Bikin Panik, Berita Hoax Registrasi SIM Prabayar Akan Diblokir 31 Oktober 2017 Beredar

Seperti yang telah diinfokan kominfo melalui berita dan juga melaui pesan singkat agar pelanggan telepon seluler harus melakukan registrasi kartu SIM prabayar, baik itu pengguna baru dan pengguna lama dengan menggunakan nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).
Batas akhir registrasi ulang kartu SIM prabayar yang divalidasi dengan NIK dan nomor KK adalah 31 Oktober 2017. Sementara bagi pengguna ponsel yang tak melakukan pendaftaran, pemerintah akan melakukan tindakan tegas.

Dari pernyataan tersebut, banyak beredar berita bohong alias hoax yang menyebar ke aplikasi pesan instan dan media sosial seputar registrasi ulang kartu SIM prabayar ke masyarakat. Akibat dari berita palsu itu pun mereka merasa bingung dan bertanya-tanya mana berita atau informasi yang benar.

Salah satu kabar yang cukup membuat resah adalah beredarnya informasi palsu yang menyatakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan memblokir nomor kartu SIM yang tidak melakukan registrasi menggunakan nomor kartu identitas (NIK) KTP dan nomor kartu keluarga (KK) per 31 Oktober 2017.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Ahmad M Ramli menjelaskan, sanksi akan diberikan bagi pelanggan yang tidak melakukan registrasi hingga batas akhir. Sanksi akan diterapkan bertahap. Pada tahap awal, pemerintah akan memblokir layanan panggilan telepon dan SMS bagi pelanggan yang tak melakukan registrasi hingga 30 hari setelah batas akhir, yakni 30 Maret 2018.

Lalu ditambah waktu 15 hari lagi (jika pelanggan belum registasi) mereka tidak akan bisa melakukan panggilan, menerima panggilan, SMS, dan akses internet pun dimatikan. Setelah itu, pemerintah akan memberi waktu 15 hari lagi agar pelanggan melakukan registrasi. Apabila hingga batas tersebut atau pada 29 April 2018, penggguna tak melakukan registrasi, kartu SIM miliknya akan diblokir permanen.

Jadi, bukan per tanggal 31 Oktober batas dari registrasi SIM prabayar, namun mulai dari tanggal 31 Oktober 2017 hingga 30 April 2018 waktunya. Intinya, jika dalam kurun waktu tersebut belum juga registrasi sebagaimana yang diinfokan pemerintah, barulah 30 April SIM prabayar anda akan diblokir permanen.

Agar tak jadi masalah ataupun lupa nantinya, lebih baik registrasi SIM prabayar anda mulai saat ini. Berikut cara mudah Registrasi Kartu SIM Prabayar anda :
Untuk Kartu SIM Baru :

● Untuk SIM Prabayar Indosat, Smartfren, dan Tri dengan format SMS ketik NIK#NomorKK# kirim ke 4444
● Untuk SIM prabayar XL Axiata dengan format SMS ketik Daftar#NIK#Nomor KK kirim ke 4444
● Untuk SIM Prabayar Telkomsel format SMS ketik Reg(spasi)NIK#NomorKK# kirim ke 4444

Untuk registrasi ulang SIM lama :

● Untuk SIM Prabayar Indosat, Smartfren, dan Tri dengan format SMS ketik ULANG#NIK#NomorKK# kirim ke 4444
● Untuk SIM prabayar XL Axiata dengan format SMS ketik ULANG#NIK#NomorKK kirim ke 4444
● Untuk SIM prabayar Telkomsel format SMS ketik ULANG(spasi)NIK#NomorKK# kirim ke 4444

Bagi yang Belum Miliki KTP atau nomor NIK bisa menggunakan nomor kartu keluarga (KK). Semoga bermanfaat dan menjadi petunjuk bagi anda yang ingin registrasi SIM prabayar anda.

0 Response to "Bikin Panik, Berita Hoax Registrasi SIM Prabayar Akan Diblokir 31 Oktober 2017 Beredar"

Posting Komentar