Bersama UNTAN Membangun Negeri dan Bangsa Indonesia

Bersama UNTAN Membangun Negeri dan Bangsa Indonesia Bersama UNTAN Membangun Negeri dan Bangsa Indonesia   - Pada ulasan kali ini, pe...

Cara Memulai Penyusunan Skripsi Kuliah Agar Cepat Selesai

;
Maschun.com – Masa Akhir dari kuliah adalah penyusunan Skripsi. Biasanya tergantung kebijakan kampus, ada yang melewati proses proposal terlebih dahulu sebelum lanjutke Skripsi dan juga yang menerapkan langsung menyusun skripsi. Tahap ini merupakan hal yang terkadang membuat tenaga dan pikiran mahasiswa begitu terkuras. Bukan saja lelah mencari bahan dan materi untuk skripsi atau keuangan yang harus dipersiapkan untuk biaya foto copy dan biaya lainnya, namun juga beban pikiran yang terus berkumandang dalam diri ingin cepat selesai dan wisuda. 
Cara Memulai Penyusunan Skripsi Kuliah Agar Cepat Selesai

Dalam keadaan tersebut tentunya para mahasiswa harus cekatan dan pandai mengatur waktunya dengan baik dan tahap penyusunan skripsi merupakan tahap melatih diri juga pastinya untuk mengatur waktu, kerja keras, berusaha dan juga selalu ingat sama Tuhan. Jadi, Dalam penyusunan skripsi, bukan sekedar menulis dan menyusun kalimat saja, namun banyak pelajaran dan hikmah yang terkandung di dalamnya. 

Lalu Bagaimana memulai bimbingan Skripsi agar cepat selesai dan aman dan mudah untuk dijalani, Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan jika anda sedang dalam tahap penyusunan skripsi ini : 

1. Siapkan Diri Dengan Selalu Menjaga Kesehatan 

Hal pertama yaitu anda harus sehat dulu, baik itu jasmanis maupun rohani. Jika anda dalam keadaan sakit, maka pada masa bimbingan dan penyusunan skripsi berlangsung, anda dalam keadaan sehat walafiat. 

2. Persiapkan Keuangan 

Keuangan hal yang penting juga dalam penyusunan skripsi ini karena dalam tahap dan proses ini anda akan dihadapkan dengan berbagai pengeluaran rutin seperti ongkos mondar-mandir ke kampus, menemui dosen jika dia berada ditempat lain atau rumahnya dan foto copy berkas dan juga materi untuk skripsi yang sedang disusun. 

3. Fokus dan lawan rasa malas 

Jangan banyak pikiran dan juga terlalu menganggap skripsi itu sulit. Skripsi itu hanya butuh dikerjakan, bukan ditangisi bahkan dengan kemalasan yang akut sehingga membuang waktu untuk menyusun skripsi tersebut. Fokus dan buang rasa malas yang ada dalam dirimu jika ingin cepat selesai, Jika anda menerapkan hal itu paling skripsi anda dengan cepat bisa selesai dengan baik. 

4. Jangan segan konsultasi dengan Dosen Pembimbing dan mendengarkan, mematuhi apa yang ia minta 

Setiap penyusunan skripsi sudah pasti ada dosen pembimbingya. Biasanya dosen pembimbing ini terdiri 2 dosen, dosen pembimbing pertama dan kedua. Jangan segan dan malas untuk bertemu, konsultasi dan memathui petunjuk apa yang di saranakan oleh dosen pembimbing anda. Jangan sekali-sekali melawan dan tidak mau mengiktui aturan mainnya, karena skripsi anda ada pada mereka. Jadi, pertimbangkan dengan baik hal ini demi kesuksesan anda dalam penyusunan skripsi. 

5. Harus banyak bertanya kepada keluarga, sahabat, teman yang telah melewati masa skripsi ini 

Tak perlu malu jika anda ingin cepat selesai skripsi anda. Bertanyalah kepada mereka yang telah pernah melewati masa skripsi ini agar anda dapat belajar bagaimana anda bisa melakukannya seperti mereka juga dan mungin saran itu terbaik untuk anda. 

6. Jangan Banyak Begadang Tanpa Karuan 

Dalam waktu anda menyusun skripsi ini biasanya sampai larut malam bahkan pagi dengan tujuan agar skripsi anda cepat selesai. Namun perlu anda ketahui juga, jangan terlalu memaksa diri, jika begadang hanya memikirkan skripsi saja tanpa ada yang dikerjakan seperti bahan untuk skripsi, lebih baik jangan, karena hanya akan membuat kondisimu semakin tepuruk dan bisa anda jatuh sakit nantinya. 

7. Menyikapi Hal yang terjadi di luar dugaan dalam proses penyusunan skripsi 

Biasanya hal ini akan terjadi, dimana hal yang tidak pernah anda pikirkan sebelumnya akan terjadi pada saat anda dalam tahap penyusunan skripsi ini. Seperti susah ketemu dosenlah, masalah gampang abnget datang dan berbagai hal lainnya yang membuat anda begitu sibuk dengan segala hal yang terjadi. Alhasil, anda down dan menyerah, jangan itu merupakan bagian dari cobaan dan rintangan dalam proses penyusunan skripsi. Jika anda berhenti, maka anda tidak akan lulus sampai kapan pun dan anda bersiap untuk di DO. 

8. Jangan lupakan Orang Tuamu dan juga Tuhanmu 

Dalam tahap penyusunan skripsi ini, maka memang berat, maka berbagailah kisah kepada orang tuamu, minta ridho dari mereka agar mereka restu dan mendo’akanmu agar cepat selesai skripsi. Jika pernah salah kepada mereka, minta ma’aflah kepada mereka agar skripsimu cepat selesai. 

Setelah semua dilakukan dengan baik, jangan mentang-mentang waktumu terkuras karena sibuk menyusun skripsi, waktu untuk menghadap Tuhanmu kau abaikan, Jangan, karena semua yang ada dan terjadi di atas dunia ini adalah atas izin dan kehendaknya, jadi berdo’a dan memohonlah kepada-NYA agar skripsimu cepat selesai. 

Itulah beberapa tahap yang harus anda lakukan dalam menghadapi tahap penyusunan skripsi kuliah. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya dan bagi anda yang saat ini sedang melawan waktu untuk bisa menyelesaikan skripsi anda, semoga cepat selesai dan melangkah untuk menjadi seorang sarjana. Akhir dari kalimat, semoga kesuksesan selalu menyertai anda, terima kasih.
;

Baca Juga :

Loading...

2 Responses to "Cara Memulai Penyusunan Skripsi Kuliah Agar Cepat Selesai"

  1. Kenapa baru ditulis sekarang Om
    Ah coba dari dulu
    Dipraktekin nih

    BalasHapus
  2. hahaha telat ya, tapi udah kelarkan skripsinya, alhamdullah dech,mungkin bermanfaat bagi yang nyusun sekarang mas

    BalasHapus