Amalan Rasulullah SAW Agar Terbebas Dari Utang

Setiap Manusia tentunya tak ada yang ingin hidupnya susah. Sudah pasti kita ingin hidup dengan berkecukupan, Namun yang namanya hidup sudah pasti ada cobaannya. Baik itu kaya dan miskin, semua adalah cobaan dari Allah SWT agar kita selalu bersyukur atas nikmat yang telah ia berikan dan tentukan untuk kita. Termasuk masalah rejeki yang Allah SWT turunkan dan berikan kepada Hambanya. Ada yang banyak, melimpah dan ada pula yang hanya sedikit tergantung dari segi usaha, ikhtiar dan do’a yang selalu ia kerjakan dengan baik. 

Namun tak semua itu harus ditanggung sendiri, karena kita bersaudara dan mahluk sosial yang tentunya tidak bisa hidupa tanpa bantuan orang lain. Apabila memang kondisi anda tidak mampu anda jalani dengan sendiri, maka minta bantuan kepada orang lain itu tak ada yang salah. Seperti berhutang misalnya, dimana saat anda terjepit oleh keuangan yang tak menentu, maka solusi yang paling dekat dengan anda adalah utang. 

Bukan karena anda tidak ada jalan lagi untuk dapat memenuhi kebutuhan financial anda, namun dalam keadaan yang tak mampu anda hindari, hanya ada satu cara agar anda terlepas dari masalah tersebut yaitu dengan cara berutang kepada orang lain. 

Berutang bukan berarti meminta, namun berutang adalah perjanjian yang harus dibayar dan dilunasi sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati oleh kedua pihak. Jika sudah berkata janji berarti itu adalah hutang, jadi, bukan berarti soal material saja, jika di dalamnya tertera kata janji, maka itu sudah diakteogrikan utang, dan utang itu harus dibayar dan jika tidak, maka berdosalah mereka yang tidak melunasi dan menepatinya. 

Perkara utang tentunya sangat berat dalam Islam, Bagi mereka yang tak bisa melunasi utangnya hingga ajal menjemput mereka, maka roh mereka akan menggantungkan belum sampai ke sisi Allah SWT dengan baik seperti rohnya orang yang mati tidak sewajarnya (Bunuh diri). Allah SWT pun memperingati keras tentang hutang ini, dimana dosa utang tak akan bisa terampuni sebelum kedua belah pihak telah saling mengikhlaskan. 

Jadi, Masalah utang ini bukan saja akan menjadi persoalan jika tidak dilunasi di dunia, namun diakhirat lebih dari itu, akan menjadi petaka bagi ktia semua. Namun bagaimana pun jua, Jika memang kondisi keuangan anda mengharuskan anda untuk berhutang, maka ikutilah langkah dengan baik dan jika kondisi anda tak kunjung membaik juga padahal dalam hati anda ingin sekali melunasi segala utang-utang anda yang ada. 

Nah, Tauladan Kita Nabi Muhammad SAW menyarakankan, memberikan kita amalan dalam do’a agar kita bisa melunasi utang-utang kita denga kita terbebas dari Utang nantinya. Apa amalannya, berikut 3 Do’a yang dianjurkan Oleh Rasulullah SAW untuk bisa melunasi utang dan terhindari dari kefakiran agar hidup selalu berkah dan keuangan anda tercukupi dengan baik : 

1. Do’a Agar Semua Utang Dapat dilunasi dan terhindar dari kefakiran 

Nabi Muhammad SAW memberikan saran kepada umatnya yang mungkin saja terlilit utang untuk selalu bersykur, Beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT dalam kondisi apapun. Termasuk dalam urusan kebutuhan hidup seperti keuangan ini. Rasulullah SAW menganjurkan untuk membaca do’a dibawah ini jika hendak tidur, dengan cara membacanya dianjurkan miring ke kanan : 

اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَوَاتِ وَرَبَّ الأَرْضِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَىْءٍ فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَالإِنْجِيلِ وَالْفُرْقَانِ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَىْءٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ اللَّهُمَّ أَنْتَ الأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَىْءٌ وَأَنْتَ الآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَىْءٌ وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَىْءٌ وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُونَكَ شَىْءٌ اقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ 

Artinya :“Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Qur’an). Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelahMu tidak ada sesuatu. Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atasMu. Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran.” (HR. Muslim 2713) 

2. Do’a Memohon Perlindungan dari petaka utang dan kedzaliman manusia 

Setelah Do’a tersebut diamalkan dalam setiap mau tidur, maka Rasulullah SAW juga menganjurkan untuk membaca do’a dibawah ini setiap habis sholat fardu : 

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ 

Artinya : ”Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia.” (HR. Abu Dawud 1557) 

3. Do’a Agar Rizki di Cukupkan 

Ketika dalam Sholat, Maka ketika duduk antara dua sujud, Nabi Muhammad SAW membaca doa sebagai berikut : 

رَبِّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاجْبُرْنِي ، وَارْفَعْنِي ، وَارْزُقْنِي ، وَاهْدِنِي 

Artinya : “Ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, cukupkanlah aku, tinggikanlah derajatku, berilah rezeki dan petunjuk untukku).” (HR. Ahmad 2895). 

Itulah amalan yang dianjurkan oleh Nabi Besar Muhammad SAW untuk umatnyayang terjerat utang dalam kehidupannya. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk anda semuanya, bagi yang memiliki utang semoga dapat terlunasi dengan baik dan bagi yang dalam kesusahan semoga kebutuhan anda bisa tercukupi dengan baik dari rejeki Allah SWT, Amin. Terima kasih.
Loading...

3 Responses to "Amalan Rasulullah SAW Agar Terbebas Dari Utang"

  1. Terimakasih informasinya mas, smg dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari

    BalasHapus
  2. Semoga kita dilindungi dari keburukan hutang. Dan semoga Allah katakan kita semua.

    BalasHapus

Tips Mudik Aman, Perjalanan Pun Nyaman Ala Himawanputra.com

#MudikAmandanNyaman - Bulan Suci Ramadan 2018 telah berkumandang di seluruh dunia untuk memberi kabar kepada seluruh umat muslim yang ber...