Formasi Maut 3-4-3 Antonio Conte Bikin Chelsea Makin Oke

Rekor Chelsea dengan formasi 3-4-3 racikan dari Antonio Conte membuat the blues hingga saat ini memimpin klasemen sementara Premier League musim ini. Dari 12 laga terakhir, The Blues Chelsea mengoleksi 12 kemenangan beruntun dengan menciptakan 28 gol, 2 kali kebobolan dan 10 kali menikmati cleen-sheet. Dengan hasil tersebut tentunya tak salah rasanya jika Chelsea saat ini dalam performa terbaik dan menjadi kandidat juara terkuat musim ini.
Kembalinya Chelsea dengan permainan terbaiknya tersebut tentunya tak lepas dari racikan dari pria asal italia ini yaitu Antonio Conte. Bersama Antonio Conte, Chelsea menemukan gaya permainan yang sangat cocok dengan kondisi permainan mereka saat ini yaitu ramuan sempurna 3-4-3 nya Conte ini sangat berpengaruh terhadap prestasi Chelsea saat ini. Dengan kemenangan tersebut, Chelsea meraih kemenangan demi kemenangan hingga mereka merajai klasemen sementara saat ini walaupun pada awal musim mereka sempat redup dengan mengalami kekalahan dari Liverpool dan Arsenal sebelum mereka menemukan racikan yang pas nan menakutkan ini yaitu 3-4-3 ala Antonio Conte.

Jika melihat ke awal musim, Jika Chelsea banyak meragukan untuk menjadi pesaing terkuat untuk menjuarai liga inggris musim ini. Berbagai rumor dan pendapatkan mengatakan jika Chelsea hanya akan menduduki papan tengah saja hingga akhir musim ini. Hal itu terlihat sepertinya pada awal musim ketika mereka harus takluk dari Arsenal dan Liverpool, The Blues di bawah arahan Antonio Conte memang tampil sangat menyengat.

Namun mereka tak memikirkan hal dan celotehan tersebut termasuk pelatih mereka Antonio Conte. Menikmati dan menjalani disetiap pertandingan menjadi tugas mereka untuk mengoreksi diri bagi Antonio Conte untuk menilai dan mencari celah kelemahan dari tim yang dia tangani dan barulahdia memutuskan untuk memakai formasi 3-4-3 ini. Walaupun banyak yang beranggapan dan menilai jika Memakai formasi tiga bek dianggap kuno dan identik dengan Italia, namun Conte tak berpikir sejauh itu yang jelas Chelsea telah menemukan gaya permainan yang pernah hilang dari mereka seperti musim lalu mereka terseok-seok dipapan tengah hingga akhir musim.

Untuk itulah mereka tak peduli musim ini, Apapun yang terjadi, Chelsea tetaplah Chelsea saat ini yang telah berubah menjad lebih baik dan sukses tentunya. Dengan Racikan Maut ala Conte ini tentunya banyak juga yang mengikutinya pada saat ini. Lalu apa kelebihan dan kekurangan dari formasi 3-4-3 ini?. Formasi 3-4-3 tentunya anda sudah memahami pastinya yaitu dengan meletakan tiga bek dibelakangan, 2 sayap, 2 Gelandang dan 2 Pengedor serangan dan 1 Target serangan yaitu Striker. Dengan tiga bek tersebut, Otomatis lini tengah tim akan menumpuk. Bek akan membantu pemain tengah dalam fase ball possession, yang otomatis akan menambah jumlah pemain yang terlibat dalam sirkulasi bola menjadi lebih banyak. Dengan sirkulasi bola seperti itu tidak heran jika bek-bek Chelsea bisa mencatatkan angka kesuksesan operan yang sangat baik. Lalu ada peran pemain sayap yang sangat mematikan dalam formasi yang dipakai Chelsea ini dimana dua pemain kunci yang dimiliki Conte yaitu Victor Mosses dan Marcos Alonso yang sangat baik perkembangannya bersama The Blues musim ini dan selalu menjadi andalan untuk membantu serangan dan juga kerap menciptakan gol kemenangan. Bukan saja peran kedua sayap ini, ketika serangan dilakukan oleh tim lawan, kedua sayap ini sangat baik dalam menjaga pertahanannya dan itu terbukti jika Chelsea sangat baik dalam menjaga daerah pertahanannya.

Lalu dilini tengah ada Peran N'Golo Kante dan Nemanja Matic/Fabregas yang menyatukan sangat baik. Matic/Fabregas bertugas untuk mengeksploitasi ruang di lini tengah dan alhasil lini tengah sangat baik untuk menyuplai bola ke sisi pertahanan lawan. Dan Lini Depan ditopang oleh Eden Hazard yang begitu cemerlang musim ini berkat formasi 3-4-3 ini. Bersama Pedro membuat peran peran Diego Costa sebagai mesin gol akan semakin mudah dan itu tak heran jika dia menjadi topskor sementara hingga saat ini dengan 13 gol.  Dengan demikian tak heran jika formasi yang dipakai Chelsea ini mampu memberikan kemenangan demi kemenangan mereka raih dan saat ini mereka menjadi pesaing kandidat terkuat untuk meraih title juara premier league untuk musim ini.

Artikel Terkait

Formasi Maut 3-4-3 Antonio Conte Bikin Chelsea Makin Oke
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email