Cara Mempersiapkan Diri Menghadapi Ujian Nasional Sekolah

Ujian Nasional (UN) merupakan tahap akhir dari pembelajaran yang dilakukan di sekolah, yaitu dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Tentunya sebelum menghadapi Ujian akhir sekolah tersebut, segala halnya harus disiapkan dengan baik, mulai dari sendiri hingga peralatan pendukung yang akan digunakan untuk menghadapi ujian nasional nantinya. 
Cara Mempersiapkan Diri Menghadapi Ujian Nasional Sekolah

Ujian Nasional ini juga merupakan tahap yang menentukan, apakah anda bisa lulus untuk melanjutkan pendidikan selanjutnya yaitu kuliah, atau anda tidak lulus dan harus bertahan disekolah tersebut untuk mengikuti pelajaran seperti biasa hingga mengikukti ujian tahun depan, atau mengikuti paket C yang biasa tersedia untuk mereka yang tidak lulus dari UN ini. 

Hal apa saja yang harus disiapkan untuk menghadapi UN Tersebut?, simak beberapa hal yang harus disiapkan sebelum hari H ujian itu berlangsung baik itu dari diri ssendiri hingga peralatan pendukung untuk bisa mengerjakan soal ujian nanti dengan aman, nyaman dan yang pasti mendapatkan nilai yang baik hingga lulus. 

1. Memnita Restu Dari Kedua Orang Tua Dan Guru 

Mungkin hal yang pertama yang harus anda lakukan adalah meminta restu dari mereka yang sangat berpengaruh banget untuk anda menghadapi ujian nasional ini. Sebelum anda memulai mempersiapkan diri untuk bisa belajar dengan tenang dan giat, maka lebih baik minta restu, minta ma’af kepada kedua orang tua anda atas kesalahan yang mungkin saja pernah membuat mereka tersakiti. 

Begitu juga dengan guru-guru anda disekolah, di tempat menuntut ilmu lainnya, anda harus minta ma’af dan restu agar apapun yang pernah anda lakukan kepada mereka, mereka sudah mema’afkannya dengan baik sehingga dalam anda belajar anda akan tenang, mata pelajaran akan mudah masuk ke dalam otak anda. 

2. Belajarlah Dengan Baik 

Maksud dari belajar dengan baik bukan belajar tidak kenal waktu, seharian atau semalaman suntuk. Dengan belajar seperti itu bukannya tambah pintar malahan bisa jadi makin terpuruk karena otak dipaksa untuk menghafal hal yang bersamaan sekaligus. Bukan pula terlalu esktream dalam belajar seperti misalnya harus memaksa diri untuk ikut ujian percobaan ini dan itu agar bisa lulus, namun pada saat hari H-nya nanti anda binggung dalam menjawab soal karena sola yang anda praktekan tidak sama. 

Jangan pula belajar pada saat mau ujian itu berlangsung, seperti malam hari-nya atau esok paginya, karena itu bukannya membuat anda menjadi tenang, melainkan hanya akan membaut diri menjadi panik dan gegabah dalam menjawab soal nantinya. Biasakan jika esok adalah tanggal ujiannya, maka lebih baik pada malam harinya anda rileks dan tenangkan diri dengan bercerita kepada orang tua, berdoa dan al lain yang dapat memopang semangat anda untuk bisa lulus nantinya. 

Intinya belajar dengan baik adalah belajar tepat sasaran, tepat waktu dan tepat inti ujian yang akan dilewati nantinya. Seperti di Indonesia jika mata pelajaran yang menentukan anda lulus atau tidak adalah bahasa Indonesia, Matematika, dan Juga Bahasa Inggris biasanya. Nilai ketiga mata pelajaran tersebut tidak boleh dibawah angka yang telah ditentukan oleh pemerintah, jadi jika anda ingin lulus dengan baik, maka nilai anda harus lebih tinggi dari nilai ketetapan tersebut. 

3. Jangan Malas 

Malas adalah hal yang akan membuat segala hal menjadi berantakan termasuk dalam menghadapi ujian nasional ini. Jika diri anda bermalas-malasan datang ke sekolah, belajar kelompok, belajar dirumah, sharing dengan guru, dan juga saat pulang bukannya langsung pulang, malah nongkrong. 

Jika anda melakukan hal itu, maka sudah pasti anda tidak akan mendapatkan nilai baik bahkan anda tidak lulus dalam ujian nasioanl nantinya. Jika tidak lulus, maka pukulan telak bagi diri anda sendiri dan juga orang tua anda yang telah megeluarkan banyak biaya untuk anda sekolah, Pikirkan itu dengan baik dan cermat. 

4. Saling Memaafkan Dengan Teman Sekolah 

Saling berma’afkan satu dengan yang lainnya disekolah tentunya hal yang patut dilakukan juga karena kita sangat mengerti jika seseorang yang tersakiti mungkin saja menjadi batu ganjalan bagi anda yang sedang menghadapi ujian nanti, karena mereka pernah adan sakiti maka mereka akan mendo’akan anda hal yang kurang baik. 

Perlu anda catat, Jika do’a orang yang teraniaya, cepat banget dikabulkan, maka pertimbangkan dengan baik, jika ada salah dengan teman sekolah, minta ma’aflah setulus hati agar anda tenang dalam menghadapi ujian nasional dengan hasil yang baik dan lulus pastinya. 

5. Peralatan Ujian Nasional 

Dalam menghadapi Ujian Nasional tak sama dengan mengikuti ujian pada hari biasanya, dimana Ujian nasional ini biasanya lebih ketat dan dijaga dengan baik oleh panitia penyelenggara ujian nasional ini. Agar anda tidak panik nanti, harus mondar-mandir ke toko buku karena pensil anda tidak ada, penghapus anda tidak ada yang membuat anda kena sanksi nantinya oleh pengawas dan guru anda pastinya. 

Persiapkan segala sesuatunya dengan baik sebelum hari ujian nasional ini datang, belilah apa yang dibutuhkan pada saat ujian nasional ini berlangsung agar anda tidak menjadi binggung dalam menghadapi ujian itu nantinya. 

6. Ketika Ujian Nasional Berlangsung Esok Hari 

Jika esok hari adalah ujian nasional yang harus anda hadapi, maka pada malam harinya jangan banyak begadang, banyak nonton TV dan mengerjakan hal yang akan membuat anda datang terlambat ke sekolah nantinya. Jangan lupa untuk sarapan terlebih dahulu dan Datanglah lebih awal agar anda fresh dan siap tempur untuk menghadapi ujian pada hari tersebut. 

7. Ketentunan Jam Ujian Nasional 

Dalam ujian nasional tentunya adanya ketentuan batas waktu yang menuntut anda untuk menyelesaikan soal tersebut hingga selesai. Biasanya waktu yang akan diberi 120 menit, atau 60 menit. Jadi, sebelum anda menjawab soal tersebut, perhatikan jam batas waktunya agar anda tidak panik dan terburu dalam menjawab soal ujian itu nantinya. 

8. Menjawab Soal Ujian Nasional 

Dalam Menjawab Soal Ujian nantinya, ikuti peraturan yang telah ditentukan, apa saja yang dilarang dan apa saja yang diperbolehkan oleh dewan panitia UN tersebut. Bacalah dengan baik dan teliti soal ujian tersebut barulah anda menentukan jawaban anda. Pilihlah pertanyaan yang gapang dahulu menurut anda agar anda tidak terpaku dalam soal yang sulit sehingga soal yang mudah sudah terjawb semuanya, maka barulah menjawab soal yang sulit bagi anda. 

9. Dalam Melingakari Jawaban Ujian di lembar Ujian Nasional 

Perhatikan dengan baik juga saat anda memberi jawaban pada kertas jawaban ujian nasional tersebut, biasanya menggunakan pensil 2B untuk menghitamakan jawaban yang anda pilih, misalnya jawabannya A, maka lingkarilah jawaban A tersebut dengan baik sesuai dengan bentuk lingaran yang ada, dan hitamkan dengan sempurna namun jangan sampai robet Karena itu akan berpengaruh pada saat proses penilaian nantinya yang menggunakan sistem komputerisasi. 

10. Jika telah terjawab semua, Hendaklah Memeriksa kembali dari awal jawaban anda dan Selesai 

Jika sudah anda jawab semua pertanyaan serta jawabannya, ada baiknya mengecek ulang dari awal, mungkin saja anda salah melingkari, dimana saat anda menentukan jawabannya A namun pada saat anda melingkarinya B karena panik atau lupa. Hal ini dilakukan agar soal anda jawab akan lebih sempurna. 

JIka sudah diperiksa, maka anda sudah menyelesaikannya dengan baik, maka bolehlah and keluar ruangan untuk bisa menghirup udara segar dan menghilangkan stress karena ujian tersebut untuk bisa tenang dalam menhadapi ujian esok harinya lagi. Pulanglah ke rumah jangan bermain lagi karena itu buruk untuk masa ujian nasional anda. 

Nah itulah beberapa hal yang perlu anda catat dalam menghadapi Ujian Nasional sekolah, semoga anda yang nantinya akan mengikuti ujian nasional ini lulus dengan nilai yang baik dan bisa melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih baik. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.
Loading...

0 Response to "Cara Mempersiapkan Diri Menghadapi Ujian Nasional Sekolah"

Posting Komentar

Tips Mudik Aman, Perjalanan Pun Nyaman Ala Himawanputra.com

#MudikAmandanNyaman - Bulan Suci Ramadan 2018 telah berkumandang di seluruh dunia untuk memberi kabar kepada seluruh umat muslim yang ber...