Keistimewaan Yang Tersembunyi Dibalik Surat Al-Falaq - Maschun.com

Breaking

Jumat, 02 Februari 2018

Keistimewaan Yang Tersembunyi Dibalik Surat Al-Falaq

Generic Banner
Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang di turunkan oleh Allah SWT melalui Malaikat Jobril Kepada Baginda Nabi dan Rasulullah Yaitu Muhammad SAW. Al-Qur’an terdiri dari 114 surat yang terbagi dalam 30 juz. Dari Ayat yang tercantum dalam Al-Qur’anurkarim tersebut, tentunya memiliki makna, tujuan dan maksud untuk di jadikan pedoman bagi umat Manusia dimuka bumi ini agar selamat hingga akhirat kelak.
Keistimewaan Yang Tersembunyi Dibalik Surat Al-Falaq
Dalam Tulisan kali ini, Kita akan mencari tau makna dan manfaat dari salah satu Surah Al-Qur’an yang bernama surah Al-falaq. Secara umum, tentunya surah ini tidak asing lagi bagi kita dengar dan rata-rata umat Muslim hafal akan surah ini karena sering dibacakan setiap hari baik itu disaat sholat hingga ada pengajian. Namun di balik populernya surah ini, tak banyak dari mereka yang belum mengetahui isi dari kandungan surah ini serta manfaat yang ada dalam surah ini.

Surah Al-Falaq ini termasuk ke bagian dari surat makkiyah, yaitu surat yang diturunkan sebelum hijrahnya Rasulullah SAW. surah ini diturunkan setelah diturunkannya surat Al-Fiil dan sebelum surat Al-Nas. Jika dilihat dalam urutan mushaf, ia berada pada surat yang ke seratus tiga belas dari keseluruhan surat di dalam al-Qur’an. Lalu apa saja kandungan, keistimewaan serta kemulian yang terdapat dalam surah Al-Falaq ini, Berikut penjelasannya :
  • Perlindungan Allah SWT dari Kejahatan Yang Nyata, Sihir dan Segala Bentuk Kejahatan Lainnya.
Surat al-Falaq terdiri dari lima ayat yang mengandung tentang meminta perlindungan kepada Allah SWT. Surat ini dimulai dengan perintah Allah SWT kepada Nabi Muhammad, yang dengan otomatis juga perintah untuk Umat Nabi SAW agar senantiasa ber-ta’awudz (meminta perlindungan) kepada Allah SWT di waktu falaq atau subuh hari hingga terbenamnya matahari.

Untuk itulah, bacalah Ayat-ayat yang ada dalam surah Al-Falaq ini sebagai pelindung kita dari hal-hal yang ingin mencelakai kita, baik itu secara nyata maupun maupun tak kasat mata. Bacalah dan amalkan surah Al-Falaq ini ketika anda habis Sholat terutama permulaan hari yaitu waktu subuh, maka Allah SWT akan menjaga anda dari segala macam kejahatan di dunia ini.
  • Untuk Penyembuhan Penyakit
Mengutip dari riwayat Aisyah R.A bahwa : “Rasulullah apabila sakit, maka beliau akan membacakan untuk dirinya sendiri al-mu’awwiddzaat (surat-surat perlindungan termasuk al-Falaq) dan meniupkan pada tubuhnya. Namun juga sakit itu payah sehingga menyulitkan Rasulullah, maka aku (Aisyah) yang membacakannya untuk Rasulullah dan kuusapkan kebadan Beliau berharap keberkahan firman Allah itu.”
  • Penangkap dari Godaan Syaitan dan sekutunya
Barang siapa yang takut akan godaan syaitan atau takut dalam kegelapan malam, atau takut kejahatan manusia, bacalah Surah Al-Falaq dan Surah An-Nas sebanyak 100 kali. Maka Dengan kuasa Allah SWT, Anda terlindung dari rasa takut tersebut dan aman hingga sampai tujuan.
  • Petunjuk Bagi yang Tersesat
Dikutip dari riwayat Uqbah bin Amir menerangkan bahwa : ketika saya sesat jalan dalam suatu perjalanan bersama dengan Rasulullah SAW, Beliau membaca Surah Al-Falaq dan Surah An-Nas dan akupun disuruh Beliau juga untuk membacanya.
  • Mengobati Sengatan Bintang Berbisa
Jika anda terkena sengatan bintang berbisa, maka hendaklah membaca Surat Al-Falaq ini seperti apa yang diriwayatkan oleh Sayyidiah Ali R.A menerangkan bahwa : pernah melihat Rasulullah SAW digigit kala, kemudian Beliau mengambil air garam. Dibacakan Surah Al-Falaq dan Surah An-Nas lalu disapukan pada anggota badan yang digigit kala tadi.
  • Penangkal dari Mimpi Buruk dan Kejahatan yang Datang Ketika Kita Sedang Tertidur
Sebelum anda tidur, selain membaca do’a untuk tidur, maka baca juga surah Al-Falaq ini agar anda terlndung dari berbagai bahaya akan mengancam anda pada saat anda tertidur. Seperti yang diriwayatkan oleh Aisyah R.A menerangkan bahwa : “Rasulullah SAW pada setiap malam apabila hendak tidur, Beliau membaca Surat Al-Ikhlas, Surah Al-Falaq dan Surah An-Nas, ditiupkan pada kedua telapak tangan kemudian disapukan ke seluruh tubuh dan kepala.

Itulah beberapa manfaat dari ayat Allah SWT Surah Al-Falaq. Namun dibalik itu semua, keyakinan, keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT jugalah yang akan menyelamatkan kita dunia hingga Akhirat kelak. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA :

loading...