8 Cara Sukses Menghadapi Wawancara Kerja - Maschun.com

Breaking

Selasa, 06 Maret 2018

8 Cara Sukses Menghadapi Wawancara Kerja

BACA JUGA ARTIKEL BERIKUT INI :
loading...
Wawancara kerja biasanya akan anda di dapatkan ketika lowongan kerja yang anda lamar memenuhi kriteria kandidat calon karyawan yang diInginkan oleh perusahaan tersebut. Perlu anda ketahui juga, wawancara kerja dengan psikotes kerja itu berbeda, Kalau wawancara menggunakan lisan alias tatap muka dengan pihak HRD perusahaan tersebut, tapi kalau psikotes merupakan tahap dimana si pelamar akan mendapatkan tes tertulis dan biasanya dalam kurun waktu yang realtif singkat. 
8 Cara Sukses Menghadapi Wawancara Kerja

Model wawancara setiap perusahaan tentunya berbeda, ada yan menggunakan bahasa Indonesia ada juga yang menggunakan Bahasa asing seperti bahasa Inggris, Mandarin, Jerman, Prancis dan bahasa asing lainnya. Namun satu yang pasti dari wawancara ini yaitu tergantung dari perusahaan anda lamar, Jika perusahaan anda merupakan perusahaan asing dan go internasional, maka sudah pasti wawancaranya menggunakan bahasa asing, namun kalau usahnay domestic, maka menggunakan bahasa Indonesia saja. 

Nah, Bagi anda yang saat ini sedang melamar kerja di sebuah perusahaan, maka pertimbangkan lebih dahulu dalam melamarnya agar tidak merepotkan pada saat wawancara nantinya. Jika anda memang lemah dibidang bahasa asing, maka jangan coba-coba untuk melamar di perusahaan asing, karena itu hanya akan menghabiskan waktu dan biaya transport saja untuk memenuhi panggilan wawancara tersebut. 

Namun jika memang ingin mencari pengalaman dan juga anda jago dalam segi bahasa asing, maka tak masalah, karena semua pilihan tergantung anda. Namun, bagaimana cara menghadapi wawancaraa agar tidak gugup dan lulus menjadi karyawan perusahaan yang anda lamar, berikut beberapa hal yang harus anda lakukan jika mendapatkan panggilan untuk wawancara kerja : 

1. Jaga kesehatan 

Pada saat anda mendapatkan email atau telpon dari perusahaan yang sudah anda lamar untuk bekerja, dan biasanya mereka akan memberi anda email dan pemberitahuan 2 atau 1 hari sebelum wawancara dilakukan. 

Nah, Sebelum hari H wawancara itu datang, maka jagalah kesehatan anda dengan baik, karena jika anda jatuh sakit nantinya, maka proses wawancara anda tidak akan berjalan dengan baik bahkan akan batal, padahal itu adalah kesempatan terbaik anda. 

1. Persiapan Materi Dalam Diri 

Jangan terlalu percaya diri untuk menghadapi wawancara ini, karena settiap perusahaan memiliki cara tersendiri untuk bisa melihat kandidat tepat untuk karyawan mereka. Untuk menepis segala gundah gulan tentang itu semua, maka ada baiknya mempersiapkan diri dengan baik, seperti membaca tentang profil perusahaan tersebut dan segala hal tentang perusahaan tersebut agar pada saat anda ditanya tentang perusahaan tersebut, anda sudah mengetahuinya dengan baik. 

Anda Harus perhatikan juga mengenai posisi yang anda lamar, Jika anda melamar untuk posisi finance, maka anda harus mengasah kembali pengetahuan anda tentang finance. Walaupun anda pengalaman anda di bidang tersebut, maka paling tidak anda harus mempersiapkan materi baru karena bisa jadi mereka akan bertanya tentang hal yang tidak berhubungan dengan pengalaman kerja anda. 

Bagiyang belum memiliki pengalaman kerja alias baru lulus kerja, maka harus belajar tentang posisi yang anda lamar, apa saja pekerjaan yang harus anda lakukan pada umumnya di posisi tersebut, dan segala halnya mengenai jurusan anda dalam menempuh pendidikan dikampus. 

3. Datang 10 Menit sebelum Wawancara berlangsung 

Jangan terlambat karena penilaian anda dimulai dari kedatangan anda ke tempat proses wawancara berlangsung. Jika anda datang terlambat, apapun alasan anda, pihak perusahaan sudah memberikan anda penilaian yang kurang baik kepada anda nantinya. Untuk itulah, Datanglah sebelum proses wawancara berlangsung. 

4. Menunggu Harus Jaga Sikap 

Jika anda sudah datang sebelum proses wawancara berlangsung, maka jangan terlihat seperti orang yang panik, tegang dan juga melakukan hal yang kurang bermanfaat seperti terlalu fokus main gadget seperti chating, telpon dan hal lainnya.. Jika anda melakukan hal tersebut, maka anda akan dinilai kurang professional dalam bekerja. 

Biasanya pada saat anda menunggu giliran wawancara atau waktu wawancara, maka lebih baik anda membaca buku yang mungkin anda bawa, atau bisa majalah dan korang yang biasanya tersedia diruang tunggu tamu di perusahaan tersebut. Membaca merupakan hal yang baik juga bagi anda untuk menambah pengetahuan dan juga akan terlihat sebagai seseorang yang memiliki penilaian lebih dari orang-orang disekitar anda di perusahaan tersebut dan mungkin saja mereka sedang memperhatikanmu. 

5. Jangan Duduk Menyenderkan badan di kursi 

Pada saat berlangsungnya proses wawancara, maka jangan sekali-kali anda menyenderkan badan anda ke kursi karena itu akan terlihat jika anda orang yang pemalas dan juga orang yang tak menyukai pekerjaan yang berat. 

6. Jawab Pertanyaan sesuai dengan apa yang mereka tanyakan 

Jangan berbelit-belit dalam menjawab pertanyaan yang mereka lontarkan kepada anda. Jika mereka bertanya tentang pengalaman kerja anda sebelumnya, maka jawablah dengan singkat, padat dan menyakinkan seperti contoh “Apa Nama Perusahaan, dan bergerak di bidang apa tempat anda bekerja dulu dan di sebagai apa anda bekerja disana?, Maka anda harus menjawab dengan jelas “Saya bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak dibidang (Sebutkan bidang perusaan tempat anda bekerja dulu) bernama (sebutkan nama pt.cv tempat anda bekerja dulu) dan saya menjabat sebagai (sebutkan posisi kerja anda di perusahaan lama). 

Begitu juga dengan pertanyaan-pertanyaan berikutnya, biasakan menyimak dengan baik setiap pertanyaan yang mereka berikan, dan jawablah sesuai dengan apa yang mereka tanyakan, jangan terlalu panjang dan tidak nyambung karena itu penilaian bagi anda. 

7. Akhiri wawancara dengan senyum dan bertanya 

Sebelum wawancarra berakhir, biasakan untuk memasang wajah yang ramah dan tersenyum. Jangan gegabah atau sakit hati karena pertanyaan terlalu ekstream untuk anda rasa. Tetap fokus tentang niat anda untuk bisa bekerja disana. Dan juga, Jangan lupa untuk bertanya kembali kepada pihak yang mewancarai anda karena biasanya mereka akan mempersilakan anda untuk bertanya. 

Nah, untuk pertanyaan yang harus anda tanyakan kepada mereka, tanyakan tentang prestasi perusahaan atau bisa juga menanyakan tentang apa yang akan perusahaan lakukan untuk ke depannya. Jangan bilang anda tidak ada pertanyaan, karena itu nilai plus untuk anda jika anda bersedia untuk bertanya kepada mereka. 

8. Pulang dengan tenang dan berdo’alah 

Jika sudah selesai wawancara, maka jangan lupa untuk berjabat tangan dan juga mengucapkan terima kasih dan selamat siang, pagi atau sore sebagai intitude baik diri anda. Pulanglah dengan selamat dan berdo’alah agar mereka lulus dari wawancara tersebut. 

Biasanya mereka telah memberikan anda gambaran untuk bisa bergabung dengan mereka dengan perkataan “tunggu kabar dari kami jika anda adalah kandidat terbaik untuk perusahaan kami”. Tetaplah semangat jika wawancara tidak memberikan anda peluang untuk bekerja karena masih ada tempat lain yang mungkin lebih baik dari tempat tersebut. 

Tetap berusaha, berikhtiar dan semangat selalu dalam menjalani waktu, karena semuanya akan indah pada waktunya, termasuk anda menemukan pekerjaan yang anda impikan dalam hidup anda, akhir kata, semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar