Inilah Ciri-ciri Para Wanita Penghuni Surga Dan Neraka

Hidup diatas dunia ini tak akan selamanya, ketika kematian datang menjemput nanti, maka semua akan mati. Entah hari ini, esok, lusa ataupun datang hari kiamat, semua akan menemukan dan merasakan yang namanya kematian dan tak ada seorang pun dan tak satu makhluk pun yang mampu menahan kematian itu walau hanya meminta waktu satu detik saja.

Ciri-ciri Wanita Penghuni Surga Dan Neraka

Untuk itulah, diatas dunia ini yang merupakan tempat dimana manusia diminta untuk selalu berbuat kebaikan yang berujung pahala untuk modal diakhirat kelak nanti. Di dunia ini tentunya banyak pilihan untuk hidup, namun tidak dengan di akhirat kelak, hidup hanya dua pilihan, senang dan derita. Senang dan bahagia hanyalah tertuju pada Surganya Allah SWT yang diciptakan untuk mereka yang beramal baik dan soleh soleha, sementara tempat yang sangat menakutkan yaitu neraka adalah tempat bagi mereka yang lalai dalam dosa diatas dunia ini tanpada batas taubat di dalam waktunya.

Berbicara kedua tempat tempat tersebut, tentunya kita bicara tentang kita, kita yang akan memilih dari sendiri tempat tersebut dengan melakukan hal yang baik atau hal yang buruk. Kita yang berada di atas dunia ini yaitu Pria dan wanita, namun dalam tulisan kali ini saya hanya ingin membahas tentang para wanita yang selalu dirindukan surge yang jika ia meninggalkan dunia ini nanti akan masuk ke dalam surgenya Allah SWT dan juga para wanita yang dirindukan oleh Neraka yang apabila ia pergi dari dunia ini, maka ia akan masuk ke dalam tempat yang sangat mengerikan yaitu nerakanya Allah SWT.

Bicara tentang wanita, Wanita merupakan makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT sebagai pelengkap dan pendamping bagi para laki-laki. Pada dasarnya derajad wanita dan laki-laki di mata Allah SWT itu sama-sama dilihat dari iman dan ketaqwaan yang ia dimiliki. Namun, terdapat beberapa peraturan dalam agama yang membedakan antara wanita dengan laki-laki. Seperti yang terdapat dalam sebuah hadist, dijelaskan bahwa akan sedikit kaum wanita yang masuk surga yang berbunyi :

Dari Riwayat Imran bin Husain, bahwa Rasulullah SAW pernah menyatakan : “Sesungguhnya penghuni surga yang paling sedikit adalah kaum wantia”. Dalam kisah isra’ mi’rajnya Nabi Muhammad SAW juga dijelaskan bahwa Nabi banyak melihat kaum wanita di neraka. (HR Muslim). Namun ada kriteria tertentu dimana Surga selalu merindukan kaum wanita untuk berada di dalamnya. Dari hadist tersebut, beberapa kriteria wanita yang selalu dirindukan surga antara lain :
  • Wanita Pada Masa hidupnya Selalu Menjalani sholat 5 waktu
Perintah Allah SWT yang mewajibkan hambanya untuk menunaikan sholat lima waktu adalah mutlaj tanpa terkecuali sebagaimana yang tertulis dalam Al-Qur’an tentang seruan untuk mengerjakan sholat 5 lima waktu. Sholat lima waktu tersebut adalah kewajiban, baik wanita maupun laki-laki. Orang islam wajib melaksanakan sholat lima waktu. Dan amalan sholat inilah yang kelak akan dihisab pertama kali di hari akhir zaman nanti. Jadi, cukup jelas bahwa wanita menjadi makhluk yang selalu dirindukan oleh surga apabila wanita tersebut selalu menjaga dan menjalankan kekusyukan sholat lima waktunya pada masa hidupnya.
  • Wanita Yang Berpuasa di bulan Ramadhan 
Berpuasa diBulan Ramadhan merupakan kewajiban bagi umat muslim. Berpuasa juga merupakan satu dari rukun Islam. Berpuasa wajib hukumnya bagi laki-laki dan juga wanita. Walaupun wanita mungkin tidak bisa menjalani ibadah puasa secara penuh di bulan Ramadhan, namun mereka masih diberi kesempatan di luar Ramadhan untuk membayar hutang puasa tersebut. Itulah salah satu keutamaan untuk wanita dalam berpuasa. Apabila ia menjalani puasa Ramadhan dan menggantikannya puasa yang tertinggal karena berhalangan untuk berpuasa, maka ia akan masuk Surganya Allah SWT.
  • Wanita Yang Menghindari Perbuatan Zina
Perbuatan Zina, Perbuatan yang sangat dilarang dalam Islam. Zina merupakan sebuah dosa besar. Jika seorang wanita berzina dalam waktunya, Maka ia akan sulit untuk masuk surganya Allah SWT. Begitu pun dengan lelaki, jika ia melakukan perbuataN zina ini, maka ia juga tak akan pernah bertemu dengan namanya Surganya Allah SWT.
  • Jika Wanita Itu Sudah Menikah, Ia Taat kepada Suaminya
Seorang wanita yang baik, maka ia akan mendapatkan suami yang baik juga. Nah, Jika Suami yang agamanya bagus akan selalu menuntun keluarganya untuk menuju kebaikan. Maka, wanita yang memiliki sumai yang baik dan ia selalu mentaati kebaikan apa yang selalu diajarkan kepada kepadanya, maka wanita tersebut selalu dirindukan oleh surga dan ia akan kekal abadi di dalamnya bersama orang-orang yang soleh dan soleha.
  • Wanita Yang Memiliki Sifat Sabar
Seperti yang tertulis dalam sebuah surat Al-Qur’an yaitu surat Al-Ahzab (33): 35, Allah SWT berfirman :

Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar , laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut ( nama ) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.

Dari artinya ayat tersebut, Allah SWT menjelaskan bahwa ada beberapa kriteria yang Allah SWT sebutkan untuk mereka yang ingin mendapat ampunan dan pahala yang besar, salah satunya laki-laki dan wanita yang sabar. Dari penjelasan tersebut, sudah jelas bahwa sabar akan menghantarkan kita pada ampunan Allah SWT. Dan dari ampunan itulah kita akan bisa mendapatkan rahmat-Nya berupa surganya Allah SWT.
  • Wanita Yang Mendidik Anak Perempuannya Dengan Baik
Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda : 

Barang siapa diuji dengan anak-anak perempuan dengan sesuatu, kemudian dia tetap berbuat baik kepada mereka, maka anak-anak perempuan tersebut bisa menjadi penghalang baginya dari api neraka.

Dari pengertian hadist tersebut, Jika seorang wanita yang sudah menikah dan dari hasil pernikahannya itu mendapatkan anak perempuan dan Ia mendidik anak perempuan tersebut dengan sebaik-baiknya maka penghalang bagi seseorang Ibu tersebut untuk masuk neraka dan jaminannya adalah surganya Allah SWT.
  • Wanita Yang Tabah dan Sabar Menghadapi Penyakit
Perlu kita ketahui, Jika apapun yang terjadi dalam diatas dunia semuanya adalah kehendak yangmaha kuasa, Allah SWT. Seperti Penyakit misalnya yang merupakan sebuah cobaan dari Allah SWT dengan tujuan yang baik pastinya jika kita tabah dan menerimanya dengan penuh keimanan dan ketaqwaan yaitu derajad kita di sisi Allah SWT tergolong orang yang baik. Baik laki-laki maupun wanita, bisa bersabar dalam menerima penyakit tentu akan ada ganjaran yang besar dari Allah SWT. Seperti sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Atha’ bin Abi Rabbah ra, yang berbunyi :

Ibnu Abbas ra. pernah bercerita kepadaku , “Ada seorang wanita yang datang ke Rasulullah SAW dan berkata, ‘Wahai Nabi, aku menderita penyakit sejenis ayan, bila penyakit itu kumat aku tidak sadar sampai membuka auratku, berdo’alah kepada Allah SWT agar menyembuhkanku.’ Rasulullah SAW berkata, ‘Bila kamu mau bersabar maka bagimu surga, tetapi bila tidak maka aku bisa mendoakanmu kepada Allah.’ Wanita tadi menjawab . ‘Baiklah aku bersabar, tetapi do’akan agar aku tak sampai membuka aurat.’ Maka, Rasulullah SAW pun mendo’akannya.” Selalu mencari ridha suami.
  • Wanita Penyayang Binatang
Binatang merupakan makhluk ciptaan Allah SWT Juga. Nah, Jika ada seorang Wanita yang bisa menyayangi binatang dan tidak berbuat aniaya terhadap binatang tersebut, maka ia pasti akan mendapat ganjaran tersendiri dari Allah SWT. Dan ganjaran tersebut berupa surganya Allah SWT. Seperti sebuah kisah tentang seorang wanita yang memberi minum anjing yang sedang kehausan. Maka wanita tersebut taubatnya diterima oleh Allah SWT dan ia tinggal dalam kenikmatan tiada tanding Surganya Allah SWT.
  • Wanita Yang Amar Ma’ruf nahi Munkar
Dalam Kitabmullah Al-qur’an surah At – Taubah (9): 71 Allah SWT menjelaskan bahwa siapa saja yang menjadi penolong bagi orang lain dengan menyuruh mengerjakan hal yang ma’ruf serta mencegah yang munkar, baik lakI-lakI maupun wanita, mereka akan diberi rahmat oleh Allah SWT. Dari penjelasan tersebut, maka sangat jelas jika wanita yang amar ma’ruf dan nahi munkar adalah calon penghuni surga.
  • Wanita Yang Melahirkan keturunan Lalu Mendidiknya Dengan Baik
Jika seorang Wanita yang melahirkan dan bisa mendidik anak-anaknya hingga menjadi anak-anak yang soleh dan soleha, maka wanita tersebut akan diberikan kedudukan istimewa di dalam Islam. Begitulah penjelasan Rasulullah SAW. Bahkan, wanita yang meninggal ketika sedang melahirkan akan dianggap sebagai mati syahid dan mendapat balasan surge dari Allah SWT.
  • Wanita Yang Selalu Berbakti Kepada Kedua Orang Tuanya
Berbakti kepada kedua orang tua adalah wajib hukumnya diperintahkan untuk hal yang baik. Baik laki-laki maupun wanita wajib berbakti kepada orang tuanya. Dalam Islam, berbakti kepada orang tua adalah amalah yang fardu kifayah. Wanita yang berhasil berbuat baik dan berbakti pada orang tua tentulah menjadi wanita penghuni surga yang ridihai oleh Allah SWT.

PARA WANITA PENGHUNI NERAKA

Selain Ciri-ciri wanita yang akan menjadi penghuni Surga diatas, Maka sudah pasti ada wanita yang akan menjadi penghuni Nerakanya Allah SWT juga jika ia lalai dalam kehidupan yang bergelimang dosa, meninggalkan perbuatan baik dan selalu meninggalkan perintah dan menjalankan larangan Allah SWT semasa hidupnya. Ciri-ciri wanita yang akan menjadi penghuni neraka diataranya adalah :
  • Seorang Wanita Yang Durhaka Terhadap Suaminya
Ketika seorang wanita berstatus sebagai seorang istri, maka ia harus patuh dan taat kepada suaminya. Patuh disini berarti menuruti perkataan suaminya dalam hal kebaikan dan sesuai syariat agama. Apabila ia mampu menjalakan hal tersebut dengan baik, maka Allah SWT akan membukakan delapan pintu di surga, dan ia bisa memilihnya sesuka hatinya. Namun sebaliknya, Jika seorang istri yang durhaka kepada suaminya maka Allah SWT akan mengazabnya dengan azab yang pedih di akhirat. 

Durhaka seperti ia mengungkit-ungkit keburukan si suami dan melupakan kebaikannya. Kemudian mengumbar-umbar kejelakan suami di hadapan masyarakat, berkata kasar dengan suami tanpa alasan dan berbagai macam perbuatan lain yang menyakiti hati suami. Maka ia tidak akan bertemu dengan namanya surganya Allah SWT bahkan mencium baunya Surga saja tidak akan pernah.
  • Wanita Yang Suka Pamer Aurat
Dalam Al-Qur’an Surah Al-Ahzab ayat 59 Allah Berfirman : “Wahai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang Mukmin, “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh merek. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allâh adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Dari ayat diatas Allah SWT memerintahkan wanita untuk menutup aurat dengan mengenakan jilbab dan pakaian longgar (dalam artian tidak membentuk lekak-lekuk tubuh). Sayangnya, kebanyakan wanita sekarang kurang memahami perintah tersebut. Mereka malah memamerkan aurat dengan terang-terangan. Bahkan ada yang berjilbab namun pakaiannya ketat seumpama orang yang telanjang. Wanita-wanita yang gemar memamerkan aurat inilah yang mejadi calon penghuni nerakanya Allah SWT.
  • Wanita Yang Menyusui Anak Orang Lain Tanpa Izin Suami
Melakukan hal ini tentunya sangat baik dan mulia, Namun bagi wanita yang menyusui anak orang lain tanpa seizing dari suaminya maka ia tidak akanbisa masuk surganya Allah SWT. Jadi, berhati-hatilah dengan hal ini, jika Anda berniat memberikan ASI bagi anak yang bukan lahir dari rahim Anda, mintalah izin kepada suami terlebih dahulu.
  • Wanita Yang Tidak Pernah Berwudhu dan Tidak Pernah Mandi Junub
Islam mewajibkan seorang wanita untuk melakukan mandi wajib setelah masa menstruasinya dan setelah nifas. Apabila perintah ini tidak dilakukan, maka ia bisa ditimpa azab diakhira kelak yaitu nerakanya Allah SWT. Tidak hanya itu saja, Jika seorang wanita menunaikan sholat tanpa berwudhu pun juga tidak diperbolehkan dalam islam. Suatu dalil menjelaskan bahwa seorang wanita yang tidak pernah bersuci kelak di akhirat akan diazab dengan sangat menakutkan.
  • Wanita Yang Mengeluarkan Perkataan Yang Tidak Baik
Jika ada seorang Wanita yang tidak bisa menjaga lisannya dan kerap mengumbar perkataan jelek kepada orang lain, Bahkan melukai perasaan kerabat dan suaminya sendiri tanpa alasan, maka ia tidak akan pernah bisa masuk ke dalam surganya Allah SWT dan ia akan menjadi kayu bakar dalam neraka bersama mereka yang berdosa.
  • Wanita Jika Keluar Rumah Tidak Meminta Izin Suaminya
Bagi wanita yang sudah bersuami, Jika hendak keluar rumah maka wajib meminta izin kepada suaminya. Sebab keluarnya seorang wanita tanpa didampingi mahramnya bisa menimbulkan fitnah. Bahkan di akhirat kelak, ia akan mendapatkan azab yang pedih yaitu nerakanya Allah SWT menanti mereka yang berbuat seperti ini.
  • Wanita Yang Gemar Membuka Aib Orang Lain
Jika ada seorang wanita yang gemar membuka aib orang lain. Maka wanita tersebut akan mendapatkan tempat di neraka nanti, seperti Allah SWT berfirman dalam surah Al-Hujaraat ayat 12 yang artinya :

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka ‘memakan daging’ saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah SWT. Sesungguhnya Allah SWT Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.”
  • Wanita Yang Haus Pujian Alias Suka Pamer Kepada Orang Lain
Seorang wanita yang melakukan suatu kebaikan namun dengan dalih agar dipuji orang lain, atau memamerkan perhiasan yang berlebihan, hal lainnya, maka ia akan mendapatkan azab di akhirat kelak yaitu di nerakanya Allah SWT. 
  • Wanita Yang Suka Fitnah 
Wanita yang suka fitnah sehingga membuat sesama muslim saling berselesih paham dan bertengkar dapat menyebabkan murkanya Allah SWT. Wanita-wanita yang gemar melakukan fitnah kelak diakhirat akan masuk ke dalam orang-orang yang merugi yaitu masuk ke dalam nerakanya Allah SWT.
  • Wanita yang Pengiri dan Dengki Dengan Orang Lain
Sikap iri hati atau dengki dengan kenikmatan orang lain juga menjadi salah satu sifat yang menyebabkan seorang wanita terjerumus ke dalam lubang neraka. Seperti Allah SWT berfirman dalam Surah At-taubah Ayat 125 yang artinya : 

Orang-orang yang di dalam hati mereka ada penyakit, maka dengan surat itu bertambah kekafiran mereka, disamping kekafirannya yang telah ada dan mereka mati dalam keadaan kafir.” 
  • Wanita Yang Sombong
Sifat sombong juga sangat membahayakan. Seseorang yang memiliki sifat sombong dalam hatinya dan berbangga diri dengan apa yang dimiliki maka Allah akan membenci mereka. Seperti Firman Allah SWT dalam Surah Al-Mu’min ayat 76 yang artinya :

Masuklah kamu ke pintu-pintu neraka Jahannam, sedang kamu kekal di dalamnya. Maka itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang sombong .” 
  • Wanita Yang Tidak Pernah Mengerjakan Sholat
Secantik apapun wanita, setinggi apapun pendidikannya, bahkan walaupun ia taat dengan suaminya namun tak pernah sholat maka ia tetap menjadi calon penghuni neraka. Rasulullah SAW berkata, diperlihatkan pada suatu kaum yang membenturkan kepala mereka pada batu, Setiap kali benturan itu menyebabkan kepala pecah, kemudian ia kembali kepada keadaan semula dan mereka tidak terus berhenti melakukannya. Lalu Rasulullah bertanya: “Siapakah ini wahai Jibril”? Jibril menjawab: “Mereka ini orang yang berat kepalanya untuk menunaikan Sholat fardhu”. (HR. Ath Tabrani).
  • Wanita Penzina
Perbuatan Zina termasuk salah satu dosa besar bagi umat muslim. Seorang istri yang gemar melakukan zina maka ia akan ditimpa azab yang pedih. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surah Al-Isra Aayat 32 yang artinya :

Dan janganlah kalian mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.” 

Demikianlah ciri-ciri wanita penghuni Surga dan juga neraka menurut pandangan islam. Semoga kita selalu menjaga diri dari hal yang buruk yang berujung petaka dalam kehidupan diatas dunia ini dengan melakukan perbuatan yang baik burujung pahala agar kita selamat dunia dan akhirat kelak, amin. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.
Bagikan Artikel ini via :
Baca Artikel Menarik Lainnya Dibawah ini :

0 Response to "Inilah Ciri-ciri Para Wanita Penghuni Surga Dan Neraka"

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjunganya dan jika berkenan mohon di share dan kritik serta sarannya di komentar dibawah ini.semoga bermanfaat Untuk Anda dan sukses selalu untuk anda.