Keistimewaan Lailatul Qadar

Tanpa Terasa bulan suci penuh berkah yaitu bulan Ramadhan telah memasuki puasa hari ke-18. Berarti sebentar lagi kita akan memasuki 10 hari terakhir dalam bulan Ramadhan. Ramadhan akan segera meninggalkan kita. Kita baru saja melewatkan 10 hari pertama Ramadan yang penuh rahmat dan sedang berada di 10 hari kedua Ramadan yang penuh ampunan.

Apa yang sebaiknya kita lakukan pada 10 hari terakhir Ramadan? Seperti yang dikisahkan Aisyah ra tentang Rasulullah bahwa pada 10 hari terakhir Ramadan beliau mengencangkan tali sarungnya, artinya makin meningkatkan ibadahnya, menghidupkan malam-malamnya, dan membangunkan istrinya.
Rasulullah lebih serius dan lebih banyak dalam melakukan amal ibadah dibanding hari-hari lainnya. Rasulullah beribadah tidak terbatas pada satu jenis ibadah tertentu saja, tapi meliputi semua jenis ibadah baik shalat, membaca Alquran, berzikir, sedekah sehingga bertemu dengan salah cahaya yang ditunggu-tunggu di bulan Ramadhan yatiu Lailatul Qadar.

Lailatul Qadar merupakan yang ditunggu-tunggu umat muslim selama bulan Ramadhan, terutama memasuki malam ganji di 10 hari terakhir, lalu siapakah yang berhak mendapatkan Lailatul Qadar?. Apakah seseorang yang kurang ibadahnya dan bolong-bolong menjalankan ibadah puasanya juga berhak mendapatkan lailatur qadar? jika dia kemudian sungguh di 10 malam terakhir?

Syarat mendapatkanya, ciri-ciri orang yang telah mendapatkannya, dan apa tanda-tandanya?. 10 malam terakhir itu, mulai dari 21,23,25,27,29 merupakan malam yang dinantikan, dan memang hanya orang tertentu saja yang berhak mendapatkannya. Berikut Allah SWT berfirman:
Berikut Keistimewaan Lailatul Qadar bagi yang mendapatkannya :

·         Lailatul Qadar adalah waktu diturunkannya Al Qur’an
·         Lailatul Qadar lebih baik dari 1000 bulan
·         Lailatul Qadar adalah malam yang penuh keberkahan.
·         Malaikat dan juga Ar Ruuh -yaitu malaikat Jibril- turun pada Lailatul Qadar.
·         Lailatul Qadar disifati dengan salaam
·         Lailatul Qadar adalah malam dicatatnya takdir tahunan
·         Dosa setiap orang yang menghidupkan malam ‘Lailatul Qadar’ akan diampuni oleh Allah

Namun untuk mendapatkannya memang harus diperkuat dengan berbagai ibadah, baik itu yang wajib maupun yang sunnah. Sehingga kemudian seorang muslim yang taat harus menjalankannya dengan sungguh-sungguh, tidak hanya pada malam ganji, tetapi semuanya sepanjang bulan puasa. Jadi, maukah anda mendapatkan Lailatul Qadar?, Semoga anda tidak melewatkan kesempatan ini selama bulan suci Ramadhan ini. semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

0 Response to "Keistimewaan Lailatul Qadar "

Posting Komentar