Tips Dan Triks Cerdas Biar Cepat Diterima Kerja

Awal tahun biasanya sering dipakai orang untuk mencari kesempatan dan lowongan pekerjaan baru dan juga biasanya awal tahun dimana banyak perusahaan yang membuka kesempatan untuk berkarir di perusahaan mereka sebagai amunisi tenaga kerja baru. Baik masih berstatus sebagai fresh graduate atau sudah berpengalaman, proses mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Jika salah langkah, impian untuk bekerja di perusahaan idaman pun harus kandas sia-sia.
Namun Anda jangan khawatir, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan baik dan cerdas agar proses pencarian kerja di awal tahun bisa berjalan mulus. Ikuti beberapa tips dibawah ini agar Anda lebih mudah diterima kerja di perusahaan yang Anda inginkan.

• Latar belakang pendidikan dan pengalaman Kerja

Dengan tepat sesuai dengan latar belakang pendidikan dan juga pengalaman kerja yang anda miliki, maka Akan lebih mudah bagi Anda untuk mendapat pekerjaan yang diinginkan. Hindari untuk asal mengklik posisi kerja yang sedang dibuka yang tidak sesuai dengan pendidikan dan juga pengalaman kerja Anda karena hanya akan membuat Anda sulit mendapatkan pekerjaan nantinya.

• Resume sesuai keinginan perusahaan yang dilamar

Saat anda menulis resume, usahakan mengikuti apa yang diinginkan oleh perusahaan, bukan apa yang Anda inginkan. Tulislah lamaran sesuai dengan persyaratan kerja yang diminta. Misalnya Anda sudah memiliki format lamaran siap kirim ke setiap perusahaan, sebaiknya ditinjau ulang sebelum dikirim agar tidak ada yang salah. Jika hal ini terjadi maka Anda akan sulit mendapatkan pekerjaan nanti karena terlihat tidak teliti dan profesional.

• Detail Diri Yang Ringkas, Tepat Dan Mudah Di Mengerti

Ketika anda menulis tentang pengalaman kerja, sekali lagi buat seringkas mungkin karena menulis panjang belum tentu membuat Anda dipanggil dan diwawancara. Jelaskan semua posisi dan tugas yang pernah Anda lakukan di setiap pekerjaan-pekerjaan sebelumnya. Namun jika mungkin, tulislah yang paling relevan dengan posisi yang diinginkan oleh perusahaan.

• Pelajari tentang perusahaan yang anda lamar

Melakukan riset sebelum wawancara kerja sangatlah penting. Anda bisa mencari taunya melalui website resmi perusahaan. Nah berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai perusahaan: Perusahaan bergerak di bidang apa, sejarah perusahaan, culture perusahaan dan masih banyak lagi. Dengan mengetahui tentang perusahaan, Anda akan merasa lebih percaya diri karena sudah mengetahui tentang perusahaan. Dan Anda tidak perlu pusing ketika ditanya yang tentang perusahaan tempat Anda melamar.

• Asah kemampuan wawancara kerja dengan lebih baik

Kebanyakan orang saat melakukan interview kerja berusaha untuk “menjual diri” sebaik mungkin. “Menjual diri” dianggap oleh banyak orang untuk menunjukkan kemampuan mereka dan intelektual mereka di depan pimpinan. Padahal sebenarnya bukan begitu cara mempromosikan diri pada saat wawancara.

Penjualan diri yang bagus mengharuskan Anda mengajukan pertanyaan bagus dan mendengarkan dengan saksama jawabannya. Menjual diri dengan cara mengajukan pertanyaan membuat Anda terlihat lebih pintar. Selain itu, dengan pertanyaan- pertanyaan yang Anda ajukan kemungkinan Anda menemukan celah sisi lain perusahaan atau pekerjaan yang akan Anda masuki.

• Menghubungi Perusahaan Jika Sampai Waktu Ditentukan Tidak Ada Jawaban Tentang Lamaran Anda

Satu minggu adalah waktu yang cukup untuk menunggu keputusan perusahaan. Sebaiknya, tanyakan pada HRD mengenai penerimaan lowongan melalui telepon.

• Tidak Fokus Satu Perusahaan Saja

Jika perusahaan tersebut tidak merekrut Anda, masih ada perusahaan yang lain yang masih membuka peluang bagi pencari kerja. Gunakan internet untuk mencari tahu informasi lowongan kerja. Bahkan, Anda pun dapat leluasa memilih perusahaan dan jabatan yang diinginkan.

• Tidak Menyerah, Selalu Berusaha Dan Jangan Lupa Untuk Berdoa

Jika semua telah dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan belum juga ada, jangan menyerah apalagi putus asa karena setiap orang memiliki rejekinya masing-masing. Tetap semangat dan berusaha dan berdoa agar Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang anda impikan.

Nah itulah beberapa hal yang perlu anda lakukan dalam mencari kerja. Semoga anda yang saat ini belum menemukan pekerjaan dibuka jalan oleh Tuhan untuk menemukan pekerjaan Anda. Intinya tetap semangat, tidak gundah gulana apalagi malas. Semoga bermanfaat untuk anda.

Bagikan Artikel ini via :
Baca Artikel Menarik Lainnya Dibawah ini :

0 Response to "Tips Dan Triks Cerdas Biar Cepat Diterima Kerja"

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjunganya dan jika berkenan mohon di share dan kritik serta sarannya di komentar dibawah ini.semoga bermanfaat Untuk Anda dan sukses selalu untuk anda.