Tjut Meutiah Menjadi Satu-satunya Pahlawan Perempuan Di Mata Uang Baru

Pahlawan Indonesia yang berasal dari serambi mekah ini yaitu Tjut Meutiah menjadi pahlawan perempuan satun-satunya yang menghiasi dalam uang rupiah baru emisi 2016 pecahan 1.000. Dengan estimasi tersebut tentunya kita sangat mengenal rupiah dimana selalu menampilkan gambar para pahlawan bangsa ini agar masyarakat lebih mengenal dan menghargai jasa pahlawan mereka. Seperti yang dikutip dari perkataan sang proklamator Ir. Soekarno “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya”.
Peluncuran mata uang ini diresmikan pada hari senin 19 Desember 2016 dan Dalam uang rupiah baru emisi 2016 ini terpampang 12 gambar pahlawan nasional. Dari 11 Pahlawan 1 diantaranya sosok pahlawan perempuan dan pahlawan nasional tersebut yaitu Tjut Meutiah dengan warna dasar gradasi hijau. Mungkin banyak orang yang mengenal sosok pahlawan satu ini namun jika menelusuri Dalam biografi yang diambil dari berbagai sumber, digambarkan jika sosok Tjut Meutiah memiliki paras cantik dan mengenakan pakaian adat yang indah dengan baju berkerah tinggi dan celana sutra warna hitam serta rambut yang dicepol.

Perlu anda ketahui pula jika Tjut Meutiah menjadi pahlawan perempuan ketiga dalam sejarah uang rupiah Indonesia. Sebelumnya pahlawan perempuan dari Aceh Tjut Nyak Dhien juga hadir dalam uang kertas Rp 10.000 pada tahun 1998 dan R.A Kartini pada tahun 1985. Dalam uang rupiah dengan warna dominan violet R.A Kartini terpampang di depan Candi Prambanan.


0 Response to "Tjut Meutiah Menjadi Satu-satunya Pahlawan Perempuan Di Mata Uang Baru"

Posting Komentar