Bersama UNTAN Membangun Negeri dan Bangsa Indonesia

Bersama UNTAN Membangun Negeri dan Bangsa Indonesia Bersama UNTAN Membangun Negeri dan Bangsa Indonesia   - Pada ulasan kali ini, pe...

Cara Menenangkan Diri Saat Kegagalan Datang Menghampiri

;
Namanya Hidup, Tak semua berjalan dengan mulus, tanpa masalah dan tanpa cobaan. Sudah pasti menemukan masalah, baik dalam skala besar atau pun kecil. Tak ada seorang pun di dunia yang menginginkan ada masalah dalam hidupnya, semua orang pasti tidak mau memikulnya, namun itu tak akan pernah terjadi karena sejatinya hidup ibarat sebuah perjalanan yang di dalamnya akan menemukan banyak dalam hal termasuk segala cobaam dan rintangan yang menghadang. 
Cara Menenangkan Diri Saat Kegagalan Datang Menghampiri

Sebagian dari mereka berpendapat, Jika harus sabar melewati dan menghadapi persoalan tersebut, dan pula yang berpendapat itu tak mudah untuk dilewati dan ada juga yang berpendapat kau tak merasa apa yang aku rasa, betapa sakitnya jika kau mengerti dan tau. 

Sebenarnya apa yang dirasa dan apa yang terjadi dalam diri seseorang tak ada yang seratus persen memehami dan mengerti dengan baik kecuali diri sendiri. Apalagi saat terpuruk dalam sebuah kegagalan, obat paling mujarab menyebuhkan keadaan itu untuk kembali normal lagi adalah diri sendiri juga, orang lain hanya bisa mendengar, memberi nasehat sementara yang menjalani dan merasakan diri kita sendiri. 

Lalu apa saja yang harus kita lakukan saat kegagalan itu datang menghampiri kita agar kita tabah dan tidak terpuruk agar bisa kembali bersemangat untuk melanjutkan kehidupan kita setelahnya. Berikut beberapa hal yang harus anda lakukan : 

1. Bercerminlah, Lihat Diri Anda Dengan Teliti 

Lihat diri kita, bercerminlah dan tataplah tubuh kita dari ujung kaki hingga ujung kepala. Apakah ada yang kurang atau yang aneh dengan diri kita sehingga kita begitu mudah untuk menyerah begitu saja. Jika tak ada yang aneh dan kurang dari diri anda, maka anda perlu bersyukur dan tersenyum dan abaikan apa yang sedang terjadi saat ini karena diluar sana masih banyak orang yang kurang dan aneh rupa tapi mereka tidak pernah mengeluh dan tidak pernah menyerah dengan hidup mereka. 

Lihat diri anda, masih terlalu muda, tampan, cantik dan masih memiliki keluarga, sahabat dan juga teman. Lihat mereka di luar sana yang tidak memiliki siapa-siapa untuk mengadu, tiada tempat untuk berteduh, tiada keluarga, sahabat untuk berbagi dan tiada teman untuk tertawa, namun mereka tetap masih bisa tersenyum dan berusaha sekuat jiwa raga untuk bisa meneruskan hidup ini walau kadang air mata kesedihan begitu rentan menghantui mereka. 

Jadi, Sadari diri anda dengan baik, karena anda terlalu rugi hanya karena kegagalan hari ini merusak masa depanmu. Jika kegagalan itu terjadi dalam hidup anda, maka jangan pikirkan kenapa kegagalan itu menghampiri anda tapi pikirkan kenapa saya gagal, itu lebih baik dari pada kau meratapi kegagalan itu dengan bermalasan sementara waktu akan terus berjalan dan anda makin terpuruk terseret waktu. 

2. Kembalilah Ke Masa Tersulit Anda 

Kata orang pengalaman adalah guru yang terbaik dalam hidup seseorang. Perkataan itu sebenarnya adalah benar dan betul karena jika anda saat ini di timpa kegagalauan karena sebuah kegagalan. Seberat apapun masalah anda, maka kembalikan itu semua ke masa tersulit anda pada masa lalu. Anda pasti pernah mengalami hal sulit sebelunya tapi anda bisa melewatinya. Hal itu bisa anda jadikan bahan untuk memuka file lama yang tentunya berguna untuk menyembuhkan keadaanmu saat ini. Kau pikirkan lagi jika kau adalah orang yang begitu tangguh pada saat itu, dimana kau mampu melewati masa itu dengan bijak dan indah tanpa harus menyiksa diri. 

3. Kegagalan Hari ini Bukan Akhir Dari Segalanya 

Anda harus mengerti soal waktu, Waktu tak akan berjalan ditempat, hari ini akan berlalu, esok akan datang dan lusa pasti menghampiri. Jika anda gagal hari ini, maka jangan bawa kegagalan itu esok dan lusa nanti, namun jadikan semangat jika kegagalan itu adalah kenangan terindah yang menjadikan diri anda semakin kuat bukan malah lemah gemulai. 

Tinggalkan kegagalan itu pada saat ini, jangan bawa kegagalan itu ke masa depan anda dengan cara banyak melakukan kegiatan yang lebih baik lagi mulai dari sekarang bukan menunggu rasa sakit karena kegagalan itu sembuh. Jika anda menunggu rasa itu pergi dari diri anda dengan bermalas-malasan ria, maka anda tidak akan pernah bisa bahkan akan makin terpuruk terbunuh oleh waktu dengan perasaan yang cemas. 

4. Keluar Rumah Untuk Melihat Keadaan sekitar, Berkunjung ke Rumah Keluarga, Sahabat dan Juga Teman 

Jika terlalu menusuk hati tentang apa yang sedang terjadi dalam diri anda karena sebuah masalah dan juga kegagalan dalam hidup anda, maka jangan diam dirumah saja, mengurung diri, bahkan tidak mau bicara lagi. Jika kau melakukan itu bukannya akan menghilangkan rasa sakit tersebut melainkan tambah parah karena sendiri itu tidak baik ketika seseorang dalam masalah. 

Keluar rumahlah, lihat lingkunganmu, mungkin pikiranmu akan terbuka, matamu akan tertuju pada sebuah kejadian yang membuat kau sadar jika kau masih lebih baik daripada mereka, hidupmu lebih berharga daripada mereka dan kau masih memiliki harapan yang besar untuk bisa mendapatkan yang jauh lebih baik. 

Jika tak reda juga, berkunjunglah ke rumah keluarga yang mungkin suasana disana membuat hatimu gembira seperti bertemu ponakan, dan bercengkrama dengan keluarga yang lain karena dengan kita bersilaturahmi, biasanya masalah yang sedang melanda sedikit demi sedikit akan pergi dan berkurang. 

Atau bisa juga menemui sahabat, bercerita dengannya agar kau melepas semua keluh kesahmu. Jika kau tak memiliki sahabat, teman juga bisa kau jadikan tempat untuk bisa tertawa lepas dan perlahan kau akan lupa dengan kegagalan dan masalah yang sedang kau hadapi. 

5. Jangan Sendiri, Kau Tak Akan Sanggup 

Dalam keadaan terpuruk, jangan biasakan untuk sendiri terus, diam dalam kesendirian dan tidak mau melakukan apa-apa. Itu salah besar, karena jika anda melakukan itu, bukan akan menyelesaikan masalah yang kau hadapi, malahan akan menambah masalah nantinya karena jika kau pendam sendiri, maka kau akan lelah berpikir dan akhirnya kau akan jatuh sakit. Jika sudah sakit, maka semua akan menjadi lebih buruk lagi dan sudah pasti akan menambah masalah lagi. 

6. Ketika Semua Tak Bisa Lagi Menyembuh dan Memendung Rasa Sakit Karena Kegagalanmu dan Tiada Tempat Lagi yang Kau Tuju Untuk Kau Bercerita, Maka Ingatlah Satu Jalan ini Yaitu Tuhanmu 

Jika semua hal terasa hampa dan tak berhasil kau lakukan. Semua cara tetap saja tidak mampu untuk membujuk dan merayu diri untuk bangkit kembali, maka ingatlah Tuhanmu dengan indah, menangislah di dalam sujudmu dalam helaian kalimat do’a-do’a yang teraluntkan dari hati karena semua yang terjadi diatas dunia ini adalah kehendak-NYA dan semua dia yang mengatur termasuk apa yang terjadi dalam hidupmu. 

Lepaskan segala gundah gulanamu dihadapan-NYA, Curahkan segala masalahmu dengan sungguh-sungguh bersimpuh di hadapan-NYA, maka setelah itu kau akan merasa tenang dan bisa melanjutkan kembali hidupmu dengan semangat dan semoga apa yang kau inginkan dan cita-citakan tergapai dengan indah pada waktu yang indah pula. 

Itulah beberapa hal yang dapat penulis sampaikan sesuai dengan apa yang penulis lakukan saat waktu tidak begitu bersahabat dengan diri. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, bagi anda yang sedang dilanda masalah dalam hidup ini, semoga dapat terselesaikan dengan baik dan bisa kembali bersemangat untuk menggapai apa yang menjadi keinginan hati, terima kasih.
;

Baca Juga :

Loading...

0 Response to "Cara Menenangkan Diri Saat Kegagalan Datang Menghampiri"

Posting Komentar