4 Komponen Penting Yang Dapat Mempengaruhi Pendidikan Anak

Penguatan Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak - Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan diatas dunia ini dan juga hal yang dapat mendorong seseorang untuk bisa sukses dalam menjalani hidupnya. Begitu juga dengan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, Jika mayoritas rakyatnya berpendidikan baik, maka kemajuan suatu bangsa tersebut akan baik pula. 

Hal itu jelas terlihat pengaruhnya pada diri seseorang bahkan pada sebuah Negara yang memiliki pendidikan baik dalam setiap individunya. Jika seseorang memiliki pendidikan baik dalam dirinya, Maka dia akan menjalani hidupnya dengan baik pula dan begitu juga dengan sebuah Negara, Jika pendidikannya berjalan dengan baik, terlaksana dengan baik di negara tersebut, maka Negara tersebut akan lebih maju, bermartabat, sejahtera di dalam maupun dimata dunia. 
4 Komponen Penting Yang Dapat Mempengaruhi Pendidikan Anak

Untuk Itulah, Jika pendidikan yang mencakup ilmu pengatahuan itu sangatlah berpengaruh dalam kehidupan diatas bumi ini. Namun, Untuk menerapkan pendidikan yang baik dan sukses tentunya tidaklah mudah, karena berbagai kendala akan selalu hadir disetiap langkah mengandrunginya. 

Seperti pada era zaman dahulu di tanah air ini, dimana pendidikan sangatlah sulit karena memang kondisinya sangat tidak memungkinkan untuk menuntut ilmu apalagi untuk sekolah. Hal yang terjadi adalah rakyat indonesia dihantui dengan kebodohan dimana-mana pada masa tersebut dan sulit untuk memperoleh kejayaan yang disebut kemerdekaan dari tangan para penjajah. 

Namun seiring waktu berjalan, rakyat indonesia sadar jika kemerdekaan tidak akan terlaksana jika dalam kondisi pendidikannya lemah. Mulai saat itulah, bangsa Indonesia berusaha untuk bisa mendapatkan pendidikan walaupun dengan susah payah demi mengubah nasib bangsa yang kala itu terpuruk di tangan para penjajah. Mereka tak lagi berpikiran dengan kekuatan fisik dan raga saja, namun mereka juga perlu pendidikan agar bisa berjuang melalui pola pikir untuk bisa merdeka. 

Hal itu terbukti, Jika pendidikan dapat memberikan angin segar dan harapan baru bagi bangsa Indonesia kala itu, dimana para pahlawan kita dengan sepenuh jiwa dan raganya mampu menguasai pendidikan international, sebut saja Ir. Soekarno, Bung Hatta, Ki hajar Dewantara dan tokoh masyarakat lainnya yang mengeyam pendidikan tinggi demi mengubah Indonesia menjadi Negara yang berdaulat dan merdeka. 

Jadi, Sangat jelas, Jika pendidikan tersebut sangat berpengaruh pada diri seseong dan juga berbangsa dan bernegara. Namun hal itu tentunya bukan sekedar membalik telapak tangan saja, perlu pertimbangan yang matang dan laku yang konkret untuk bisa membuat pendidikan itu maju dan terlaksana dengan baik. 

Apa saja langkah yang harus dilaksanakan agar pendidikan tersebut terlaksana dengan baik dan sesuai dengan tujuannya, Berikut 4 komponen penting dalam memajukan pendidikan di indonesia dimulai dari masa anak-anak. 

1. Peran Kedua Orang Tua 

Komponen pertama yang mempengaruhi pendidikan anak adalah peran aktif orang tua. Orang tua adalah awal dari segalanya terbentuk karakter dari si anak. Seperti pepatah mengatakan “Jika buah tak akan jauh jatuh dari pohonnya”, begitulah gambaran hubungan anak dan orang tuanya. 
4 Komponen Penting Yang Dapat Mempengaruhi Pendidikan Anak

Dari istilah tersebut dapat dibuktikan dengan kenyataan yang telah terjadi, salah satu contoh saja, Jika orang tuanya tidak sekolah, maka kemungkinan besar anaknya pun tak akan anda semangat untuk sekolah. Jika orang tuanya lemah dalam mengerti pentingnya pendidikan tersebut, maka kemungkinan besar, anak-anaknya terbengkalai tak akan pernah mengeyam pendidikan. Walaupun bisa sekolah, paling juga hanya sekedar sekolah saja tanpa ada pikiran dan mengerti apa manfaat dari sekolah tersebut. 

Jika orang tua dalam memberikan pendidikan anaknya baik, maka masa depan si anak pun akan baik, begitu pun sebaliknya, jika peran tua dalam memberikan pendidikan ke anak kurang aktif, maka jangan salahkan jika si anak akan meraih hasil yang buruk di masa mendatang nantinya. 

Jadi, Peran orang tua dalam pendidikan anak sangatlah penting, bukan saja pendidikan formal namun pendidikan non formal juga mereka perlukan agar mereka dapat berpikiran dengan baik dalam kondisi apapun untuk bisa sukses dalam menjalani hidup di masa depan kelak. 

2. Peran Keluarga 

Komponen kedua adalah peran keluarga entah itu kakek, nenek, kakak dan sanak family lainnya. Jika dalam keluarga tersebut sangat memperhatikan segala sesuatu dengan pendidikan, maka sudah pasti si anak akan mengikuti kebiasaan tersebut. Seperti cara bersikap, cara bicara kepada orang lain dan cara lainnya yang akan memberikan bekal untuk kehidupan masa depan si anak. 
4 Komponen Penting Yang Dapat Mempengaruhi Pendidikan Anak

Namun jika dalam keluarga tersebut tidak pernah pedulikan tentang segala sesuatunya dengan pendidikan dan ilmu pengetahuan, maka sudah pasti anak tersebut akan terbentuk dengan keadaan yang mereka alami saat ini dan biasanya kebiasaan tersebut akan selalu tertanam dalam diri mereka. 

Jika memang keluarga anda dalam kondisi yang memang bukan orang-orang berpendidikan dan berilmu, paling tidak dapat memberikan semangat, arahan, motivasi yang baik kepada si anak dengan baik agar mereka tidak menanamkan dalam diri mereka jika pendidikan bukanlah hal yang penting. 

3. Lingkungan Masyarakat 

Lingkungan juga sangat mempengaruhi pendidikan anak, entah itu linkungan sekitar rumah, lingkungan sekolah atau pun lingkungan dimana si anak tersebut bersosialisasi dalam sehari-hari. Jika lingkungan itu sehat dan terbebas dari hal yang negatif, maka perkembangan anak akan baik pula, namun jika lingkungan itu rusak, maka kemungkinan besar anak anda akan tercemar juga dengan keadaan lingkungan tersebut. 
4 Komponen Penting Yang Dapat Mempengaruhi Pendidikan Anak

Apalagi saat ini, dimana lingkungan kita tak lagi mencerminkan sikap yang baik dalam bergaul, dalam menghormat-menghormati, mana yang tua dan mana yang mudah, seakan tak ada batasnya. Lihat juga kondisi ucapan dan juga ulah yang terkadang tidak malu dilihat orang lain. 

Dengan perlakukan tersebut, kadang anak mereka dan anak yang ada disekitar melihat kondisi tersebut. Tak berpengaruh memang saat ini, namun dalam diri si anak akan tertanam kejadian seperti itu dan jika sudah tertanam dalam diri mereka, maka kemungkinan besar suatu hari kelak mereka akan melakukan hal yang sama tanpa ada rasa takut, malu dan segan. 

4. Lingkungan Belajar 

Komponen yang terakhir adalah tempat dimana mereka menuntut ilmu seperti sekolah, pesantren, tempat kursus, tempat mengaji dan tempat lainnya yang mereka tempuh setiap hari. Jika ingin anak anda memiliki masa depan dan pendidikan yang baik, maka perhatikan dalam memilih tempat belajar ini karena jika anda salah pilih, maka nanti akan berefek buruk kepada pendidikanya. 
4 Komponen Penting Yang Dapat Mempengaruhi Pendidikan Anak

Pertimbangkan dengan baik dalam memilih tempat belajar ini, carilah tempat belajar yang cocok, aman dan nyaman untuk mereka menuntut ilmu karena kita sangat mengerti jika saat ini banyak tempat pendidikan yang hanya mementingkan bisnis saja tanpa memikirkan kualitas belajar dan ilmu apa yang akan didapat oleh para muridnya. 

Jangan hanya mementingkan gengsi juga dengan memilih tempat belajar yang mahal yang karena anak tetangga sekolah disana juga. Yang harus anda tanamkan, tidak perlu memikirkan tempat itu mahal atau tidak, yang anda lihat adalah kualitas belajar dan belajarnya, segi kemananan dan kenyaman dan para tenaga pengajar disana dan juga mutu pendidikan dari tempat tersebut. 

Jangan juga memilih sekolah yang jauh dari tempat tinggal anda, apalagi saat ini dimana sekolah seharian penuh, jika mereka kelayapan kemana-kemana nanti tanpa sepegetahuan anda, maka takutnya hal buruk terjadi kepada mereka. Jika memang tempat tinggal anda jauh, maka anda haru menjemputnya, mengatarnya agar mereka juga tidak merasa lelah dalam menuntut ilmu dan perhatian anda tersebut membuat mereka semangat dalam menuntut ilmu dalam hari-hari mereka. 

Namun yang terpenting untuk bisa memajukan dan memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak penerus bangsa ini adalah kesadaran kita bersama, semua pihak harus terlibat baik itu negeri maupun swasta dan kita harus mau peduli dengan pendidikan ini terutama di Indonesia ini sendiri yang mana hingga saat ini masih dalam tahap pemerataan yang belum kelar. Dengan adanya kepedulian kita semua aspek dalam pendidikan untuk generasi penerus bangsa ini, maka ke depannya Indonesia akan terhindar dari kebodohan dan masa depan bangsa indonesia akan jauh lebih baik jika pendidikannya berjalan dengan baik dan terselubung dari sabang hingga marauke. 

Semoga saja untuk ke depannya, pendidikan Indonesia semakin maju dan mampu memberikan dampak yang signifikan pengaruhnya terhadap mutu generasi penerus guna dapat mempertahankan kedaulatan bangsa Indonesia ini. Terima kasih.
Loading...

6 Responses to "4 Komponen Penting Yang Dapat Mempengaruhi Pendidikan Anak "

  1. Yang sangat disayangkan adalah tidak meratanya pendidikan di Indonesia (sesuatu yang bertolak belakang dengan sila: keadilan sosial bagi seluruh rakyat).

    Ada sekolah yang pake buku paket dari penerbit A, B, C, dan ada juga sekolah yang belajar tanpa buku paket modal dikte dari guru. Adil sekali ya negara ini hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga ke depannya, pendidikan di indonesia ini tak lagi pandang sepihak, harus merata tak boleh kasih dan tempat dan harus merata juga dari sabang hingga marauke

      Hapus
  2. Peran kedua orang tua dan peran keluarga itu sebenarnya bisa dijadikan satu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau menurut saya harus dibedakan, karena kalau peran orang itu lebih utama daripada peran keluarga lainnya

      Hapus
  3. Peran orangtua apalagi keluarga emang paling penting buat mendidik anak. Karena pengajaran pertama kali itu dari ayah ibu kita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mba, kalau peran orang tua kurang aktif, pasti anak juga tidak akan aktif juga dalam menuntut ilmu

      Hapus

Tips Mudik Aman, Perjalanan Pun Nyaman Ala Himawanputra.com

#MudikAmandanNyaman - Bulan Suci Ramadan 2018 telah berkumandang di seluruh dunia untuk memberi kabar kepada seluruh umat muslim yang ber...