Apakah Tidak Ada Nurani Dunia Untuk Rakyat Rohingya?

Maschun.com - Untuk masyarakat Rohingya, tidak adakah nurani dunia untuk membantu etnis minoritas muslim Rohingya yang tertindas di Myanmar. Saat mereka ditindas, di perlakukan dengan tidak adil seakan dunia hanya mampu diam, menutup mata, seakan buta dan tuli saja terhadap penderitaan warga Rohingya yang telah lama terus bergulir menghabisi nyawa mereka. 
Mereka telah bosan meminta kepada dunia agar ada prikemanusian yang dapat merasakan penderitaan mereka bahkan banyak dari warga Rohingya yang terpaksa kabur ke Bangladesh, negara tetangga Myanmar, demi menyelamatkan diri dari kekerasan yang saat ini kembali marak di Rakhine yang menjadi tempat tinggalnya. Namun disana juga tak ada tempat untuk mereka berlindung dari kejaran Militer Myanmar yang memerangi militan lokal yang mengacau di negara bagian Rakhine tersebut.

Situasi sangat menyedihkan saat otoritas Bangladesh mengusir puluhan warga Rohingya yang mengungsi ke wilayahnya. Mereka tetap dipulangkan secara paksa meski telah memohon agar tidak dipulangkan ke Myanmar.

Sangat prihatin nasib mereka, jeritan anak-anak, orang tua dan seluruh masyarakat rohingya seakan dunia ini buta dan tuli atas apa yang terjadi di Myanmar tersebut. Dunia sibuk sendiri dengan urusan yang ada didalamnya namun tidak mendengar dan dunia tidak melihat bagaimana penderitaan yang menghinggapi dan menghantui hidup mereka setiap hari bahkan jam. Rasa takut, sedih, air mata dan segala hal yang menyeramkan seakan menjadi selimut malam dan baju disaat siang.

Situasi yang tengah dialami pengungsi Rohingya dan momen saat mereka melarikan diri ke Bangladesh sebagai peristiwa yang sangat memilukan. Sempat reda dan seakan ditutupi informasi mengenai nasib mereka dalam beberapa bulan terakhir, namun bentrokan kembali pecah antara militer Myanmar dengan para militan Rohingya di Rakhine pekan lalu dan itu terbukti jika Rohingya berusaha sendiri untuk melawan karena sudah cukup menderita selama ini terus dirindas. 

Dalam bentrokan tersebut, berbagai informasi mengabarkan telah Lebih dari 100 orang tewas dalam bentrokan itu. Bentrokan ini berawal saat puluhan pria dari kelompok Tentara Pembebasan Rohingya Arakan (ARSA) menyerang pos-pos polisi dengan pisau, senjata api dan bahan peledak rakitan. Banyak warga sipil Rohingya mengungsi ke Bangladesh, namun penjaga perbatasan mengusir sebagian dari mereka.

Semoga saja dengan keadaan dan informasi yang didapat agar PBB dapat memberikan bantuan kepada Masyarakat Rohingya dan dunia turut prihatin dengan kondisi mereka khususnya umat muslim seluruh dunia karena mereka saudara kita yang memerlukan bantuan kita. Semoga masyarakat Rohingya terus berjuang untuk mampu membuktikan kelada dunia karena mereka juga berhak untuk hidup dimuka bumi ini.

0 Response to "Apakah Tidak Ada Nurani Dunia Untuk Rakyat Rohingya?"

Posting Komentar