Cara Menuangkan Ide Pikiran Ke Dalam Tulisan Untuk Blog

Semua orang tentunya bisa menulis, namun tidak semua orang bisa jadi penulis. Menulis berarti menjabarkan atau menyalinkan tulisan yang sudah ada seperti dibuku, dipapan tulis dan tulisan lainnya yang sudah ada sebelumnya, tapi penulis adalah orang atau kelompok yang telah menciptakan isi dari buku tersebut, seseorang yang telah menuangkan ide kreatifnya ke sebuah buku tanpa ada panduan sebelumnya sehingga menulis sama penulis itu tentunya berbeda.

www.pexels.com

Namun bagaimana agar bisa menuangkan ide kreatif kita ke dalam bentuk tulisan agar bermanfaat untuk para pembaca dan bermanfaat bagi dunia luar sana. Karena kita tahu satu kata dalam sebuah tulisan dapat mengubah dunia dan tentunya ditanah air ini sangat membutuhkan banyak buku untuk memajukan pendidikan yang masih dalam tahap pembinaan dan kebangkitannya.

Hal yang perlu anda lakukan untuk menjadi seorang penulis buku, blog ataupun tempat lainnya adalah dengan banyak membaca buku karena dengan banyak membaca buku maka pikiran kita terbuka untuk menyusun berbagai kata hingga menjadi kalimat utuh sehingga memudahkan kita dalam menuangkan ide kreatif kita dalam sebauh kertas, buku bahkan saat ini kemajuan zaman sudah berkembang dimana anda bisa menulis di internet yaitu di sebuah blog ataupun website. Berikut beberapa tahap yang harus anda lakukan agar bisa menjadi penulis untuk blog anda :

·         Banyak membaca Buku

Membaca merupakan hal yang penting dalam menggapai kesuksesan dalam dunia ini termasuk dalam menghadirkan sebauh ide dalam pikiran kita. Dengan banyak membaca buku, majalah, Koran dan bahan bacaan lainnya, maka pikiran kita akan terbuka luas sehingga dalam pikiran kita akan muncul sebuah ide kreatif untuk menuangkannya dalam sebuah tulisan nantinya.

·         Jangan Memaksa Diri

Setiap orang tentunya memiliki kelebihan masing-masing dalam dunia yang telah Tuhan anugerahkan kepadanya. Jadi tak semua hal dapat kau kuasai termasuk menjadi seorang penulis. Jadi berbagai cara telahkau coba namun tidak berhasil menjadi seorang penulis, yang ada hanya copas sana sini untuk tulisan blog anda sebaiknya jangan karena itu perbuat buruk dan anda tidak akan pernah bisa sampai kapan pun.

·         Tulis Hal Yang MudahTerlebih Dahulu

Jika ingin menjadi seorang penulis, maka cobalah menulis hal yang mudah terlebih dahulu seperti menuliskan kehidupan sehari-hari, menceritakan lingkungan sekitar, teman bahkan benda kesayangan anda ke dalam sebuah kalimat. Tak perlu memakai bahasa yang formal dahulu, anda bisa memakai bahasa anda sendiri, bahasa sehari-hari untuk mengasah ketajaman ide pikiran anda atau melancarkan peredaran pola pikir anda untuk bisa menuangkan ide kreatif anda ke dalam tulisan.

·         Penulis bukan pekerjaan pamrih

Jika anda ingin jadi penulis, sifat yang pertama yang harus anda tanamkan dalam diri anda adalah sikap tidak memikirkan hasilnya terlebih dahulu seperti mereka yang sukses menjadi penulis karena penulis itu bukan pekerjaan pamrih melainkan pekerjaan yang mulia sehingga jerih payah anda akan terbayarkan bukan saja karena materi namun ada kepuasaan tersendiri jika tulisan yang anda buat dapat bermanfaat untuk orang lain.

·         Jangan plin-plan dalam menulis

Jika anda dalam menulis hanya dilakukan 1 bulan sekali, sepertinya anda akan sulit menjadi seorang penulis karena jika anda ingin jadi penulis maka hal yang perlu anda lakukan dalam tahap belajar adalah harus dilakukan setiap hari alias terus menerus agar pikiran anda semakin lancar dalam merangkai kata menjadi kalimat.

·         Ingat tantangannya jika anda ingin jadi penulis

Cobaan dan rintangan itu pasti anda, khususnya bagi seorang penulis lepas seperti blogger, maka tingkat kejenuhan sudah pasti tinggi apalagi tidak ada perkembangan yang singnifikan dalam dia ngeblog maka sudah pasti dia akan tinggalkan blognya alias bubar sehingga apa yang menjadi target dahulu ketika ingin membangun sebauh blog kini hanya tinggal kenangan saja. Jadi jangan menyerah nanti jika cobaan dan rintangan datang kepada anda dalam menulis karena itu hanya petanda untuk kau bisa menjadi serang penulis yang hebat.

·         Lakukan dengan hati karena Hobi

Jika sesuatu yang dilakukan didasarkan karena hobi sehingga semua yang dilakukan dirasakan dengan hati, maka tingkat kesuksesan anda akan semakin tinggi karena hati akan selalu menjadi pendengar dan tempat yang baik ketika jiwa tak mampu lagi berkata untuk melakukannya. Jadi usahakan apapun pekerjaan anda termasuk menulis maka lakukan dengan hati karena hobi.

Mungkin itulah beberapa tahap yang mungkin bisa bermanfaat untuk anda semuanya, jika anda yang kurang, anda bisa jabarkan sendiri ke dalam tulisan ide kreatif anda karena penulis sendiri masih dalam tahap belajar juga untuk menjadi seorang penulis. Terima kasih.

Artikel Terkait

Cara Menuangkan Ide Pikiran Ke Dalam Tulisan Untuk Blog
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email