Peradaban Islam Di Jambi Dalam Pesona Jembatan Gentala Arasy

Jika anda berkunjung ke negeri Jambi, Jangan lewatkan untuk jalan-jalan bersama keluarga dan orang tercinta untuk melintasi jembatan penuh pesona yaitu Jembatan Gentala Arasy, salah satu ikon wisata di kota Jambi. Jembatan Gentala Arasy ini dibangun di atas sungai Batanghari, Jembatan ini khusus dibuat sebagai tempat wisata untuk rekreasi masyarakat Jambi dan juga untuk pengunjung kota Jambi.

Jembatan Gentala Arasy ini dibangun pada pertengahan Tahun 2012, dan diresmikan langsung oleh Wakil Presiden Indonesia, yaitu Bapak Jusuf kalla. Jembatan Gentala Arasy ini pada dasarnya terdiri dari dua buah bangunan menarik yaitu Jembatan dan Menara, akan tetapi warga Jambi lebih nyaman menyebut tempat ini Jembatan Gentala Arasy.
Jembatan Gentala Arasy ini membentang di atas Sungai Batanghari. Jembatan ini memiliki bentuk seperti huruf S dengan panjang keseluruhan sekitar 530 meter. Jembatan ini sengaja dibangun sebagai tempat wisata untuk para pejalan kaki dan Kendaraan bermotor dan mobil tidak diijinkan melewati jembatan ini demi kepuasan para wisatawan.

Ketika nanti anda jalan-jalan ke jembatan Gentala Arasy ini, Anda dapat berjalan-jalan sambil menikmati lalu lalang kapal yang ada di sungai Batanghari. Jika Anda ingin merasakan naik Kapal mengitari Sungai Batanghari, Anda dapat menyewa berbagai macam kapal yang ada di pinggiran Sungai Batanghari ketika siang hari. Sementara malam hari anda dapat menikmati keindahan jembatan Gentala Arasy ini dengan pesona lampu yang menghiasi tiang jembatan dengan warna-warni seperti pelangi dan juga anda dapat menikmati sajian dengan berbagai kuliner di pingiran sungai batanghari sambil menikmati keindahan Jembatan Gentala Arasy ini.

Bukan keindahan itu saja yang akan anda dapatkan ketika anda jalan-jalan ke Gentala Arasy Jambi ini, Anda juga akan mendapatkan pelajaran tentang sejarah penyebaran Agama Islam di Kota Jambi yaitu berada di menara jembatan Arasy ini. Di museum menara ini, pengunjung dapat melihat berbagai macam bukti dan sejarah perkembangan sejarah Islam masuk ke Kota Jambi.

Jika dilihat dari desain Menara Gentala Arasy ini terbilang unik dan tentunya sangat islami karena bentuknya menyerupai bangunan masjid yang dilengkapi dengan menara. Menara Gentala Arasy biasanya dimanfaatkan oleh pengunjung untuk mengambil foto alias berselfia ria. Untuk Anda yang belum pernah mengunjungi Menara ini, disarankan mengunjunginya di waktu pagi hari, karena tidak banyak wisatawan maupun penduduk yang berlalu lalang di sekitar sini, sehingga Anda dengan bebas dapat mengambil foto tanpa gangguan dari wisatawan lainnya.

Untuk mempermudah ke tempat ini, berikut tempat wisata ini ada di daerah Sungai Batanghari yaitu tidak jauh dari pusat Kota jambi. Untuk menjangkau lokasi wisata ini Anda dapat memanfaatkan berbagai macam fasilitas transportasi yang tersedia di kota Jambi dan untuk menikmati pesona keindahan Gentala Arasy ini, anda tidak perlu mengeluarkan uang karena gratis, kecuali anda menyewa perahu dan beli kuliner dan perba-pernik lainnya yang ada di dekat Jembatan Gentala Arasy ini.
Jadi, Kapan anda jalan-jalan ke Jambi untuk melintasi pesona Jembatan Arasy?.

Artikel Terkait

Peradaban Islam Di Jambi Dalam Pesona Jembatan Gentala Arasy
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email