Berjilbablah Karena Hati, Bukan Karena Pujian

Berhijab atau berjilbab merupakan kewajiban bagi kaum wanita muslimah. Perintah mewajibkan setiap wanita muslimah untuk menutupi auratnya tentunya bukan berdasarkan perintah dari orang tua, orang terdahulu ataupun karena ada sesuatu yang di inginkan, Namun perintah ini datang langsung dari Allah SWT yang tertera dalam kita Suci Al-Qur’an. 

Namun, Berhijab tentunya bagi mereka yang telah sadar dan memahami akan arti hijab itu sendiri dengan baik sehingga ketika mereka berhijba tak ada lagi keraguan di dalamnya untuk melepaskannya lagi atau hanya main-main saja. Banyak dari mereka yang salah mengartikan hijab, sehingga mereka hanya mempermainkan hijab seperti pakaian biasa, hari ini pakai hijab,besok tidak lagi dan begitulah seterusnya. 
Jika melihat keadaan tersebut tertuju pada pandangan kita jika mereka telah mempermainkan perintah agama, lebih baik jika memang belum siap untuk berhijab, maka lebih baikjangan seperti itu. Pelajari dahulu dengan baik makna dan arti penting dalam berhijab barulah memakai hijab, Insya Allah semua akan jauh lebih baik daripada hanya ingin terpikat lelaki ataupun hanya ingin mengikuti trend kekinian saja, atau ingin mendapatkan pujian belaka agar terlihat muslimah banget, padahal itu bukan dari hati anda, melainkan hanya ingin tebar pesona dengan gaya dan trend yang anda miliki. 

Hal yang mencengangkan ada era saat ini, dimana mereka berhijab juga tidak sesuai dengan syariah Islam, mereka berhijab seakan melebihi dari mereka yang belum berhijba, dimana pakaian hijab mereka begitu ketat, tidak mencerminkan pakaian hijab yang diperintahkan oleh Allah SWT sehingga bukannya menjadikan wanita tersebut semakin baik, malahan mendapatkan petaka yang lebih buruk dalam kehidupannya. 

Jika Melihat Dasar Hukum dari Jilbab tersebut tentunya perintah jilbab diturunkan saat zaman Rasulullah SAW. Sejarah menyebutkan bahwa perintah berjilbab dan mengenakan hijab turun saat Rasulullah SAW sering mengadakan jamuan makan bersama dengan tamu-tamunya. Karena tamu diundang ke rumah Rasulullah maka saat makan dan mengobrol mereka bebas keluar masuk rumah Rasulullah SAW. Hal ini berpotensi menimbulkan fitnah dimana istri-istri Rasulullah SAW saat itu belum mengenakan hijab. Dengan keadaan tersebut, maka Allah SWT menurunkan firmannya dalam surat Al Ahzab ayat 53 yang berbunyi : 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَدْخُلُوا بُيُوتَ النَّبِيِّ إِلَّا أَنْ يُؤْذَنَ لَكُمْ إِلَىٰ طَعَامٍ غَيْرَ نَاظِرِينَ إِنَاهُ وَلَٰكِنْ إِذَا دُعِيتُمْ فَادْخُلُوا فَإِذَا طَعِمْتُمْ فَانْتَشِرُوا وَلَا مُسْتَأْنِسِينَ لِحَدِيثٍ ۚ إِنَّ ذَٰلِكُمْ كَانَ يُؤْذِي النَّبِيَّ فَيَسْتَحْيِي مِنْكُمْ ۖ وَاللَّهُ لَا يَسْتَحْيِي مِنَ الْحَقِّ ۚ وَإِذَا سَأَلْتُمُوهُنَّ مَتَاعًا فَاسْأَلُوهُنَّ مِنْ وَرَاءِ حِجَابٍ ۚ ذَٰلِكُمْ أَطْهَرُ لِقُلُوبِكُمْ وَقُلُوبِهِنَّ ۚ وَمَا كَانَ لَكُمْ أَنْ تُؤْذُوا رَسُولَ اللَّهِ وَلَا أَنْ تَنْكِحُوا أَزْوَاجَهُ مِنْ بَعْدِهِ أَبَدًا ۚ إِنَّ ذَٰلِكُمْ كَانَ عِنْدَ اللَّهِ عَظِيمًا 

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah-rumah Nabi kecuali bila kamu diizinkan untuk makan dengan tidak menunggu-nunggu waktu masak (makanannya), tetapi jika kamu diundang maka masuklah dan bila kamu selesai makan, keluarlah kamu tanpa asyik memperpanjang percakapan. Sesungguhnya yang demikian itu akan mengganggu Nabi lalu Nabi malu kepadamu (untuk menyuruh kamu keluar), dan Allah tidak malu (menerangkan) yang benar. Apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (isteri-isteri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir. Cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka. Dan tidak boleh kamu menyakiti (hati) Rasulullah dan tidak (pula) mengawini isteri-isterinya selama-lamanya sesudah ia wafat. Sesungguhnya perbuatan itu adalah amat besar (dosanya) di sisi Allah.” 

Allah SWT Juga berfirman dalam surat yaitu surat Al-Ahzab Ayat 59 yang sama yang berbunyi : 

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمً 

Artinya : “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” 

Dari 2 ayat tersebut tentunya sangat jelas, Jika berjilbab bagi kaum wanita itu wajib hukumnya dan itu perintah langsung dari Allah SWT kepada semua wanita muslimah tanpa terkecuali. Setelah perintah itu diturunkan, maka ada ketentuan dalam memakai jilbab tersebut yang tentunya juga menurut syariah islam yaitu : 
  • Dari segi bahan jilbab tentunya tidak boleh tipis dan menerawang untuk dikenakan agar tidak terlihat bentuk tubuh wanita tersebut dan juga tidak boleh tipis dan menerawang agar tidak terlihat bagian dalam pakaian yang dikenakan oleh si wanita muslimah tersebut. 
  • Pakaian Jilbabnya harus Longgar dan tidak ketat agar tidak menampakkan lekuk tubuh si wanita muslimah tersebut. Jilbab haruslah longgar dan panjang sehingga dapat menutup aurat dengan sempurna. 
  • Bercadar ini meskipun masih menjadi perdebatan terutama tentang hukum wanita bercadar, budaya mengenakan cadar tetap dapat dilaksanakan terutama bagi wanita muslim yang ingin menutup auratnya dengan sempurna. 
Dari Tiga Poin diatas adalah cara memakai jilbab menurut hukum islam, lalu apa saja manfaat dari memakai jilbab bagi kaum wanita muslimah, berikut beberapa manfaatnya : 
  • Manfaat pertama ketika seorang wanita muslimah memakai jilbab, yaitu taat kepada perintah Allah SWT dan mengikuti Sunnah Rasulullah SAW. 
  • Jika seorang wanita berjilbab, maka ia telah menghindari hal-hal yang negatif seperti menepis godaan lelaki yang kurang sopan dan para hidung belang lebih cenderung segan untuk menggoda perembuan yang menggunakan jilbab, walaupun ingin menggoda sudah pasti dengan cara yang sopan dan baik. 
  • Dengan berjilbab, Maka si wanita tersebut akan terhindar dari sengatan sinar matahari yang akan mengakibatkan berbagai masalah rambut dan kulit kepala. 
  • Dengan berjilbab pula akan menghindari diri wanita tersebut dari kanker kulit, karena wanita berjilbab sudah pasti memakai pakaian yang longgar, sementara wanita yang berpakaian ketat berpotensi akan terkena kanker kulit karena pori pori sulit bernafas. 
  • Berjilbab juga akan merawat rambut si wanita muslimah tersebut dari segantan sinar matahari, depu, polusi, dan berbagai radikal bebas yang dapat mengakibatkan berbagai masalah serius untuk rambut seperti ketombe, rambut rontok, rambut bercabang, dan berbagai keluhan lainnya. 
  • Ada banyak wanita yang terlihat sangat anggun ketika menggunakan jilbab dalam kesehariannnya, perkembangan jilbab modern dalam berbagai bentuk juga sangat menunjang akan hal ini. 
  • Jilbab dapat mendukung berbagai jenis muka baik bulat, oval, ataupun yang agak segi agar terlihat cantik dan menawan. 
  • Selain cantik secara sendirinya, tidak sedikit pria yang mengidamkan wanita yang menggunakan jilbab. Banyak pria yang disurvei mengatakan bahwa salah satu kriteria istri yang akan dinikahi nanti adalah yang menggunakan jilbab. Sungguh memang luar biasa manfaat dari jilbab ini dari berbagai aspek kehidupan. 
Itulah beberapa hal mengenai wanita muslimah itu harus berjilbab, namun kembalikan kepada diri wanita itu masing-masing, Jika ingin baik, maka jadilah diri yang baik dan di mulai dari hal yang baik, maka Insya Allah berkah. Semua akan baik-baik saja jika kau memakai jilbab, walaupun banyak beranggapan jilbab membuat anda tidak leluasa lagi untuk beraktivitas, itu hal yang kuno, justru dengan berjilbab anda lebih menyakinkan dalam berkarya untuk hal yang jauh lebih baik karena berjilbab bukan saja telah menaati perintah agama, namun baik juga bagi dirimu wahai wanita musliman, duniamu dan juga akhiratmu. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.


Bagikan Artikel ini via :
Baca Artikel Menarik Lainnya Dibawah ini :

0 Response to "Berjilbablah Karena Hati, Bukan Karena Pujian"

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjunganya dan jika berkenan mohon di share dan kritik serta sarannya di komentar dibawah ini.semoga bermanfaat Untuk Anda dan sukses selalu untuk anda.