kerjakan. Jika hanya dipiirkan maka pekerjaan itu tak akan selesai nantinya. Kerjakan pekerjaan yang urgent terlebih dahulu dan pastikan anda fokus untuk menyelesaikannya tepat waktu. 

6. Ikuti Irama Diri Anda 

Jika anda adalah orang yang tak bisa bekerja dengan sesuatu kebiasan yang sering anda lakukan saat bekerja, maka ikutilah irama tersebut agar anda tidak bosan dalam menyelesaikan pekerjaan anda tersebut. Contohnya anda hoby banget mendengarkan musik saat bekerja, maka ikutilah kemauan diri anda tersebut dengan catatan tidak menganggu aktivitas yang lain dan juga pekerjaan anda. 

7. Isitrahatlah Sejenak Jika Pikiran anda semakin memburuk 

Jika pekerjaan yang anda kerjakan semakin ruwet dan semakin numpuk, jangan dipaksa untuk memksa diri untuk melakukan dan menyelesaikan dalam sekejap karena itu akan membuat anda akan merasa terpukul dan bosan nantinya. Berdirilah sejenak dengan melihat ke luar kantor, atau ke pentry agar otak anda tidak jenuh dan kembali lagi ke meja dalam beberapa menit hingga anda menemukan semangat anda lagi untuk menyelesaikannya. 

8. Jam Isitrahat Gunakan Dengan Baik 

Jika jam istirahat sudah tiba, maka gunakan dengan baik untuk makan siang, sholat zuhur dan jika perlu anda isitrahat dengan merebahkan tubuh anda agar anda sedikit rileks dan juga menenangkan tubuh anda dari rutinitas yang super padat dan melelahkan. 

9. Kembali Bekerja Jika Sudah Isitrahat sudah Selesai 

Jangan bermain dengan waktu, Apalagi anda seorang karyawan, Jika anda selalu melakukan hal yang sama setipa harinya dengan berleha-leha menghabiskan waktu dalam jam kerja dengan tujuan bukan tujuan bekerja, maka anda terlihat seorang yang suka menghabiskan waktu tak karuan dan ingat ada penilaian untuk diri anda. Sudah pasti, karir anda tidak akan kunjung naik pangkat. 

Hal ini tentunya tidak berdampak pada karir anda saja, namun juga berdampak pada diri anda juga. Jika anda melakukan itu setiap habis jam isitirahat, maka anda tidak mengajarkan diri anda untuk disiplin dan biasanya akan menular pada pekerjaan dan kegiatan lainnya jika anda melakukannya ditempat lain. 

10. Pulang Dengan Senang Dna Gembira 

Apapun hasil yang anda dapatkan hari ini, maka bersyukurlah dengan hati yang senang dan gembira. Jangan memaksa diri untuk menyelesaikan pekerjaan anda hari hingga larut malam, karena waktu sangat berharga untuk anda. Yan Namanya pekerjaan tak aka nada habisnya walaupun anda harus menginap di kantor. Ingat, Masih ada orang yang membutuhkan diri anda di luar sana dan berikan mereka kesempatan untuk bercengkrama dengan anda. Jangan habiskan waktu anda hanya untuk bekerja karena itu akan membuat anda tidak akan pernah merasakan betapa indahnya hidup. 

Pulanglah dengan semangat juga untuk bertemu dengan keluarga dirumah dan kembali esok hari dengan semangat pula. Hal ini dilakukan agar anda tidak bosan dan tidak jenuh untuk bekerja setiap hari dan anda terhindari sikap bolos dalam bekerja. Jika anda selalu menelesaikan pekerjaan hingga malam hari dan itu tidak selesai juga, maka ada kemungkinan anda akan sakit atau merasa bosan dan pada esok harinya anda jadi malas masuk kerja. 

Itulah beberapa hal yang harus anda lakukan agar aktivitas yang anda kerjakan berjalan dengan baik, terhindari dari kejenuhan, bosan dan juga stress. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, semoga anda sukses selalu dalam menjalankan hidup anda, terima kasih.

2 komentar:

  1. makasih tipsnya, saya setuju dengan poin pertama, bangun pagi memang terasa malas, tapi beda loh rasanya saat bangun pagi dan bangun terlalu siang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, semoga ulasan diatas bermanfaat

      Hapus