Sudah Maksimalkah Peran Anda Sebagai Orang Tua Dari Si Anak?

Perkembangan dan pertumbuhan anak, peran ini tidak bisa dipandang sebelah mata ataupun di anggap sepele saja selaku orang tua karena apabila peran ini tidak berjalan dengan baik maka perkembangan dan juga pertumbuhan anak akan di ambil alih oleh lingkunagan. Apabila peran ini telah di ambil oleh lingkungannya maka tak menutup kemungkinan anak akan berprilaku sesuai dengan apa yang mereka dapatkan dan temukan diluar sana. Dan tak menutup kemungkinan juga masa depan si anak akan terancam hancur dan anda sebagai orang tuanya siap-siap untuk kecewa dan menyesal dengan keadaan anak tersebut.


Peran orang tua bukan hanya sekedar memberi mereka kebutuhan jasmnai saja namun peran orang tua melibatkan semua aspek kebutuhan baik itu secara jasmani maupun rohani terutama. Orang tua harus bisa menjadi tonggak untuk mereka pegang dalam menjalani aktivitas mereka sehari-hari. Apabila hal ini tidak berjalan dengan baik, maka kemungkinan besar anak tersebut akan mengambil peran itu dari pergaulan lingkungannya seperti berprilaku maupun secara wawasan dirinya. 

Orang tua harus ekstra waspada dalam pengawasan dan juga pendidikan mereka, mulai dari rumah hingga mereka menyatu dalam lingkungannya. Mungkin dalam lingkungan keluarga, Orang tua bisa memantau secara langsung ataupun arahan secara langsung kepada si anak namun ketika mereka di luar sana, tak mungkin orang tua dapat melihat dan memberikan mereka masukan, apa yang mereka perbuat atau sedang apa mereka lakukan di luar sana.

Pendidikan dasar memang di mulai dari keluarga itu sendiri, apabila dalam keluarga si anak mendapatkan pelajaaran dan perhatian yang baik maka tak menutup kemungkinan di luar sana si anak akan bersikap seperti itu. Apabila perhatian dan juga pelajaran yang kurang dari keluarga tersebut maka si anak gampang menerima sesuatu hal yang membuat mereka terpengaruhi begitu cepat. Keluarga adalah tempat yang penting dalam membentuk karakteristik seorang anak, mulai dari prilaku berbahasa, perbuatan, ahklak dan juga ilmu agama. Perlu di ketahui juga, Apabila seorang anak kurang perhatian dan pengajaran dari kelurganya maka tak menutup kemungkinan si anak akan berprilaku semaunya saja tanpa ada arahan dan itu akan berakibat tidak baik bagi perkembangan dan juga pertumbuhan si anak dalam meraih masa depannya.

Pendidkan di luar rumah adalah pendidikan yang mereka dapatkan dari sekolah dan tempat belajar lainnya. Peran orang tua di sini juga sangat penting karena tanpa orang tua ketahui keadaan tempat mereka menuntut ilmu itu, kemungkinan besar tidak sesuai dengan apa yang di harapkan. Orang tua harus jeli memilih tempat mereka menuntut ilmu diluaran sana dan mngetahui dimana dan bagaimana keadaan dan situasi tempat mereka belajar, mulai dari keadaan lingkungan, guru dan juga pelajaran yang mereka terima. Hal ini di lakukan agar si anak merasa di perhatikan dan juga agar si anak tak salah dalam menerima pelajaran apa yang mereka dapatkan disana. 

Banyak yang kita ketahui dan juga kita lihat, kita baca dan kita dengar bahwa banyak terjadi hal yang tak di inginkan terjadi di tempat belajar saat ini seperti kejadian yang memalukan guru melakukan hal yang tak sewajarnya kepada si murid. Perbuatan yang tak terpuji terhadap murid juga sering terjadi dilingkungan sekolah dan juga murid sama murid itu sendiri juga sering terlibat melakukan hal yang tak sesuai dengan apa yang di harapkan. Untuk itulah, Peran orang tua sangat penting sekali dalam hal ini karena kalau tidak maksimal, maka masa depan si anak akan terancam musnah dan akhirinya orang tua itu juga yang akan menyesalinya.

Ingat, Anak merupakan titipan dari Tuhan yang harus dijaga dengan baik hingga nanti, karena apapun yang terjadi sama anak anda, anda sebagai orang tuanya adalah penanggungjawab di hadapan Tuhan Nanti. Jika anak anda baik, maka selamatlah anda, Jika tidak, maka anak anda akan menjadi pertanyaan yang begitu sulit untuk anda jawab kelak nanti. Jadi, Ajari, bimbing anak anda agar menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya, soleh/soleha dan memeiliki masa depan yang baik.
Loading...

0 Response to "Sudah Maksimalkah Peran Anda Sebagai Orang Tua Dari Si Anak?"

Posting Komentar

Tips Mudik Aman, Perjalanan Pun Nyaman Ala Himawanputra.com

#MudikAmandanNyaman - Bulan Suci Ramadan 2018 telah berkumandang di seluruh dunia untuk memberi kabar kepada seluruh umat muslim yang ber...