Bersama UNTAN Membangun Negeri dan Bangsa Indonesia

Bersama UNTAN Membangun Negeri dan Bangsa Indonesia Bersama UNTAN Membangun Negeri dan Bangsa Indonesia   - Pada ulasan kali ini, pe...

Tips Agar Anda Terhindari Dari Lowongan Kerja Bodong

;
Pada Awal Tahun ini tentunya banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja bagi mereka yang membutuhkannya, baik untuk mereka yang baru lulus kuliah atau pun yang memang ingin mencari pengalaman dan dunia kerja yang baru. Di Luar sana tentunya banyak aplikasi dan juga lapak penyedia jasa yang memajang lowongan kerja dari berbagai perusahaan, namun taukah anda, jika tidak semua lowongan tersebut memang asli, ada juga lowongan yang penuh dengan tipu daya untuk mengambil keuntungan dari anda. 
Tips Agar Anda Terhindari Dari Lowongan Kerja Bodong

Agar anda tidak tertipu dalam melamar kerja dengan lowongan kerja yang tersedia, ada baiknya anda berhati-hati dalam melamar lowongan tersebut karena bisa jadi anda akan terkena jebakan batman saja alias lowongan penipuan. Nah, Sebelum anda melamar atau pun sudah melamar sehingga anda mendapatkan panggilan interview atau spikotes kerja, perhatiakn beberapa tips dibawah ini agar anda tidak terjebak bujuk rayuan mereka yang ingin mendapatkan keuntungan dari anda, berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan : 

1. Lowongan Kerja Dari Media Sosial 

Di Media sosial, banyak saat ini grup yang mengatasnamakan grup lowongan kerja, namun taukah anda di grup tersebut terkadang banyak mereka yang hanya modus saja menyediakan lowongan kerja agar mereka mendapatkan korban. Jadi bagi anda yang mendapatkan lowongan kerja lewat grup di media sosial, ada baiknya anda harus berhati-hati sebelum melamar atau pun mendapatkan panggilan kerja. 

Jika memang anda mendapatkan lowongan pekerjaan tersebut dari media sosial, ada baiknya anda menelusuri terlebih dahulu kebenaran lowongan itu, entah itu dari browsing di internet atau pun bertanya kepada teman dan juga orang yang sudah pengalaman dalam melamar kerja. 

2. Perusahaan Harus Jelas 

Sebelum anda melamar lowongan yang anda dapatkan, ada baiknya anda memperhatikan identitas dari lowongan tersebut, apakah perusahaannya jelas atau tidak. Jelas dalam arti memiliki website, kontak dan juga alamat yang jelas. Jika penyedia lowongan tersebut tidak jelas alamat dan kontak juga tidak ada, maka boleh jadi lowongan tersebut lowongan abal-abal alias modus penipuan. 

Perhatikan Juga kontak email dan juga telponnya, biasanya perusahaan yang jelas selalu ada email resmi bukan yang gratisan dan nomor telpon juga tidak nomor pribadi, namun nomor telpon yang valid alias telpon rumah. Jika sudah terlanjur melamar dan anda mendapatkan panggilan kerja, maka telusuri terlebih dahulu dengan baik agar anda tidak menjadi korban penipuan. 

3. Panggilan Interview dan Psikotes 

Biasanya, perusahaan yang jelas, akan menelpon calon karyawannya dengan mengatakan aka nada interview kerja pada hari ini dan itu, dan mereka akan mengatakan kepada anda akan di kirim juga lewat email dan mohon dapat dijawab email anda untuk kehadirannya. Biasanya juga mereka menelpon memakai nomor kantor bukan nomor pribadi dan begitu juga dengan email, mereka memakai email resmi perusahaan mereka bukan yang gratisan. 

Jika mereka menggunakan SMS dan telpon menggunakan nomor pribadi, maka anda harus berhati-hati dengan megatasnamakan perusahaan ini dan itu dan email begitu juga memakai email gratisan, maka anda harus berhati-hati karena bisa jadi anda dalam jebakan penipuan lowongan kerja. 

4. Saat Wawancara dan Psikotes 

Biasanya perusahaan yang memang resmi, hasil wawancara dan psikotes tidak akan di berikan jawaban pada hari itu juga. Mereka akan memberikan anda jawaban seminggu untuk tahap berikutnya dan juga tidak aka nada pungutan biaya pada saat tahap ini. Nah, Jika pada saat anda wawancara dan psikotes hasilnya ditentukan hari itu juga atau saat itu juga, maka anda harus hati-hati karena bisa jadi anda dalam bahaya penipuan. 

Atau meminta uang administrasi dan biaya lainnya untuk keperluan ini dan itu saat anda wawancara dan psikotes kerja. Karena menurut pengalaman saya, perusahaan yang resmi tidak akan meminta biaya seperti itu. Jika hal ini terjadi pada anda, maka ingatlah anda dalam bahaya penipuan lowongan pekerjaan. 

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan jika saat ini anda sedang mencari pekerjaan dan sedang melamar pekerjaan. Selalu hati-hati pada saat melamar pekerjaan karena saat ini banyak dari mereka yang memasang perangkap lewat lowongan kerja dan kemungkinan anda akan terkena nantinya. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

;

Baca Juga :

Loading...

0 Response to "Tips Agar Anda Terhindari Dari Lowongan Kerja Bodong"

Posting Komentar