Melirik Taman Makam Proklamtor Bung Hatta Di Tanah Kusir Jakarta

Taman Makam Proklamator Bung Hatta Terletak di TPU Tanah Kusir Bintaro Raya Dengan Alamat JL. Bintaro Raya No. 1 Komplek Makam Proklamator RI Muhammad Hatta Jakarta Selatan. Untuk Berkunjung dan sampai ke taman Makam Proklamator Bung Hatta ini cukup mudah dan gampang Karena Posisi Tempat ini sangat ramai dan strategis, Bisa di lalui dengan kendaraan umum ataupun umum untuk berkunjung ke taman makam Proklamator Bung Hatta ini. Kendaraan umum yang melalui langsung ke tempat ini adalah Bus Umum atau biasa disebut di Kota Jakarta yaitu Metro Mini Dengan Nomor 74 Jurusan Blok-M Rempoa dan No. 71 Jurusan Blok-M Bintaro dan bus ini langsung singgah di depan makam proklamator Bung Hatta yang berada persis sebelah kanan ketika kita dari Blok-M dan sebelah kiri ketika kita tiba dari arah rempoa dan Bintaro. Untuk Memasuki Makam Proklamator Bung Hatta ini tak perlu mengeluarkan biaya ataupun tiket karena masuk ke taman makam proklamator ini gratis.
Taman Makam Proklamator Bung Hatta didirikan dan di Resmikan Pada Tanggal 12 Agustus 1982 Oleh mantan Presiden Indonesia Ke-2 yaitu Bapak Soeharto. Makam Proklamator Bung Hatta ini segaja segaja di buat dab di bangun tersendiri dari makam yang lain di sekitarnya karena untuk memberikan arti tersendiri bagi penggerak kemerdekaan Indonesia ini, Makam Proklamator Bung Hatta di bangun dengan Desain Campuran Khas Sumatera Barat untuk menandakan asal Bung hatta dari sumatera barat. Bung hatta memang tidak setenar dengan karisma yang dimiliki oleh bapak presiden Indonesia Pertama Yaitu Bung Karno, dan masih yang tak mengenal sosok beliau umumnya kaum pelajar. Ibarat sebuah flim Bung hatta adalah Orang yang berada di belakang layar bersama pejuang lainnya yang tak begitu di kenal oleh masyarakat Indonesia namaun perjuangan dia cukup membuktikan bahwa dia patut kita kenal dan hargai perjuangannya untuk Bangsa Indonesia Tercinta ini.

Taman Makam Bung Hatta Luasnya Kira-kira 2 Hektar, Dari depan saat kita memasuki Gerbang taman makam bung hatta sudah bisa kita rasakan perjalanan perjuangan Bung Hatta dalam merebut kemerdekaan Indonesia ini dengan kehadiran Relief tentang sejarah ketika Ia Masih hidup dan sebelah kanan Relief ada Ruang tamu atau tempat istirahat bagi pengunjung yang datang ke tempat Taman makam Bung hatta. Setelah kita melewati relief dan Ruang tamu tersebut kita akan melewati Hamparan Marmer luas menuju pintu masuk Makam Proklamator tersebut dan sebelum kita memasuki Pintu masuk Makam kita akan melewati Sebuah Gapura atau semacam Rumah adat yang di disain dengan Khas Sumatera Barat yaitu Rumah Minang atau yang biasa disebut rumah Gadang. Dan setelah kita melewati gapura rumah gadang tersebut barulah kita berpapasan langsung dengan Pintu Masuk Makam Bung hatta beserta Istrinya tercinta Rahmi Rachim yang berdampingan dengannya.

Makam Bung Hatta di Kelilingi oleh kaca berwarna putih dan makam itu tersendiri di baluti dengan Marmer dengan warna putih kecoklatan, Dan Bentuk Temapt makam Bung Hatta tersebut seperti rumah bernuansa Bali atau candi. Diluar makam tersebut terciptalah Taman yang indah dan pemandangan yang memanjakan mata setipa mata para peziarah dan pengunjung yang datang ke makam Proklamator tercinta tersebut. Peziarah dan pengunjung yang datang ke taman makam bung hatta hamper setiap hari hingga malam ungkap Pengurus Taman Makam Bung Hatta Tersebut yaitu Bapak Syahrul Akmal. Bapak Syahrul Akmal tlah mengurusi Taman Makam Bung Hatta telah lama hamper 28 tahun dia berbakti untuk mengurusi Taman makam Bung Hatta Ungkapnya. Jadi Untuk Lebih jelasnya dan Sejarah Tentang Bung Hatta dan Juga Taman Makam Bung Hatta sebaiknya Bagi para peziarah dan pengunjung menemui Bapak Syahrul Akmal karena beliau akan memandu dengan baik tentang sejarah taman makam bung Hatta Tersebut. Diluar taman makam Bung hatta masih terdapat pejuang lain yang juga di makamkan di TPU Tanah kusir ersebut.

Terima Kasih Atas Kunjunganya Dan Semoga Bermanfaat Untuk Anda

Artikel Terkait

Melirik Taman Makam Proklamtor Bung Hatta Di Tanah Kusir Jakarta
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email