Mengenal Suku Anak Dalam, Serpihan Manusia Purba Di Jambi Bersama Skyscanner

Sebagai Orang Jambi, Tentunya Sangat mengenal suku anak dalam atau lebih kenal oleh penduduk setempat adalah orang rimba atau bahasa Jambinya Uhang Rimbo dengan baik. Suku Anak Dalam ini merupakan suku asli yang ada di Jambi ini. Menurut fakta sejarah, Jika suku anak dalam ini merupakan nenek moyang yang hidup sebelum suku melayu di Jambi dan merupakan suku yang telah ada sebelum penjajahan di Indonesia ini. 
Mengenal Suku Anak Dalam, Serpihan Manusia Purba Di Jambi Bersama Skyscanner

Misalnya di daerahku Sarolangun Air Hitam, Keberadaan orang Rimba ini sangat dekat dengan warga dimana mereka sesekali sering masuk desa untuk berbelanja berbagai kebutuhan pokok dan menjual hasil karya mereka seperti tempat sayur-sayuran bahasa jambi daerahku disebut dengan Ambung, bakul, dan Kembut. Keberadaan mereka ini tentunya tidak menentu, tergantung sumber makanan dan tempat yang nyaman untuk mereka berteduh dan biasanya mereka hidup dalam sebuah kelompok kecil. 

Keberadaan Suku anak dalam ini tentunya telah diakui oleh Bangsa Indonesia sebagai budaya unik nusantara. Keberadaan mereka juga pernah didatangi oleh Presiden RI Ir. Jokowi Widodo yang pernah singgah untuk bercengkrama dengan suku anak dalam ini dan melihat keseharian mereka. Tentunya dengan keadaan tersebut menunjukan jika suku anak dalam ini merupakan budaya khas bangsa Indonesia dan juga merupakan hal yang patut dibanggakan. 

Bagi anda yang ingin mengenal suku anak dalam dengan lebih mendalam, Anda bisa mengunjungi Kota Jambi dan sekitarnya dimana tempat suku anak dalam ini berada. Biasanya Untuk daerah Jambi sendiri, keberadaan mereka sangat dekat dengan hutan lepas dan sungai seperti di Kerinci, Sarolangun, Bangko dan pelosok Jambi lainnya. 

Untuk datang ke Jambi dan menemui suku anak dalam ini pun tidaklah sulit, Apalagi saat ini tranportasi sangat mudah diakses dan didapatkan. Seperti halnya Jika anda ingin ke Jambi Menggunakan Pesawat terbang, anda tinggal mencari tiket pesawat yang saat ini sangat mudah untuk dipesan dan juga dicari. Misalnya anda ingin ke Jambi Menggunakan Pesawat Garuda, Maka anda tinggal cari tiket pesawat garuda Indonesia yang saat ini bisa anda dapatkan dan beli via online tanpa perlu repot datang ke tempat penjualan tiketnya. 

Bierbicara mengenai cara mendapatkan Tiket pesawat garuda via online ini, maka tepat rasanya jika anda membelinya di Skyscanner saja karena disana merupakan pusat penjualan tiket garuda yang terpercaya di Indonesia dan tentunya akan memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Untuk Mengaksesnya pun sangat mudah, anda tinggal pesan melalui website Skyscanner ini, bayar dan tiket pesawat yang anda butuhkan untuk datang ke Jambi ini sudah ditangan. Untuk menambah rasa penasaran anda tentang suku anak dalam ini, berikut ulasannya : 

1. Hidup Berpindah-pindah 

Suku anak dalam atau orang rimba, tidak hidup menetap sebagaimana orang kampung biasanya. Mereka hidup di hutan lepas, dengan sumber makanan dari alam yaitu berburu binatang yang ada di sekitar. Sementara untuk pendapatkan mereka adalah dari kerajinan tangan yang mereka buat seperti gelang, kalung dan juga wadah tempat sayur dan tempat perkakas (ambung dan kembut). 

Jika sumber alam yang mereka singgahi habis atau berkurang, maka mereka akan pindah ke tempat yang lain dan biasanya jauh dari tempat semula mereka berlabuh. Perpindahan mereka ini tentunya sangat mirip dengan manusia yang pernah ada dimana mereka hidup dalam kelompok kecil dan selalu berpindah-pindah tempat. 

2. Tidak Memiliki Agama (Percaya roh nenek moyang) 

Suku anak dalam ini merupakan suku yang percaya akan roh nenek moyang mereka dan ada juga sebagian dari kelompok mereka percaya akan alam. Hal ini terlihat jelas ketika mereka mengalami musibah dan juga kematian, dimana mereka akan menggunakan api atau bertapa untuk mendo’akan orang tersebut. 

3. Hidup Dalam Kelopok kecil 

Kehidupan sosial suku anak dalam adalah mereka hidup dalam kelompok kecil dan tidak bercampur baur dengan kelompok lain. Tak heran jika anda melihat mereka ditempat yang satu mereka juga dan ditempat yang lain ada juga mereka. Bukan mereka satu kelompok melainkan beda kelompok. Jadi mereka biasa hidup dalam kelompok kecil dan jauh dari kata bermasyarakat luas. 

4. Tidak Memiliki Tempat Tinggal yang pasti 

Suku anak dalam ini tidak memiliki tempat tinggal yang pasti, tempat tinggal mereka adalah terbuat dari hasil alam itu sendiri seperti gubuk yang mereka anyam sendiri dari bamboo namun tidak permanen. Hal itu dikarenakan mereka tidak hidup menetap.

5. Peralatan dan Perabotan dari alam

Suku anak dalam ini masih menggunakan hasil alam untuk peralatan berburu misalnya yang terbuat dari batu, masak juga memakai batu dan peralatan rumah tanggal lainnya juga dari alam seperti dari rotan buatan mereka sendiri.

6. Berburu 

Berburu merupakan pekerjaan yang paling utama bagi mereka untuk bisa bertahan hidup. Mereka akan berburu binatang liar biasanya seperti babi, rusa, kijang, kancil, ular, kura-kura, ikan, dan bintang liar lainnya. 

7. Pemakan Daging 

Suku Anak Dalam ini merupakan kelompok manusia seperti manusia purba pada umumnya dimana mereka adalah pemakan daging, hasil buruan yang mereka dapatkan akan menjadi santapan sehari-hari bagi mereka seperti makan babi yang paling utama. 

8. Para Pria dan Wanita tidak memakai Pakaian yang utuh 

Bagi anda yang mungkin berkunjung ke jambi dan melihat kelompok suku anak dalam ini, Jangan heran jika sebagian dari kelompok wanitanya tidak memakai bra sehingga mereka terlihat telanajng dada dan hanya memakai kain sajadibagian bawah. Hal ini bagi orang kampung setempat sudah menjadi hal yang biasa dan terusi karena memang itu sudah menjadi kebiasaan mereka. 

Begitu juga dengan kaum pria, mereka hanya memakai kancut untuk melindungi barang antic mereka, sementara baju dan celana mereka tidak memakainya. Jadi jangan heran jika mereka terlihat seperti itu karena itu sudah menjadi kebiasaan mereka dari dahulu kala. 

9. Pernikahan 

Pernikahan diantara mereka merupakan pernikahan silang, dimana mereka tak perlu sulitmencari jodoh karena basanya mereka akn menikah dlaam satu kelompok itu saja. Misalkan anak si A kawin dengan anak C dan lain sebagainya alias sudah ditentukan sejak dari lahir. 

10. Memiliki Kekuatan Alam (Ilmu Kanuragan) 

Hal yang paling ngeri suku anak dalam ini adalah ilmu yang mereka miliki dimana banyak yang percaya jika mereka memiliki kekuatan alam yang luar biasa. sama seperti suku lain yang ada di Indonesia seperti badui dan lain sebagainya. 

11. Jarang Mandi 

Ada hari, bulan, bahakn tahun tertentu mereka mandi. Suku anak dalam biasanya sangat jarang mandiri, mereka ada hal yang khusus jika harus mandi. Hal ini mereka lakukan karena percaya ada hal tertentu yang membuat mereka melakukan itu yaitu ilmu alam yang melekat pada diri mereka jika harus mandir akan menghilang. 

12. Tidak Mengenal Hukum 

Hal yang paling ditakutkan juga bagi penduduk setempat adalah jangan menganggu keberadaan mereka. Mereka tak akan pernah menganggu jika mereka tidak terusik. Jika mereka terusik maka mereka akn melakukan hal yang buruk. Jika mereka telah melakukan yang bertentangan dengan hukum, maka mereka tak akan kena karena mereka tidak mengenal apa itu hukum. Hukumnya yang mereka menggunakan hukum ada-istiadat yang telah mereka bangun sejak nenek moyang mereka dari zaman dahulu.

Selain suku anak dalam, tentunya masih banyak wisata lainnya yang terdapat di Jambi ini seperti Jembatan baru di kota Jambi yang melintasi sungai batang hari yaitu Jembatan Gentala Arasy, Taman rimbo Jambi, Wisata alam kerinci, sungai sipin, danau kaco dan masih banyak lagi wisata alam yang ada di Jambi ini. 

Jadi, Saat anda datang ke Jambi nanti, maka anda tak akan Cuma bisa mengenal keunikan suku anak dalam saja, namun banyak tempat wisata dan keunikan tersendiri yang tersimpan di Jambi ini. Namun sebelum anda berangkat ke Jambi pastikan anda semua persiapakan telah anda sipakan dengan baik, seperti Tiket Pesawat untuk bisa cepat sampai ke Jambi ini, karena jika menggunakan transportasi terbilang cukup memakan waktu. 

Bagi anda yang ingin berlibur ke Jambi, terbang berwisata ke Jambi, maka percayakan anda menggunakan layanan tiket pesawat di Skyscanner ini, Selain cepat dan mudah, Skyscanner juga memberikan harga yang menarik untuk anda gunakan. Dan yang pasti, di Skyscanner tersedia maskapai penerbangan nomor satu di indonesia yaitu menyediakan tiket pesawat garuda Indonesia

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang suku anak dan mengenai layanan tiket pesawat untuk menyambangi negeri Jambi ini. Oh ya, Tak lupa penulis memberikan informasi Jika Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner. Akhir dari kalimat, Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.
Loading...

18 Responses to "Mengenal Suku Anak Dalam, Serpihan Manusia Purba Di Jambi Bersama Skyscanner"

  1. Menarik disimak fakta-fakta unik suku Anak Dalam di Jambi ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doain ya agar kesampaian travelling ke Jambi ☺

      Hapus
    2. semoga rejekinya lancar dan bertambah mas, jadi bisa main ke jambi nanti

      Hapus
  2. Jadi suku anak dalam itu hidupnya malah enak, g byk berfikir masalah yang ada krn gaya hidup

    BalasHapus
  3. Suku anak dalam mungkin daya tahan atau daya imunnya lebih kuat ya
    karena terbiasa di alam terbuka

    Alhamdulillah sekarang suku anak dalam sudah ada yang bersekolah tinggi dan mereka juga sudah ada yang berpikiran maju tidak terus menutup diri dengan kemajuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, seiring kemajuan, suku anak dalam ini semakin diurusi oleh pemerintah

      Hapus
  4. Aku pengen banget coba liat langsung suku kubu, pasti jadi banyak cerita, ditambah mereka masih minim pendidikan.
    Masnya udah pernah kesana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh banget mba, kalau saya emang orang sana mba

      Hapus
  5. Wah serem juga mas, bisa disebut orang Dayak jambi berarti ya? Oh iya sepengalaman admin, di sana ada yang cantik nggak gadis nya? Terus kalau ada orang diluar suku mereka, bisa nggak bawa anak nya untuk dinikahi? 🤔

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi mereka ramah kok mas dengan orang yang datang

      Hapus
  6. Gak kebayang yaa,,,
    Tapi mereka gak punya agama gitu yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, mereka belum ada agama yang pasti, menurut orang tua dikampung sich jika mereka percaya dengan hal-hal mistis gitu

      Hapus
  7. Waw, suku anak dalam. Salah satu suku yang selalu menarik dibahas.

    BalasHapus
  8. Waah baru tahu kebiasaan suku anak dalam ini. Indonesia memang kaya dengan kebudayaan ya mas. Thanks artikelnya

    BalasHapus
  9. Menarik juga ya tentang Suku Anak Dalam ini.

    BalasHapus

Tips Mudik Aman, Perjalanan Pun Nyaman Ala Himawanputra.com

#MudikAmandanNyaman - Bulan Suci Ramadan 2018 telah berkumandang di seluruh dunia untuk memberi kabar kepada seluruh umat muslim yang ber...