Cara Menenangkan Diri Saat Hati di Rundung Gelisah

Kegelisahan hati terkadang datang tanpa permisi dalam diri kita sehingga membuat kita sulit untuk melangkah menjalani hari penuh dengan semangat. Penyebabnya terkadang mampu kita telusuri namun terkadang juga tak mampu kita tebak, hanya hati yang mampu merasakan tanpa melihat apa yang sedang terjadi pada diri. 
Cara Menenangkan Diri Saat Hati di Rundung Gelisah

Dalam keadaan tersebut tentunya seseorang akan merasa terpukul karena melakukan apapun terasa tidak enak dan juga tidak berarti karena jauh dari kata tenang dan juga fokus. Terkadang pula kegelisahan ini dapat berujung menjadi hal yang buruk karena kelalaian diri pengaruh dari gelisah yang sedang melanda diri. 

Mencari solusinya untuk mengusirnya adalah hal yang paling utama, namun terkadang tak mengerti apa yang harus dilakukan agar kegelisahan dalam hati ini pergi meninggalkan diri dan kembali semangat untuk menjalani waktu tanpa pamrih. 

Nah, Jika saat ini anda yang sedang dibalut gelisah, dirundung pilunya hari, maka untuk kembali semangat kembali, cobalah melakukan beberapa hal dibawah ini untuk mengusir rasa was-was alias gelisah dalam diri anda. Simak dibawah ini obat mujarabnya : 

Ingatlah Sama Tuhan 

Tak ada yang lebih baik dalam ini kecuali kita harus mengsyukuri denganhati yang berish dan juga meneriman dengan lapang dada tanpa harus mengusik jika itu tak adil bagimu. Dengan bersyukur atas hidup yang kita miliki hingga detik ini, maka kita akan mengingat Tuhan, Dengan selalu berpegang teguh dengan kekuasaannya, Maka diri anda akan merasa tenang karena hati anda merasa yakin jika semua akan berakhir dengan indah tanpa harus merasakan gelisah secara terus menerus. 

Jadi, Tak perlu minum obat penenang untuk mengusir rasa gelisah ini dalam diri anda, Anda cukup memahami dan mengerti Jika Tuhan maha baik, maka kasih dan sayang kepada Hambanya. Dengan cara begitulah anda akan merasa tenang untuk bisa kembali bersemangat dalam menjalani kehidupan anda tanpa gelisah kembali. 

Berwudhu 

Saat amarah dan gelisah sedang menghampiri diri anda, Begitu terasa pekat dalam hati dan jiwa ingin berontak tak karuan harus bagaimana. Supaya diri anda merasa tenang dan lega, maka saat hal itu terjadi pada diri anda, Maka obat yang paling cepat adalah dengan anda berwudhu. Dengan berwudhu anda akan merasa tenang karena tersentuh dengan kesejuakan air dengan doa yang terkandung dalam bacaan berwudhu tersebut. 

Membaca Al-Qur’an 

Bagi Umat Islam, Al-Qur’an merupakan pedoman yang mutlak untuk mengarungi bahtera kehidupan diatas dunia ini. Al-Qur’an mengandung banyak makna, tujuan, petnujuk dan ilmu didalamnya. Jika anda ingin menguasai dunia, maka Al-Qur’an adalah inti dari semua yang ada di dunia dan dilangit. Al-Qur’an merupakan wahyu dari Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yang merupakan mujizat paling agung. 

Nah, Bagi anda yang merasa gelisah dalam waktu anda, maka dengan membaca ayat dalam Al-Qur’an ini, maka anda akan merasa tenang sebab Al-Qur’an ini merupakan As-Syifa yang artinya penawar atau obat, termasuk bagi hati yang sedang gelisah, maka hendaklah membaca Al-Qur’an dalam waktu anda. Selain itu Al-Qur’an juga wajib bagi umat Muslim untuk membacanya dan juga mengerti akan kandungannya. 

Berdzikir dan Bersholawat 

Jika Dalam waktu anda, hati anda begitu terpukul dirundung kegelisahan, maka ingatlah dengan Allah SWT dan berzikirlah kepadanya serta jangan lupa untuk Bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Dengan anda melakukan hal itu, maka Insya Allah kegelisahan dalam waktu anda akan lenyap dan anda akan kembali bersanding dalam menghadapi waktu untuk menggapai kebahagian dunia dan akhirat. 

Ikut Pengajian 

Dengan bertemu dengan orang-orang yang soleh dan ahli agama, maka anda dapat sharing berbagi hal yang sedang anda rasakan. Dengan saling bertukar pikiran, maka kemungkinan besar rasa gelisah yang sedang anda alami akan cepat menghilang, karena dekat dengan orang yang soleh dapat memberikan petujuk yang baik dalam mengarungi kehidupan diatas dunia ini. 

Positif Thinking 

Banyak yang bilang semua yang terjadi dalam diri seseorang karena pikirannya sendiri. Hal itu telah teruji saat kondisi tubuh kita mau sakit. Jika kita berpikiran akan sakit, maka sakit tersebut akan datang sesuai dengan prediksi anda, namun jika anda menolak untuk sakit, maka kemungkinan besar anda tidak akan sakit dan berupaya untuk mencegah dan melawannya. 

Begitu juga dengan hal yang lain seperti gelisah misalnya. Jika saat diri anda dirundung gelisah karena berbagai faktor hidup, sebenarnya itu adalah pola dari pikiran anda sendiri karena sesuatu yang sedang harapkan, anda kerjakan tak membuahkan hasil yang baik bagi anda, maka hati anda akan merasa terpukul dan gelisah harus bagaimana. 

Jadi, Pikiran dapat membuat seeorang itu hancur dan juga sukses. Jika gelisah ini menghantui pikiran anda, maka lawanlah dengan berpikiran baik dan percaya jika suatu hari nanti semua akan baik-baik saja dan semua akan berakhir tanpa harus merasakan gelisah ini terus menerus. 

Menyibukan Diri Dengan Hal yang Disukai/Hobbi 

Mengusir gelisah juga bisa dilakukan dengan cara ini yaitu dengan melawan rasa gelisah tersebut dengan melakukan banyak hal yang anda sukai alias menjalani hobbi kita seperti main futsal, Nonton, Menulis, memasak, makan-makan, jalan-jalan dan hobbi yang sesuai dengan diri anda. Cara ini juga dapat menghilangkan gelisah anda. 

Itulah beberapa hal yang dapat penulis sampaikan dalam mengatasi rasa gelisah dalam diri. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, tetap semangat dalam menjalani waktu dan semoga kesuksesan selalu menyertai anda baik dunia hingga akhirat kelak, amin. Terima kasih.
Loading...

5 Responses to "Cara Menenangkan Diri Saat Hati di Rundung Gelisah"

  1. berarti caranya yang palin utama adalah mendekatkan diri dengan sang pencipta ya.

    BalasHapus
  2. Mungkin kalo travelling bisa dimasukkan poin terakhir ya..

    Karena menurut saia dengan travelling maka kita akan melihat luasnya dunia sekaligus kebesaran Tuhan yang jauh lebih besar dari masalah kita..
    Yang mana nantinya kembali lagi ke poin awal; Mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok terima kasih masukannya mas, sangat bermanfaat untuk saya menulis lagi

      Hapus
  3. Aku juga lebih memilih mendekatkan diri ke Tuhan dan menyibukkan diri dengan hobi.

    Ngga mau lama-lama pikiran dan hati resah, mas 😁

    BalasHapus

Tips Mudik Aman, Perjalanan Pun Nyaman Ala Himawanputra.com

#MudikAmandanNyaman - Bulan Suci Ramadan 2018 telah berkumandang di seluruh dunia untuk memberi kabar kepada seluruh umat muslim yang ber...