Cara Memulai Presentasi Kerja Bagi Pemula - Maschun.com

Breaking

Selasa, 13 Maret 2018

Cara Memulai Presentasi Kerja Bagi Pemula

BACA JUGA ARTIKEL BERIKUT INI :
loading...
Dalam dunia kerja, tentunya ada yang namanya Presentasi Kerja. Dimana Presentasi kerja untuk meningkatkan keakftifan karyawan dalam bersosialisasi dalam meningkatan performa kerja yang baik dan benar. Dalam Dunia Kuliah kita tentunya sudah mengalami dan mengetahui apa itu Presentasi, namun di dunia kerja tentunya tak jauh beda dengan presentasi skripsi dulu, hanya saja bedanya jika presentasi skripsi kita membahas skripsi yang buat kepada dosen penguji tapi kalau presentasi kerja kita membahas pekerjaan yang kita jalani setiap hari atau ilmu yang kita miliki saat kerja agar orang lain dapat menilai seberapa baik anda dalam mengelolah pekerjaan anda. 
Cara Memulai Presentasi Kerja Bagi Pemula

Biasanya presentasi kerja ini dilakukan pada saat ada pengangkatan karir, produk terbaru, atau memperkenalkan bisnis di perusahaan kita kepada klien atau customer baru. Tentunya lebih tinggi tantangannya daripada presentasi kuliah. Lalu bagaimana memulainya agar lebih rileks hingga selesai, berikut cara memulai presentasi kerja : 

1. Persiapan Diri 

Anda harus bersiap diri juga dalam melakukan presentasi ini seperti anda harus latihan sendiri dahulu dirumah, bertanya dengan teman caranya dan juga menyiapkan mental dengan sebaik mungkin agar pada saat anda berdiri di depan orang nanti tidak gugup dan tidak malu. 

2. Siapkan Bahan Prsentasi 

Bahan presentasi harus disiapkan terlebih dahulu dengan baik, sama seperti presentasi kuliah, dimana anda harus membuat power point terebih dahulu agar bisa anda gunakan saat presentasi ini. Biasakan membuatnya power point tersebut enak dilihat, mudah dimengerti dan anda juga tidak kesulitan dalam memaparkannya nanti. 

3. Datanglah Sebelum di Mulai 

Datanglah ke ruang presentasi seeblum presentasi tersebut dimulai agar anda tidak tergesa-gesa dan juga keadaan anda lebih nyaman dan santai. Anda bisa juga membuka file presentasi terlebih dahulu sebelum dimulai agar pada saat dimulai semua bahan dan peralatan tidak ada yang salah dan ketinggalan dimuat di presentasi anda. 

4. Memulai Presentasi 

Jika semua orang yang akan mengikuti presentasi tersebut telah berkumpul dan sambutlah mereka dengan senyum penuh keramahan agar anda dapat mengenal mereka dengan baik dan pada saat anda membawa presentasi nanti tidak terlalu gugup. 

Ucapkan salam seperti selamat pagi, siang, sore dan malam sesuai waktu pda saat anda presentasi tersebut. Jangan terlalu kaku berdiri saat mengucapkan salam tersebut, ucapkan salam tersebut dengan rilek dan santai saja. 

Jangan langsung ke pembahasan materi yang ingin anda sampaikan karena anda akan terlihat begitu kaku dan membosankan. Biasakan untuk mengeluarkan kalimat pembuka terlebih dahulu, entah itu tentang sejarah perusahaan anda, produk perusahaan anda atau boleh juga dengan isu yang terjadi di luar sana ang berkaitan dengan materi yang ingin anda bahas nanti. 

Contoh kalimat pembuka presentasi kerja : 

“Selamat pagi para rekan kerja (sesuaikan dengan tamu yang hadir), Pada kesempatan kali ini izinkan saya untuk sharing apa yang saya ketahui tentang finance misalnya. Perlu kita ketahui jika saat ini, pertumbuhan ekonomu kita sangat bersaing dengan Negara asian lainnya, hal itu terlihat dari perkembangan yang terjadi di dunia bisnis dan usaha yang ada di Indonesia ini. Kita sangat mengerti pastinya, Jika perusahaan tentunya tidak akan berjalan dengan baik dan maju jika keuangannya tidak teratur dengan baik. 

Nah, Berhubungan dengan itulah, pada presentasi kali ini, saya akan membahas tentang keuangan perusahaan yang kebetulan saya berada di posisi tersebut. Namun sebelum dimulai, kita akan simak dahulu video berikut ini tentang keuangan dalam sebauh perusahaan (video bisa anda ambil di youtube atau bikinan anda sendiri). 

Barulah anda membuka bahan presentasi anda dan memulai apa yang ingin anda bahas dan pastikan anda membawanya tidak terlalu panjang dan pendek, yang pasti harus jelas dan tidak membosankan. 

5. Sharing (Tanya Jawab) 

Jika bahan yang anda sampaikan sudah selesaikan, izinkan klien anda untuk bertanya atau jika tidak ada yang bertanya, maka anda yang harus bertanya agar anda terlihat begitu menginginkan mereka mengetahuinya dengan baik apa yang anda sampaikan dalam presentasi tersebut dan setelah anda selesai mereka dapat mengerti apa yang disampaikan tersebut dan bermanfaat bagi mereka. 

6. Tutup Presentasi 

Jika sudah selesai dan tidak ada lagi yang ingin bertanya atau hal lain yang ingin anda sampaikan, maka tutplah presentasi anda dengan gembira dan ucapkan juga kepada klien anda terima kasih yang sebesar-besarnya karena telah menjadi bagian dari kesuksesan presentasi anda dan katakan kepada mereka semoga apa yang anda sampaikan dapat bermanfaat bagi mereka. 

7. Selesai 

Jika sudah selesai dan tamu presentasi anda sudah meninggalkan tempat presentasi, maka bereskan bahan presentasi anda dan belajarlah dari pengalaman anda tersebut, jika pada saat anda presentasi tadi ada hal yang salah dan kurang, maka jadi dasar anda untuk memperbaikinya di kemudian hari. 

Semoga apa yang tersamapikan diatas dapat menjadi bahan bagi anda yang baru memulai presentasi di dunia kerja, bisnis dan juga usaha. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

4 komentar:

  1. Sangat bermanfaat

    kebetulan aku baru mau mau nyari kerja hehehe

    BalasHapus
  2. kita harus datang lebih awal dan tidak boleh telat agar citra kita menjadi terjaga, betul sekali apa yang dikatakan diartikel diatas.

    BalasHapus